Sama om, saya juga gagal paham yang no 2. Utamanya jika dikembangkan pemahaman bahwa 4G lebih boros data/pulsa dibandingkan 3G.

‎Contohnya, saya mendownload file sebesar 1MB dari sebuah web, harusnya mau pakai 4G/3G/2G semuanya ya mendownload 1MB.

Kalau soal speed test, Saya awam soal ini, namun saya lebih condong karena algoritma atau jumlah paket data yang di download ‎beda antara 4G dan 3G.

Sent from the Telkomsel network.
From: Ronny Tanjung
Sent: Sunday, December 13, 2015 23:35
To: id-android
Reply To: id-android@googlegroups.com
Subject: Re: [id-android] WTC (curhat) : bisnis telekomunikasi merugikan customer

Saya bingung lihat pertanyaan ini. Saya renung2in belum ketemu benang merahnya :)

Terutama untuk point nomor 2.
Merugikan dari sisi customer itu dilihat dari pulsa dan dipaksa beli HH baru.
Saya ganti 4G sudah 1bulan. Tapi ga merasa pulsa saya boros dan dipaksa ganti HH.padahal HH saya keluaran lama juga loh

*mikirkeras