Dear Betti, Thanks buat emailnya ya. Ya kebetulan saya pernah tinggal di Jepang lumayan lama beberapa tahun lalu. Mungkin ini bisa sedikit membantu.
Kebetulan dulu aku tinggal di kota kecil deket Nagoya. Tiap ada kesempatan aku keliling Jepang dan sekaligus homestay di rumah2 temen Jepang yg tersebar di Jepang, jadi ya kebetulan aku ga keluarin ongkis inap kalo pas pergi2. Cuma modal biaya transport aja. Kalo Betti berencana ke Kyoto, itu saya kira rencana yg tepat sekali. Karena selain itu dekat dengan 2 kota lain yaitu Osaka dan Nara. Jadi 3 kota ini terkenal dengan sebutan segitiga Kyoto-Osaka-nara. Jadi jangan ragu2 kalo ke Kyoto seklaina aja langsung ke Osaka dengan struktur moderenya dan Nara sebagai kota kuno seperti layaknya Osaka. Kyoto. Disini kamu bisa mengunjungi 2 kuil terkenal yaitu Kinkakuji (kuil emas)dan Ginkakuji (kuil erak). Memang bangunan keduanya terbuat dari emas dan perak. namun letak keduanya terpisah. Jangan coba2 untuk mencuil emasnya lho ya, ntar ditangkap pak satpam:)))) Jangn lupa kunjungi daerah Arashiyama, dimana menawarekan pemandangan alam yg luar biasa bagus, dengan Arashiyama Hashi (jembatan arashiyama) yg cukup terkenal itu. Disitu ada sungai, dan bisa berkano ria, atau naik becak yg ditarik orang, kita bisa keliling dg murah, dan sekaligus dia sebagai pemandunya. Akan lebih emngesankan bila kita bisa berbahasa Jepang, jadi lebih menarik dan ngerti:))) Di Kyoto bisa kunjungi juga Oyamizudera, yaitu kuil kuno yg terbuat dari kayu diatas bukit, kalo pas musim semi ato gugur...woooow..pemandanganya indah banget, plus bunga sakura and autumn leaves. Kamu juga bisa mengunjungi banyak kuil menarik disana, karena Kyoto tereknal sebagai Kota Seribu Kuil, baru melangkah beberapameter eh sudah ketemu kuil lagi. Kamu juga bisa jejakkan kaki di Kyoto Tower:)) Osaka. Disini lebih modern suasananya dengan bangunan modern, seperti di Tokyo. Kamu bisa kunjungi Osaka-jo (benteng Osaka) yg ada ditengah kota, atao beberapa tempat lainnya. Eeeeit! Jangan lupa mencoba makan okonomiyaki! Nara Subarashii machi!!! (wonderful town!). Ini kota kuno seperti Kyoto, dan banyak kuil kuno menarik. Kunjungi Nara-koen (taman Nara) disitu kamu bisa ketemu banyak rusa gede-gede and jinak, jangan lupa beli shika senbe (roti rusa) trus kasihkan aja ke rusa-rusa itu, pasti mereka ngerubutin kamu, hati2 kadang ada rusa yg nakal, kadang nubruk and nyruduk orang..hehehe. Jangan kuatir, rusanya ga minum sake (arak jepang) kok jadi dia ga mabuk..hehehehe. Trus, kamu bisa kunjungi Todaiji (kuil todaiji) bangunanya terbuat dari kayu gedeeeeeeee banget. Untuk melingkari pilar diperlukan 4 orang dewasa..hehehehe. Di dekat situ ada bukit rumput yg lumayan tinggi, trus kamu kesana aja untuk melihat kota Nara dari atas:)) Untuk budget, dapat dikatakan Jepang lumayan mahal, trutama akomodasi dan makan. Jangan kuatir, kamu bisa beli makanan/snack di 100 Yen Shop (Hyaku-en Shop) dengan harga semua barang 100 Yen plus pajak 5 yen per item:)) Kamu juga bisa beli pernak-pernik suvenir murah disini, jadi biar irit. Transportasi antar Osaka-Nara_kyoto bisa naek kreta, yg aku kira cukup murah kok, tapi maaf aku lupa harga pastinya. Di Osaka-Nara-Kyoto karena terkenal banyak turis, kamu bisa inap di youth hostel disana, kalo kamu member pasti kamu dapat diskok. Paling semalam sekitar 3000-4000 Yen. Tapi ga dapat makan lo ya..hehehe. Coba cari info youth hostel di 3 kota itu di internet. Hmm..apa lagi ya. Kalo ada yg mau diketahui lain silahkan kontak aku, siapa tau aku bisa bantu. Aku juga pernah tinggal di Tokyo dan Hiroshima, mungkin kalo tertarik:))) Saat ini saya baru aja pulang dari Korea, dan lagi nginap di Jakarta. tadi abis makan di resto jepang hanamasa deket blok m. Hmmmm..tempatnya bagus, tapi kok musik di dalamnya musik barat bukan jepang ya..aneh...:(((( Ganbatte!!! Ikou
