Awas nanti orang Indosat nya pada marah om HSW.....:)

Sepengalaman dan yang pernah saya ketahui karena pernah beberapa kali
direquest untuk memberikan advise, mencari root cause dan menentukan
bagaimana mendapatkan rule atau perhitungan untuk memberikan adjustment ke
customer dari adanya kesalahan di system charging dan billing, jika
diketahui ada permasalahan yang tanpa adanya complaint dari pelanggan pun
pihak operator akan automatis segera memberikan adjustment. Tetapi memang
terkadang untuk memberikan nilai adjustmentnya itu yang tak mudah untuk
mengkalkulasinya kembali khususnya kalau case yang ada pada program atau
promo yang sudah complex sehingga hal ini sering dinilai lambat dan tak
sesuai harapan customer. Pernah ada kejadian, ketika operator menanyakannya
ke vendor aplikasi charging/billing yang mendevelop pun mereka tak mudah
untuk menentukan solusi untuk dapat segera memberikan adjustmentnya, yang
terkadang membuat orang operatornya pun geleng-geleng.

Kalau saya sih masih percaya deh sama operator yang pernah listing di bursa
New York, karena memang secara prosedur di dalamnya sudah cukup baik
prosesnya dari rule audit syarat di bursa itu sendiri pun yang tak enteng
untuk dipenuhi.

Tapi memang kalau ada masalah lebih baik segera diinfokan ke operator
tersebut guna crosschek dan perbaikan di sisi mereka.