Halo guys... saya kebetulan tugas di flores selama setahun terakhir, 
tepatnya di kabupaten baru Nagekeo dan kecamatan yang juga baru Keo 
Tengah. Saya sarankan...bukan bernaksud apa2 hanya benar2 untuk 
membantu sesama petualang yang mau ke flores.As me first.
Saya kebetulan kerja tapi juga tidak lupa berpetualang, karena tidak 
selaman saya ada di flores. Saya sudah menjelajahi dengan motor yamaha 
YT 125 cc mulai dari Pulau Komodo,Labuan Bajo sampai Lembata, beberapa 
kali dalam setahun ini, meliputi:
Labuhan Bajo-dan seluruh daerah yang dilewati oleh jalur TRANS FLORES 
sampai ke LARANTUKA. Serta daerah2 utara seperti 
Reo-Pota-Buntal-Riung-Bekek-Mbay-Kaburea-Maukaro-Maurole-Kotabaru. Di 
timur ada Larantuka-Tanjung Bunga (Waiklibang)-Adonara 
(Wure-Wailengga)-Lembata. Sikka di Moni, Nita, Daratpante, dsb2.

Betul kata teman, Flores itu INDAH SEKALI, kadang saya bersyukur 
sekali tuhan kasi kesempatan kerja di flores, kadang hidup membawa 
kita ke hal2 yg tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Yang kedua 
memang secara umum floresian memang welcome tapi tidak juga, saya yang 
sudah 1 thn lebih hidup bersama mereka bisa merasakan kok mana yang 
baik-picik-suka mencuri. Dibandingkan dengan jakarta yang memang 
sangat aman di flores tapi bukan berarti kita jadi tidak wasapda kalau 
trip begitu. Saya biasa kalau trip dng YT jalan sampai malam, tidur di 
rumah penduduk juga mereka welcome, tapi jangan ngerepotin, mereka 
secara ekonomi lemah pada umumnya, jadi jangan kelaperan minta makan 
lho.
Satu yang saya suka adalah flores itu masih perawan, ada daerah2 yang 
mrk mungkin baru sekali ini lihat org dari jawa datang (ya saya itu), 
kalau mau cross2an ala grass track atau rally paris-dakkar ada, TAPI 
hampir semuanya ACCESSABLE dengan motor (terutama kalau 
berpetualangnya dengan motor trail yang mumpuni ya, ,minimal YAMAHA 
YT), saya harus terus terang bilang YT karena motor ini memang bandel 
kok.

Saya lagi cuti sebulan di bogor, udah setahun lebih nggak pulang2 dari 
flores. Nanti saya sambung lagi, tapi terus terang, pengalaman saya 
setahun terakhir di flores is the best time in my life. Kemarin ada 
juga Indonesia Sail 2007 di Maurole lalu ke Riung (tapi batal) jadi 
langsung ke Labuhan Bajo.

Sharing2 lagi teman, btw rencana saya selanjutnya adalah bermotor ke 
maluku tenggara (Tual, Tanimbar). Ada yang bisa berbagi pengalaman?


Resa B. Anasto
Dokter di Puskesmas Maunori
Kecamatan Keotengah, Kabupaten Nagekeo
NTT

Kirim email ke