Setuju Om, saya tidak mempertentangkan ketentuan itu. Dan itu universal koq
berlaku di negara apapun.  Yang saya garisbawahi, dalam praktek
penghitungan bea/pajaknya sering kurang fair terutama untuk barang yang
referensi harganya tidak petugas miliki. Misalnya Om beli tas bermerek
untuk tipe tertentu yang petugas bea cukai tidak punya referensi harganya.
Dan Om beli dengan diskon cukup besar karena sudah off season.  Di situ
akan dihitung pajak berdasarkan harga yang ditentukan secara sepihak oleh
petugas.  Biasanya harga referensi untuk "barang serupa" yang nilainya
paling tinggi.  Informasi harga dalam bon pembelian seringkali tidak akan
dijadikan pertimbangan oleh petugas.

Demikianlah orang yang tadinya mau jadi warga negara yang baik dan taat
pajak akhirnya jadi berusaha pakai cara apapun agar terhindar dari situasi
seperti itu.