Coba jawab ya bro
1. Build quality bagus. Boleh coba premium class nya.  Mewah
2. Biasa aja. Buat saya, ga perlu sering update.  Kadang update pun, kita
(saya) sering ngga ngeh, apa yg update. Hehehe
3. Experience software nya ok bro.  Dan yg penting, finger security bs
jalan di Huawei P9 plus saya. Penting itu...
4. After sales,  di indonesia ini,  bahkan saya bilang adalah sc terbaik
stlh samsung.  Kalah di jumlah outlet nya. Kalo Samsung kan banyak tuh..
Tp kualitas sih 5 stars.
5. Harga jual relatif lah, karena namanya dipake,  pasti jatuh, kalo ga mau
dibilang terjun bebas. Hehehe

Semoga mencerahkan.

*# based on true experience with Mate7, Mate 8, Mate S,  P8,  P9 dan P9
plus. *