Dear All,

Mohon bantuannya, tiga hari ini Google Account saya tidak bisa sync.
Warningnya: Sync is currently experiencing problem. It will be back shortly.

Device: Redmi 3 Pro
MIUI: China Stable MIUI 8.5 (8.5.2.0 LAICNED) based on Lollipop
Impact: Gmail & Outlook tidak menerima email. Gojek ga bisa order. GMaps
tidak akurat.

Whatsapp, twitter, dll aman. Login google via web aman. Mbanking aman.

Selama 2 tahun pemakaian baik2 saja. Pernah mengalami hal spt ini, cukup
clear data Google Play Service biasanya solved.
Kemarin dah coba:
- clear data Google Play Service + Reboot
  Google Play Service version: 11.9.75 (GooglePlayService automatic update
kan?)
- uninstall + install gmail

Mau coba delete account tidak bisa (ada warning: This change isn't allowed
by your administrator). Mungkin karena hanya ada 1 google account.

Catatan:
Selama 2 tahun, biasanya menggunakan kartu A  (sim 1) & B (sim 2).
Karena mendapat nomor kantor (kartu C), sebulan ini saya pakaikan kartu C
di sim 1. Seingat saya, tidak ada masalah dengan sync google account,
gmail, dll.
Karena kartu A dipakai untuk mobile banking dan harus di SIM 1, mobile
banking menjadi tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu,  saya lakukan perubahan konfigurasi menjadi sim 1 (kartu
A) dan sim 2 (kartu C) tiga hari yang lalu agar bisa mobile banking.
tetapi kemudian saya menyadari mulai tidak mendapat email di gmail &
outlook. Ternyata sync google account tidak jalan.

Mohon pencerahan kawan2 semua mengenai hal ini.
Terima kasih.

Salam,
Imam