Sebenarnya mahalnya karena semua diatur Ris. Yang bikin mahal kayaknya paperwork alias ijin. Padahal ijin itu bisa didapet sehari saja. Ngg susah. Ijin dihitung berkisar $25 perhari. Sedang kalau pesan guide/porter $10-15 perhari. Lodge dan makanan masih bisa ditekan. Yang mahal adalah makanan. Makin tinggi makin mahal. Sebotol besar air (2liter) sekitar 150 Rs. Lodge berkisar 100-200 Rs semalem (1 US$ sekitar 67 Rs). Cuman payahnya adalah mencari porter dan guide.
Ini gambling sekali, karena kadang dapet guide dan porter yang bagus. Yang bisa menceritakan latar belakang budaya berikut kisah2 Himalaya. Beda loh antara guide organised tour yang besar dengan guide biasa. Mereka juga lebih prepare dalam hal P3K dan keamanan. Kalau rute-nya sih gampang banget. Ngg perlu buka jalur karena jalannya mudah diikuti. Kalau memang mau kesana Ris, setidaknya kita siap dengan permasalahan di lapangan. Ngg bisa mengandalkan porter dan guide. Betul, mereka memang lebih mengerti tapi kita ngg bisa menggantungkan hidup sama mereka. Untuk rute yang populer seperti Everest Base Camp dan Annapurna Sanctuary bisa dapet murah. Tapi kualitas services berpengaruh langsung. Jadi siap ngg mengorbankan comfort dengan dollar? Salam, Ambar --- In [email protected], Aris <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > ya namanya juga lewat organize! lho kok jadi mahal? boleh tau > mahalnya dimana? > untuk everest Basecamp, di paket sekitar USD500 kok saya jadi pengen...hehe > apakah ini sudah termasuk Meal, Porter, Guide Plus trekking > equipment?... maksudnya Saya tinggal Jalan / trekking > dengan Bawa Badan Aja Plus daypack kecil? > > > salam > ARIS >
