hmm.. kalau menurut saya bukan masalah teknologinya sendiri, tapi bagaimana
kita berinteraksi dengan teknologi itu sendiri. Selama ini kita punya
segmentasi pemikiran dalam berinteraksi dengan teknologi. Misalnya kalau
sedang di depan komputer berarti kita berinteraksi dengan cara menggunakan
keyboard & mouse. Lalu kita berinteraksi dengan aplikasi yg berada di dalam
windows2 yg memiliki behaviour sendiri2.

Kalau kita sedang menggunakan smartphone kita berinteraksi dengan cara
melakukan touch and swipe. Bahkan jika kita berinteraksi dengan tablet yg
sama2 merupakan layar sentuh terdapat perbedaan interaksi walaupun hanya
sedikit. Apalagi dengan wearables yg layarnya jauh lebih kecil, google
glass, dll.

Nah, impian besar dari Material Design ini adalah bagaimana kita bisa
merasakan interaksi yang sama saat berinteraksi dengan semua teknologi
tersebut. Hal ini ingin diwujudkan google dengan konsep "Magic paper" yg
ada di material design ini. Jadi secara intuitif saat ada teknologi baru,
misalnya saja layar hologram yg menerapkan material design juga. Kita sudah
tahu behaviour si magic paper ini, dan hal2 apa saja yg bisa kita lakukan
terhadapnya.