Selamat malam bapak,
saya berdomisili di jogaj, saya sekarang kerja dihalmahera jadi kebetulan 
banyak orang2 yang sedikit mengerti tentang pertanyaan bapak!!!

sedikit revisi dan tambahan yang pernah saya berikan......
flight garuda gak ada yang direct...dan kayaknya malah tambah ruwet kalo pake 
garuda...kecuali bapak start dari jakarta memang ada yang direct tapi untuk ke 
ternatenya tambah runyam...saya kemaren pake lion start dari jakarta - manado - 
ternate. dari jakarta jam 6.00am, sampai manado sekitar jam 10.00 am wita (IDR 
960.000) terus alnjut ke ternate jam 11.00 wita, sampai ternate jam 1.00 wit 
(IDR 620.000).

Untuk Guest house mitra karya temen2 disini rata-rata gak ngerti cuma kalo 
kedhaton itu tempat sultan ternate tinggal. sebagai alternatifnya mungkin bapak 
bisa coba neraca hotel (selain ternate city yang pernah saya bilang) dengan 
rate Rp 150.000,-

untuk pulau maitara, dari ternate gak ada speedboat yang langsung kesana bapak, 
yang ada speed boat dari tidore ke maitara sekitar 20 menit dengan tarif 
sekitar 20.000.

sedangkan gunung gamalama...disetiap desa biasanya ada pemandunya,karena g 
gamalama masih dalam keadaan aktif bapak harus konfiramsi dengan BMG ternate 
(0291 21942) nah disitu bapak juga bisa sekalian cari pemandunya. g gamalama 
belum terkoordinir seperti di rinjani jadi...bapak harus siap2 logistic dan 
perlatan sendiri.yang saya tahu ada 2 jalur untuk menuju puncak, yaitu jalur 
depan dan jalur belakang.
mereka berpatokan dengan adanya kota ternate, jadi yang dikatakna jalur depan 
adalah jalur yang terdekat dengan kota yaitu kelurahan jati, sedangkan jalur 
belakang melalui tugafo yang terletak dibelakang kota (baca dibalik g 
gamalama).perbedaannya kalo dari jalur belakang bapak bisa langsung dapat 
puncaknya karena jalur tersebut sudah di tubuh g gamalama. sedangkan untuk 
lewat jalur depan bapak harus melewati pegunungan dengan 2 puncak (g gamalama 
puncak ketiga). 

kalo bapak ingin ke cengkeh afo bapak lewat jalur depan aja karena jalur ini 
melewati cengkeh afo. 

kapal rute manado - ternate - manado ada 2 yaitu intim teratai dan teodora. 
intim teratai manado - ternate jam 5 setiap hari rabu dan teodora setiap hari 
senin dengan jam yang sama. ternate - manado intim teratai setiap hari sabtu 
dan teodora setiap hari jumat jam 2.

ok....selamat berlibur.....


KIKA


----- Original Message ----
From: P. D. Negara <[EMAIL PROTECTED]>
To: [email protected]
Sent: Sunday, October 14, 2007 12:03:37 PM
Subject: [indobackpacker] SOS: INFO TERNATE

Kawan-kawan tolong dong, saya akan melakukan perjalanan ke Manado dan ternate, 
dari arsip milis ibp, saya telah mendapati beberapa data, namun kurasa ada yang 
belum lengkap, mohon bantuan info kawan-kawan yang sudah pernah kesana tentang 
beberapa hal:

1. Rute penerbangan Surabaya-Ternate yang langsung Merpati dan Lion, benar 
ya.......... ? Kalau penerbangan ke Manado say coba cari-cari memang gak ada ya 
rute Garuda Surabaya-Manado? (Rasanya ngeri ingat-ingat Adamair, he......3x)


2. Sebaiknya mana dulu dalam melakukan perjalananin, dari Surabaya apa ke 
Manado dulu baru sambung Ternate atau sebaliknya dari Surabaya ke Ternate dulu 
baru sambung ke Manado....?? Ada saran? Perjalanan saya tidak ada target 
dikejar waktu, jadwal yang atur dan kendalikan saya sendiri.

3. Bebera data hotel sudah saya kantongi, yang kutemukan di Ternate rata-rata 
harga antara 200 - 300 ribu..., saya pengin cari yang lebih murah berkisar 
75-150 ribu bolelah, tidak perlu hotel, losmen, atau home stay OK-lah, soal 
tidur bukan masalah bagi saya yang penting aman dan bersih (nyaman juga ya...), 
syukur-syukur ada home stay. soalnya yang penting bisa berhemat (kan dokunya 
bisa untuk keliling-keliling Ternate) dan bisa berinteraksi dengan masyarakat 
sekitar. Kalau guest house Mitra Karya belakang Kedaton rate-nya berapa 
ya....???

4. Dari Bandara Babullah Ternate kalau ke kota atau penginapan ada ojek 
tidak??? berapa tarip ojek ke kota (tengah kota)?

5. Kalau saya mau ke cengkeh Afo, berapa lama perjalanan, haruskah menyeberang 
pulau, bisa kasih ancar-ancar biaya?

6. Pemandangan dibalik uang Rp. 1000,- (Maitara dan tidore) itu rutenya gimana? 
Jauh dari Ternate?

7. Kalau saya mau mendaking Gunung Gamalama, bisa ditempuh berapa jam/lama.... 
., bagaimana rute ke desa Moya? berapa kira-kira rate yang saya perlukan, 
adakah pemandu?

8. Sekarang tentang Manado, dari arsip IBP kutemukan hotel unique Inn kalau tak 
salah, taripnya bolelah..... , berapa ya jarak dari Sam Ratulangi ke Hotel 
unique itu? ada ojek gak ya....???? Tujuan saya ke Manado diantaranya ke 
Bunaken (konon kalau ke Manado jangan lupa Bubur, Boulevard, Bunaken), nah 
karena sendirian gimana tuh rute ke bunaken, dalam arti katanya boat ke bunaken 
berkisar 500ribu satu boat, apa ada boat omprengan ya..... yang ngetem nunggu 
penumpang, senandainya bermalam di Bunaken ada home stay backpacker-an yang 
murmer, bersih aman nyaman :-)

9. Tolong dong info pesawat Manado-Ternate, juga sebaliknya.. .. terimakasih. 
......

Sekali lagi terimakasih atas atensinya dan mohon maaf atas pertanyaan borongan 
ini

Zainal Abidin - Nurul Arifin - mohon maaf lahir dan batin; mangan kupat ketiban 
cendelo, menawi wonten lepat nyuwun ngapuro..... ....... 

Salam,

-Purnawan-

[Non-text portions of this message have been removed]




__________________________________________________
Do You Yahoo!?
Tired of spam?  Yahoo! Mail has the best spam protection around 
http://mail.yahoo.com 

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke