Setelah menyimak diskusi ini, saya jadi 'iseng' kepingin nimbrung nih
RR...hihihi 😁
Mohon ijin yah Om Yudi 😊

Bagaimana seandainya judul & isi thread diedit; ditambah dan dihapus
sebagian menjadi:

WTAsk/WTCurhat: Apakah bisnis telekomunikasi sudah merugikan konsumen?

Cuma mau curhat dan bertanya yah RR...

Sesudah berdiskusi panjang-lebar dengan nara sumber terpercaya, saya
berkesimpulan:

Operator pelan tapi pasti lebih memilih jaringan 4G daripada 3G karena
karena cost maintenance yg jauh lebih murah.
(Berdasarkan data valid yg diberikan oleh nara sumber terpercaya)

Pertanyaan saya adalah:
Meski cost maintanance 4G lebih murah bagi operator tetapi mengapa tarif
data internet tidak turun?

Yang terjadi bahkan sebaliknya. Seiring dengan peningkatan kecepatan
internet 4G, pemakaian data oleh konsumen juga ikut melonjak pesat sekali,
baik disadari atau tidak oleh konsumen.
Bahkan konsumen 'dipaksa' mengganti/memperbaharui perangkatnya jika ingin
menikmati layanan 4G tersebut tanpa adanya kompensasi apapun dari operator.

Tentu semua ini adalah keuntungan buat operator.
Apakah keadaan ini yang memang diharapkan oleh operator?
Mengeksploitasi 'habis-habisan' konsumen demi mengejar keuntungan semata
dengan mengatasnamakan kemajuan teknologi dan permintaan pasar?
Bukankah demikian artinya konsumen sudah dirugikan?

Saya pribadi sangat setuju dengan pelayanan internet yang cepat dan
berkualitas tetapi tanpa harus mengorbankan konsumen dengan menetapkan
tarif yang tinggi yang tekesan 'semena-mena'.

Bagaimana pendapat RR sendiri? Selamat beropini yah.

Salam.

#sirambensin
#biartambahserudiskusinya
#hihihi
#peace yah Om Yudi ✌

> [...]
>
> Pendapat saya intinya..
> 1. Operator pelan tp pasti lebih memilih jaringan 4G drpd 3G krn cost
> maintenance yg jauh lbh murah
> 2. Meski maintanance 4G murah bagi operator..tp tnyata menjadi biaya mahal
> bagi customer u/ mengikutinya :
> a. Pulsa yg mahal (contoh saat speed test)
> b. Dipaksa beli handheld baru
>
> Yah..
>
> Saya sbnarnya setuju internet berkualitas..tapi masak kudu mengorbankan
> customer
>
> Apa ada pendapat lain?

> Beli paket data Internet Indosat cuma nge-tweet.

Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different
results.
― Einstein

β€œLife is not like water. Things in life don't necessarily flow over the
shortest possible route.”
― 1Q84