Bisa jadi memang bluffing. Kalo sampe menutup perusahaan, sekalipun mungkin
tapi sepertinya gak bakalan. Gak semudah itu tutup perusahaan. Apalagi
posisinya bukan menteri BUMN, pecat direksi aja mungkin ga bisa.

Bisa jadi juga "ancaman" ini pesan titipan bos besar yg kemaren marah
karena disadap amrik n aussie. Mungkin pesannya bahwa bos besar sekalipun
udh mo turun nih tapi masih memikirkan keamanan nasional. Paling enggak,
citra enggak turun.

Atau bisa jadi isu keamanan nasional memang urgent, dan ancaman tersebut
memang sengaja di-blow untuk mengangkat wacana dan menunggu reaksi dari
para direksi perusahaan. Memang dari kasus sadap tersebut bukan mustahil
operator memang terlibat. Nah, wacana ini bisa jadi sebuah "warning" dr
pemerintah sebagai pemilik perusahaan kepada direksi yg menjalankan
perusahaan. Mungkin bahasa kasarnya "Awas, jangan main2 lo ya!".

Saya sih tidak tertarik menunggu isat dan tsel ditutup karena kecil
kemungkinannya. :D Tapi jadi menarik kalo melihat reaksi dr operator
terkait. Reaksi biasa atau reaksi "guilty".

TKJSS