Halo guys... saya kebetulan tugas di flores selama setahun terakhir, tepatnya di kabupaten baru Nagekeo dan kecamatan yang juga baru Keo Tengah. Saya sarankan...bukan bernaksud apa2 hanya benar2 untuk membantu sesama petualang yang mau ke flores.As me first. Saya kebetulan kerja tapi juga tidak lupa berpetualang, karena tidak selaman saya ada di flores. Saya sudah menjelajahi dengan motor yamaha YT 125 cc mulai dari Pulau Komodo,Labuan Bajo sampai Lembata, beberapa kali dalam setahun ini, meliputi: Labuhan Bajo-dan seluruh daerah yang dilewati oleh jalur TRANS FLORES sampai ke LARANTUKA. Serta daerah2 utara seperti Reo-Pota-Buntal-Riung-Bekek-Mbay-Kaburea-Maukaro-Maurole-Kotabaru. Di timur ada Larantuka-Tanjung Bunga (Waiklibang)-Adonara (Wure-Wailengga)-Lembata. Sikka di Moni, Nita, Daratpante, dsb2.
Betul kata teman, Flores itu INDAH SEKALI, kadang saya bersyukur sekali tuhan kasi kesempatan kerja di flores, kadang hidup membawa kita ke hal2 yg tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Yang kedua memang secara umum floresian memang welcome tapi tidak juga, saya yang sudah 1 thn lebih hidup bersama mereka bisa merasakan kok mana yang baik-picik-suka mencuri. Dibandingkan dengan jakarta yang memang sangat aman di flores tapi bukan berarti kita jadi tidak wasapda kalau trip begitu. Saya biasa kalau trip dng YT jalan sampai malam, tidur di rumah penduduk juga mereka welcome, tapi jangan ngerepotin, mereka secara ekonomi lemah pada umumnya, jadi jangan kelaperan minta makan lho. Satu yang saya suka adalah flores itu masih perawan, ada daerah2 yang mrk mungkin baru sekali ini lihat org dari jawa datang (ya saya itu), kalau mau cross2an ala grass track atau rally paris-dakkar ada, TAPI hampir semuanya ACCESSABLE dengan motor (terutama kalau berpetualangnya dengan motor trail yang mumpuni ya, ,minimal YAMAHA YT), saya harus terus terang bilang YT karena motor ini memang bandel kok. Saya lagi cuti sebulan di bogor, udah setahun lebih nggak pulang2 dari flores. Nanti saya sambung lagi, tapi terus terang, pengalaman saya setahun terakhir di flores is the best time in my life. Kemarin ada juga Indonesia Sail 2007 di Maurole lalu ke Riung (tapi batal) jadi langsung ke Labuhan Bajo. Sharing2 lagi teman, btw rencana saya selanjutnya adalah bermotor ke maluku tenggara (Tual, Tanimbar). Ada yang bisa berbagi pengalaman? Resa B. Anasto Dokter di Puskesmas Maunori Kecamatan Keotengah, Kabupaten Nagekeo NTT
