Selamat malam bapak, saya berdomisili di jogaj, saya sekarang kerja dihalmahera jadi kebetulan banyak orang2 yang sedikit mengerti tentang pertanyaan bapak!!!
sedikit revisi dan tambahan yang pernah saya berikan...... flight garuda gak ada yang direct...dan kayaknya malah tambah ruwet kalo pake garuda...kecuali bapak start dari jakarta memang ada yang direct tapi untuk ke ternatenya tambah runyam...saya kemaren pake lion start dari jakarta - manado - ternate. dari jakarta jam 6.00am, sampai manado sekitar jam 10.00 am wita (IDR 960.000) terus alnjut ke ternate jam 11.00 wita, sampai ternate jam 1.00 wit (IDR 620.000). Untuk Guest house mitra karya temen2 disini rata-rata gak ngerti cuma kalo kedhaton itu tempat sultan ternate tinggal. sebagai alternatifnya mungkin bapak bisa coba neraca hotel (selain ternate city yang pernah saya bilang) dengan rate Rp 150.000,- untuk pulau maitara, dari ternate gak ada speedboat yang langsung kesana bapak, yang ada speed boat dari tidore ke maitara sekitar 20 menit dengan tarif sekitar 20.000. sedangkan gunung gamalama...disetiap desa biasanya ada pemandunya,karena g gamalama masih dalam keadaan aktif bapak harus konfiramsi dengan BMG ternate (0291 21942) nah disitu bapak juga bisa sekalian cari pemandunya. g gamalama belum terkoordinir seperti di rinjani jadi...bapak harus siap2 logistic dan perlatan sendiri.yang saya tahu ada 2 jalur untuk menuju puncak, yaitu jalur depan dan jalur belakang. mereka berpatokan dengan adanya kota ternate, jadi yang dikatakna jalur depan adalah jalur yang terdekat dengan kota yaitu kelurahan jati, sedangkan jalur belakang melalui tugafo yang terletak dibelakang kota (baca dibalik g gamalama).perbedaannya kalo dari jalur belakang bapak bisa langsung dapat puncaknya karena jalur tersebut sudah di tubuh g gamalama. sedangkan untuk lewat jalur depan bapak harus melewati pegunungan dengan 2 puncak (g gamalama puncak ketiga). kalo bapak ingin ke cengkeh afo bapak lewat jalur depan aja karena jalur ini melewati cengkeh afo. kapal rute manado - ternate - manado ada 2 yaitu intim teratai dan teodora. intim teratai manado - ternate jam 5 setiap hari rabu dan teodora setiap hari senin dengan jam yang sama. ternate - manado intim teratai setiap hari sabtu dan teodora setiap hari jumat jam 2. ok....selamat berlibur..... KIKA ----- Original Message ---- From: P. D. Negara <[EMAIL PROTECTED]> To: [email protected] Sent: Sunday, October 14, 2007 12:03:37 PM Subject: [indobackpacker] SOS: INFO TERNATE Kawan-kawan tolong dong, saya akan melakukan perjalanan ke Manado dan ternate, dari arsip milis ibp, saya telah mendapati beberapa data, namun kurasa ada yang belum lengkap, mohon bantuan info kawan-kawan yang sudah pernah kesana tentang beberapa hal: 1. Rute penerbangan Surabaya-Ternate yang langsung Merpati dan Lion, benar ya.......... ? Kalau penerbangan ke Manado say coba cari-cari memang gak ada ya rute Garuda Surabaya-Manado? (Rasanya ngeri ingat-ingat Adamair, he......3x) 2. Sebaiknya mana dulu dalam melakukan perjalananin, dari Surabaya apa ke Manado dulu baru sambung Ternate atau sebaliknya dari Surabaya ke Ternate dulu baru sambung ke Manado....?? Ada saran? Perjalanan saya tidak ada target dikejar waktu, jadwal yang atur dan kendalikan saya sendiri. 3. Bebera data hotel sudah saya kantongi, yang kutemukan di Ternate rata-rata harga antara 200 - 300 ribu..., saya pengin cari yang lebih murah berkisar 75-150 ribu bolelah, tidak perlu hotel, losmen, atau home stay OK-lah, soal tidur bukan masalah bagi saya yang penting aman dan bersih (nyaman juga ya...), syukur-syukur ada home stay. soalnya yang penting bisa berhemat (kan dokunya bisa untuk keliling-keliling Ternate) dan bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Kalau guest house Mitra Karya belakang Kedaton rate-nya berapa ya....??? 4. Dari Bandara Babullah Ternate kalau ke kota atau penginapan ada ojek tidak??? berapa tarip ojek ke kota (tengah kota)? 5. Kalau saya mau ke cengkeh Afo, berapa lama perjalanan, haruskah menyeberang pulau, bisa kasih ancar-ancar biaya? 6. Pemandangan dibalik uang Rp. 1000,- (Maitara dan tidore) itu rutenya gimana? Jauh dari Ternate? 7. Kalau saya mau mendaking Gunung Gamalama, bisa ditempuh berapa jam/lama.... ., bagaimana rute ke desa Moya? berapa kira-kira rate yang saya perlukan, adakah pemandu? 8. Sekarang tentang Manado, dari arsip IBP kutemukan hotel unique Inn kalau tak salah, taripnya bolelah..... , berapa ya jarak dari Sam Ratulangi ke Hotel unique itu? ada ojek gak ya....???? Tujuan saya ke Manado diantaranya ke Bunaken (konon kalau ke Manado jangan lupa Bubur, Boulevard, Bunaken), nah karena sendirian gimana tuh rute ke bunaken, dalam arti katanya boat ke bunaken berkisar 500ribu satu boat, apa ada boat omprengan ya..... yang ngetem nunggu penumpang, senandainya bermalam di Bunaken ada home stay backpacker-an yang murmer, bersih aman nyaman :-) 9. Tolong dong info pesawat Manado-Ternate, juga sebaliknya.. .. terimakasih. ...... Sekali lagi terimakasih atas atensinya dan mohon maaf atas pertanyaan borongan ini Zainal Abidin - Nurul Arifin - mohon maaf lahir dan batin; mangan kupat ketiban cendelo, menawi wonten lepat nyuwun ngapuro..... ....... Salam, -Purnawan- [Non-text portions of this message have been removed] __________________________________________________ Do You Yahoo!? Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around http://mail.yahoo.com [Non-text portions of this message have been removed]
