On Sun, Jan 10, 1999 at 04:30:08AM +0700, Priyadi Iman Nurcahyo wrote:
> masih lebih aman qmail... mekanisme pengiriman mail di postfix
> ngga secure, dia pake world writeable directory, tapi kelihatannya
> venema mau ganti metodenya...

Benar, sekarang user malah bisa milih, mau tetap nekad pakai world
writeable directory (default) boleh, mau yang model setxid (maildrop
directory) juga boleh.

> iya, itu salah satu kelemahan qmail, tapi harus begitu kalau mau
> ada VERP (variable envelope return path), seperti milis ini...

Kebetulan alasan DJB sendiri bukan berkaitan langsung dengan
fasilitas VERP ini. Omong-omong soal VERP, ide DJB ini memang
canggih, exim sudah mulai menjajagi untuk support fasilitas ini,
postfix juga, walaupun realisasi di postfix belum nampak :-)

> saya belum mendalami exim, lagi ngga kekurangan kerjaan... :)

:P

> tapi cukup happy dengan qmail, walaupun pembuatnya agak keras kepala :(

Nampaknya ini kelemahan qmail yang paling jelas terlihat :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja