Hay...semuanya sahabat IKS
Saya mencoba menulis apa yg telah saya lihat dan rasakan suatu
peristiwa semalam.

Malam itu saya beserta keluarga sedang mencari sesuatu di sebuah Super
Market tenama di daerah lebak bulus,  kebetulan waktu berkunjung saya
diakhir waktu, jadi seluruh SPG sedang bebenah mengemasi barang2 yang
ada.

Antrian di kasir lumayan ramai, maklum toko sudah mau tutup jadi
banyak kasir-kasir yang juga ikut tutup alias sudah tidak melayani
pengunjung. Sambil menanti giliran, tiba-tiba mata saya sekeluarga
menatap pemandangan yg begitu menyentuh hati begitu para karyawan
membenahi makanan yg siap saji. Makanan2 itu dengan begitu saja
dimasukan ke dalam kantong plastik besar, seperti nasi goreng, lauk
pauk lain, kue2 jajanan.
Lantas saya bertanya kepada seorang karyawan yg membersihkan itu, "
Mas kenapa makanan itu dibuang begitu saja, apakah makanan2 itu sudah
basi ?" lalu karyawan itu memberi komentar. " Wah...ini sudah
kebijakan perusahaan, makanan yg tidak habis harus dibuang, untuk
menghindari hal2 yg tidak diinginkan oleh perusahaan."
Yah...bagi saya alasan itu bisa saja, tapi disaat rakyat disekeliling
masih banyak yg membutuhkan kenapa tidak disalurkan saja, kan masih
banyak rakyat miskin disekitar lebak bulus, masih banyak diantara
mereka yg harus antri berjam-jam untuk mendapatkan dana konpensasi
BBM, dll. Maksud saya, apabila perusahaan tsb takut ada
penyalahgunaan, kan bisa bekerjasama dg LSM-LSM yg bergerak dibidang
Sosial untuk menyalurkannya tanpa karyawan tsb yg bergerak. Yah
seperti halnya Perusahaan tsb bisa bekerja sama dg perusahaan sabun
untuk mengumpulkan sampah, tapi malah membuang sampah yg nyata-nyata
bisa  dimanfaatkan dan dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar. Kan
iklannya ada di Delta. Makanya tolong digagas agar Carefour tidak
melakukan hal yg mubazir membuang makanan, masih banyak yg busung
lapar loh.
Yah, kenapa yah makanan itu menjadi tidak berguna ditengah kemegahan
kota metropolitan, kan hampir terjadi disemua supermarket dan toko2 yg
menjajakan makan siap saji. Kita telah melakukan hal yg mubazir.

Wassalam.

A.M.Soleh
Vila Dago Pamulang, Ciputat.

AIDS in India: A "lurking bomb." Click and help stop AIDS now.
http://us.click.yahoo.com/VpTY2A/lzNLAA/yQLSAA/iPMolB/TM