Dear Betti,
Nambah usulan nya Ikou,
Kalau sudah sampai Osaka-Kyoto, jangan lewat kan pulau Sodoshima dan Seto
Ohasi bridge.
Sodoshima island itu letaknya di Kagawa prefecture,kearah Timur ?dari Osaka
arah ke Hiroshima.Sekitar satu jam naik mobil atau naik kereta. Berhenti
disekitar Okayama city, kemudian cari terminal ferry, menyeberang sekitar satu
jam sampai Sodoshima.
Orang lokal bilang, pulau ini adalah Italia nya Jepang. Yang lain bilang
Sodoshima ini mediterania nya Timur jauh. Disini ada perkebunan olive / zaitun.
dan tempat-tempat indah yang unik. Souvenir nya ya banyak olive oil yang
berkualitas baik. Di musim Sakura (April?), Pulau nya tampak memutih pink
karena Sakura, dimusim gugur, pulau nya berwarna kuning-orange karena daun nya
berubah warna. Ada Sky lift ke puncak tertinggi di pulau ini untuk memandang
laut. Pokok nya baguss sekali.
Seto Ohashi, jembatan panjang yang mirip golden gate bridge. Orang lokal
bilang ini jembatan double deck terpanjang di dunia?? Lewat diatas jembatan
dengan mobil rasanya jadi pengalaman baru, saking lama nya gak sampai-sampai
seberang.
Lewat dibawah nya naik ferry juga bisa melihat pemandangan indah laut dan
jembatan. Tak akan terlupakan.
Pengalaman ku untuk cari biaya murah, kontak teman Jepang, minta carikan
hotel murah atau numpang nginep dirumah nya. Pernah menginap di Kasaoka city,
Okayama. Tarif nya separuh nya Okayama city atau Osaka.
Juga selama kenal dengan teman-teman Jepang, kalau sudah kenal, trus kita
berkunjung ke kampung halaman nya, mereka sangat ramah dan helpfull, dan tidak
segan-segan menawarkan nginep di rumah nya.
Kesimpulan ku, di Jepang, di daerah manapun tempat nya bagus-bagus dan
terjaga sekali. Kita harus meniru bagaimana orang Jepang sangat care dengan
lingkungan hidupnya.
OK, have a nice day.
Widodo
Ikou Ikou <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear Betti,
Thanks buat emailnya ya.
Ya kebetulan saya pernah tinggal di Jepang lumayan
lama beberapa tahun lalu. Mungkin ini bisa sedikit
membantu.
Kebetulan dulu aku tinggal di kota kecil deket Nagoya.
Tiap ada kesempatan aku keliling Jepang dan sekaligus
homestay di rumah2 temen Jepang yg tersebar di Jepang,
jadi ya kebetulan aku ga keluarin ongkis inap kalo pas
pergi2. Cuma modal biaya transport aja.
Kalo Betti berencana ke Kyoto, itu saya kira rencana
yg tepat sekali. Karena selain itu dekat dengan 2 kota
lain yaitu Osaka dan Nara. Jadi 3 kota ini terkenal
dengan sebutan segitiga Kyoto-Osaka-nara.
Jadi jangan ragu2 kalo ke Kyoto seklaina aja langsung
ke Osaka dengan struktur moderenya dan Nara sebagai
kota kuno seperti layaknya Osaka.
Kyoto.
Disini kamu bisa mengunjungi 2 kuil terkenal yaitu
Kinkakuji (kuil emas)dan Ginkakuji (kuil erak). Memang
bangunan keduanya terbuat dari emas dan perak. namun
letak keduanya terpisah. Jangan coba2 untuk mencuil
emasnya lho ya, ntar ditangkap pak satpam:))))
Jangn lupa kunjungi daerah Arashiyama, dimana
menawarekan pemandangan alam yg luar biasa bagus,
dengan Arashiyama Hashi (jembatan arashiyama) yg cukup
terkenal itu. Disitu ada sungai, dan bisa berkano ria,
atau naik becak yg ditarik orang, kita bisa keliling
dg murah, dan sekaligus dia sebagai pemandunya. Akan
lebih emngesankan bila kita bisa berbahasa Jepang,
jadi lebih menarik dan ngerti:))) Di Kyoto bisa
kunjungi juga Oyamizudera, yaitu kuil kuno yg terbuat
dari kayu diatas bukit, kalo pas musim semi ato
gugur...woooow..pemandanganya indah banget, plus bunga
sakura and autumn leaves. Kamu juga bisa mengunjungi
banyak kuil menarik disana, karena Kyoto tereknal
sebagai Kota Seribu Kuil, baru melangkah beberapameter
eh sudah ketemu kuil lagi. Kamu juga bisa jejakkan
kaki di Kyoto Tower:))
Osaka.
Disini lebih modern suasananya dengan bangunan modern,
seperti di Tokyo. Kamu bisa kunjungi Osaka-jo (benteng
Osaka) yg ada ditengah kota, atao beberapa tempat
lainnya. Eeeeit! Jangan lupa mencoba makan
okonomiyaki!
Nara
Subarashii machi!!! (wonderful town!). Ini kota kuno
seperti Kyoto, dan banyak kuil kuno menarik. Kunjungi
Nara-koen (taman Nara) disitu kamu bisa ketemu banyak
rusa gede-gede and jinak, jangan lupa beli shika senbe
(roti rusa) trus kasihkan aja ke rusa-rusa itu, pasti
mereka ngerubutin kamu, hati2 kadang ada rusa yg
nakal, kadang nubruk and nyruduk orang..hehehe. Jangan
kuatir, rusanya ga minum sake (arak jepang) kok jadi
dia ga mabuk..hehehehe. Trus, kamu bisa kunjungi
Todaiji (kuil todaiji) bangunanya terbuat dari kayu
gedeeeeeeee banget. Untuk melingkari pilar diperlukan
4 orang dewasa..hehehehe. Di dekat situ ada bukit
rumput yg lumayan tinggi, trus kamu kesana aja untuk
melihat kota Nara dari atas:))
Untuk budget, dapat dikatakan Jepang lumayan mahal,
trutama akomodasi dan makan. Jangan kuatir, kamu bisa
beli makanan/snack di 100 Yen Shop (Hyaku-en Shop)
dengan harga semua barang 100 Yen plus pajak 5 yen per
item:)) Kamu juga bisa beli pernak-pernik suvenir
murah disini, jadi biar irit.
Transportasi antar Osaka-Nara_kyoto bisa naek kreta,
yg aku kira cukup murah kok, tapi maaf aku lupa harga
pastinya.
Di Osaka-Nara-Kyoto karena terkenal banyak turis, kamu
bisa inap di youth hostel disana, kalo kamu member
pasti kamu dapat diskok. Paling semalam sekitar
3000-4000 Yen. Tapi ga dapat makan lo ya..hehehe. Coba
cari info youth hostel di 3 kota itu di internet.
Hmm..apa lagi ya. Kalo ada yg mau diketahui lain
silahkan kontak aku, siapa tau aku bisa bantu. Aku
juga pernah tinggal di Tokyo dan Hiroshima, mungkin
kalo tertarik:)))
Saat ini saya baru aja pulang dari Korea, dan lagi
nginap di Jakarta. tadi abis makan di resto jepang
hanamasa deket blok m. Hmmmm..tempatnya bagus, tapi
kok musik di dalamnya musik barat bukan jepang
ya..aneh...:((((
Ganbatte!!!
Ikou
---------------------------------
Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!
[Non-text portions of this message have been removed]