2008/5/7 arman.kartawidjaja <[EMAIL PROTECTED]>:

> Oiya, ada yang bisa kasih tau cara install Ruby on Rails di ubuntu
> 7.10 ga?

Saya udah coba di tiga linux distro (SLES, openSuSE dan ubuntu 6.06 lts)
tapi package yang tersedia kurang memuaskan dari segi ruby version (biasanya
mereka masih 1.8.4) dan dari rails-nya suka udah uzur banget.

End up compiling sendiri ruby, install gem dari rubyforge dan baru install
rails lewat gem. Saya juga recommend orang yang niat untuk setup development
environment sendiri dan production server sendiri untuk compile sendiri.

> Pernah baca katanya kalo pake cgi itu lambat ya?Ruby pake cgi bukan

Betul CGI itu lambat karena setiap CGI call itu spawning a new process.
Rails sendiri pake fast CGI, yang secara architecture sedikit berbeda. Masih
spawning process per call tapi handling-nya berbeda.