Saya juga merasa Telkomsel lebih cepat habis dibanding yang lain (misalnya:
XL).  Tapi mungkin karena di tempat2 saya pakai Telkomsel dan XL, si
Telkomsel speed-nya jauh lebih cepat dibanding XL (walaupun di
tempat-tempat tersebut XL sudah relatif cepat).  Beberapa aplikasi
(misalnya Youtube, Viu, dll) otomatis akan atur pemakaian data dan kualitas
video.  Saat speed cepat, dia pakai data lebih banyak sehingga lebih cepat
tersedot habis.  Otomatis kualitas video jadi lebih bagus.  Makanya di
kasus saya Telkomsel relatif lebih cepat habis.

Demikian Om, anyway mudah2an bukan karena perhitungannya beda.  Kurang
logis kalau ada beda perhitungan, kan mestinya standar ya.. Atau memang
beda perhitungan? Kacau deh kalau beda hehe...