Numpang sharing yaks.. Agak2 panjang euy.. Jika gak dibaca, lgnsng apus yak.. Hehehe... Salam, ----
JOSS!! This is my next journey; Ekspedisi Pantura Pulau Jawa – Bali. Aku cukup seneng dengan journey-ku ini dan bener-bener SURE-PRICE !! :D Kenapa? Gini..gini, Awalnya kan aku dah ngerencanain liburan Lebaran tgl 12 – 16 Oktober ini that is aku akan ke Cianjur, ke kampung t4 teman aku sekuliahan dulu. Pengen barengan dia ikutan pulkam, then sebalik dari sana ku kan berkelana lagi *hallah..berkelana niyee..pret..:P ke Pelabuhan Ratu, Touring bareng Alumni kampusku..*Gini nih..kalo demennya suka jalan-jalan..:P. E'eehh..rupanya rencana itu berubah total sama sekali.. :D Keluarga abangku tiba-tiba ada agenda dadakan pengen liburan ke luar pulau Jawa; BALI!! Dan sebalik dari sana ntar singgah ke Blitar (t4 asal kampung istri Abang Sepupuku). Biasa, setiap menjelang lebaran selalu saja dadakan dan tanpa sengaja keknya dah tradisi selalu berlibur menjelang Lebaran. Aku, lalu diajak dan ditanyain. Ya, iyalah..siapa yang gak mau, apalagi diajakin..:P denger kata Bali dan pergi naik mobil aja, aku langsung jingkrak-jingkrak dan bener2 jadi tebenger. Dah gitu, bakalan exciting dan lebih berkesan kan kalo bepergian lewat darat dan gretongan pulak!..:D *mayan coy, duit gak banyak keluar..Hehehe..Eh, dalam perjalanan kita ini, bayi berumur 3 bulan ikutan juga loh.. Yess!! Berangkat malem jam 9an dari Tangerang, dua mobil mengangkut tiga keluarga. Yuuhhuuyy, dengan bekal siap grak..!!*haallah..gue lgnsung ikutan.. Anyway, sepanjang perjalanan melintasi Jalur Pantura (Pantai Utara) Pulau Jawa mobil dengan kecepatan rata-rata 80 – 110 km/jam bener-bener lancar..*ya' iyalah, wong pas malem Takbiran dan besoknya dah Lebaran..dan jalanan kosong.. Dari Jakarta – Cikampek – Cirebon – Brebes – Tegal – Pekalongan – Semarang – Demak – Pati ..trus..trus…*lupa lagi kotanya..soale dah malem perjalanannya..molor dimobil..hahaha…ke Rembang – Kudus…dan bnyk kota2 lainnya..hingga tibalah akhirnya di Tuban, Jawa Timur, nginep di salah satu hotel di bilangan Jend. Sudirman. Hhhmm.. Hotel yang quite expensive nurut ku...udah gitu, lelah euy ampe naek ke Lt. 3. Huh !! Capek coy!! :D. Tapi gpp,sing penting bisa istirahat bentar! :D Tau gak? Along the trip, aku bener-bener menikmati pemandangan pantai di sebelah kiri tanpa batas mata memandang dan hamparan persawahan dan tegaknya pegunungan di sebelah kanan.. Aku bener-bener terpesona bahwa sepantasnya kita kudu bersyukur pada Keagungan Illahi..*sok religius and bijak mode on.. :P. Asli!! Apalagi disepanjang jalan setelah Tuban, trus jelajah lagi .- kota Babat – Lamongan (eh, sempet mampir makan malem, Soto Lamongan asli..!! Sluurrrpp..Hehehe..) – Gresik – Surabaya (jalur tol coy!, biar lancar.. :P), trus..kita sempet ngelintasi jalur daerah yang terkena peristiwa Lumpur Lapindo, di Porong..Duh, sedih euy ngeliat lokasi di sana.., then ke Sidoarjo..Wah.. sepanjang jalan bebas ini..bener-bener kotanya..tertata rapi..tatanan kotanya apik rek. Sayang, malem hari…jadinya gak bisa ngelihat permadani alam sampe jauh dari mobil..Pokoke, aku bener-bener ngalihin mata bentar-bentar ke kanan..bentar-bentar ke kiri.. :D Malem hari, tibalah kami di satu t4 penginapan bernama Hotel Saragi. Mayan keren loh..*promosi dot kom..:P. Adanya di bilangan jalan raya menuju Situbondo, Kraksaan - Probolinggo. Jarang-jarang nih denger hotel ada di daerah Pulau Jawa dimiliki orang Batak..*hallah, etnosentrik nih! :D.. Kebetulan, pemiliknya adalah temen deket abang sepupuku dulu saat maen pistol-pistolan waktu kecil..haallaah..Wah..Nyampe deh kita jam tengah 12an malem disana, tinggal booking..molor deh..and berharap menanti fajar harapan esok harinya ngelanjutin ekspedisi yang masih tersisa...*preett..:D Qey!! Ekspedisi trus berlanjut hingga menyusuri kota Situbondo – Paiton (Click!, disini kita bisa ngelihat Pusat PLTU, sbg penyuplai pasokan tenaga listrik kalo listrik daerah Jawa mati total!!), wah..gagah man gedungnya, dah gitu..di tepi laut lagi..ck..ck..ck..manteb! :D Oiya, di sini juga kita ngelintasi indahnya Pasir Pantai Putih – Situbondo.. Keren! Perahunya unik-unik.. Then kita sampai menuju Banyuwangi, the LAST expedition city of Java!! Eh, kita tergoda nih mampir di pantainya deket pelabuhan penyebrangannnya. Pantainya cukup bagus.. Pasirnya item, pohon kelapanya banyak disekitar pantai itu, anginnya cukup kenceng..daun kelapanya melambai-lambai dihempas angin laut kencang disana…;-P Foto-foto dah disana :D. Then, Ketapang, Jalur penghubung antara Pulau Jawa dan Bali dengan nyebrang cuma 15an menit. Selama nyebrang, kita tidak ada masalah..Mengingat cuma bentaran doang..*yaahh, cuma 15 menit gitu loh..jadi gak gitu bosen.. Cuma pas udah nyampe di Gilimanuk-Bali kita melaju terus ke t4 penginapan kita...jaauuuhh juga euy..jalanannya kelak-kelok naik-turun, jadi tandingan kecil P. Siantar – Parapat deh :D Selama perjalanan di sini, hari kian gelap.. Tep!! Tibalah akhirnya kita di lokasi penginapan di daerah Jimbaran ! Deket Jl. By pass Ngurah Rai.. Yaahh..even kita tinggal di Bungalow, dengan terpaksa kita siap huni.. Ya'iyalah..wong semua t4 penginapan di lokasi mana-mana sudah full booked!! Penuuuh dengan tumpah ruah turis2 lokal..Musim lebaran kali ini Bali penuh dengan tumpah ruah wisatawan domestic.. Yg ada di depan mata gue..*hallaahh..preett.. keknya banyakan berasal dari Surabaya, Exactly, Cina Surabaya! :D Hhhmmm… Selama di Bali, berikut Itenarary journey kita: Tj. Benoa – Uluwatu – GWK – Pantai Kuta (menyaksikan sang fajar permisi – sunset). The second day: Joger Store (aje gilee..bejibun nih org2 disini..padeett), Pantai Kuta (cuma mampir bentar sambil ngeliatin bule2 berselancar di siang bolong..panaasss..:D) – Legian (mampir lunch di pelataran area parkir, then kita jalan kaki deh ke sekitar Monumen Pengeboman Bali) – lanjut ke Sukowati (blanjablanja..ala emak-emak..borong2 bagi yg ngeborong..hahaha..) – Pantai Sanur – Balik deh ke penginapan.. Tau gak, dari semua journey kita, semuanya gak ada yang match dgn moment2-nya.. Kek ke Uluwatu, harusnya kan itu sore perginya..moment yang pengen di-captured tuh beautiful sunset-nya. Ini, kita perginya di terik hari.. Hahaha.. Kalo ke Pantai Sanur, harusnya pas subuh2 tuh..moment¬-nya untuk menyaksikan sunrise (matahari terbit).. Ini, malah kita perginya pas2 maghrib..Hahaha..Ngaco!! :D Pas ke Legian juga gitu, kita harusnya pergi2nya malam hari..kan lebih seru..*bilang ajah mupeng ama yang jep-ajep-ajep-ajep sama bule-bule di pub, cafe or discoutique ntuh. . hahaha..Iya dongs, kan asyiknya disana ntuh pas malem hari. Ini, kita malah peginya di terik hari bikin pusing kepala! :D. Yang ada cuma satu doang, that is pas moment of Kuta Beach sunset.. Itu juga lagi kurang bagus..awan kelabunya nutupin mataharinya euy pas mau say goodbye...jadinya gak romantic gitu..preeeeettt.. so, kurang ceraahh...:D Besoknya kita sepakati ke Tanah Lot..Yeah! Core icon-nya Pulau Bali, yang konon katanya kalo nggak singgah ke Tanah Lot gak ke Bali namanya..*apa dong.. au ah 'elap.. YESS !! Emang benerrr... Kita pergi kesana setelah check-out dari penginapan.. Wuuiiihhh... Toff markotoff coy.. Aslinya emang KEREN Tanah Lot itu berikut pantai2nya.. Tertata rapih dan bersiihh di sekitarnya... Pas kek di tipi-tipi ntuh.. haalllahh..:D Asli!! Emang keren...Ada Pura terbentuk dari karang dan bebatuan keras semua yg letaknya agak ketengahan dari pantai..*entahlah yah..aku gak bisa berkata-kata..kog bisa kek gitu yah..dengan penuh magic..unik..batu karangnya kokoh..hamparan pantainya luaassss..ombaknya berdesir menghantam karan-karang di sana..Semuanya terabadikan di foto-fotonya..*pasti di share kogs di MP-ku.. Hhhmmm... Pas pulang udah soreaan nih..Masih kita sempatkan dan mampir di tepi jalan menyaksikan sunset di Pantai Yehla di sepanjang jalan yg kita lalui, perbatasan Desa Tabanan dan Desa Jimbrana..ke arah Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk.It's so cooll !! Dan satu hal.. Pulang dari Pulau Bali mesti diinget yang ini; Bukan ke Bali namanya kalau, gak makan sea food di Pantai Jimbaran malem hari, menyaksikan sunset di Uluwatu, Kuta dan Tanah Lot, sunrise di Pantai Sanur, ke Ubud menikmati alam sejuk (kek-kek puncak gitu), terrasering persawahanan, alam pegununngan dan monkey forest..etc. Yg bikin lama di perjalanan pulang adalah, maceetttt..ngantri banget di Pelabuhan Gilimanuk.. Bayangin ajah, kita sampe di gerbang masuk pelabuhan sekitar jam 8an malem, baru bisa tembus ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi – Pulau Jawa pada pukul 3pagi.. Kita pulang lewat jalur seperti rute berangkat hanya pas di Probolinggo kita pilih arah Pasuruan, karena mau ke Blitar. Ck..ck..ck...Padat banget para pemudik pulang...Finally, itu pulak yang membuat aku harus cepat2 pulang, karena jatah cuti terlambat.. Jadinya, aku kagak jadi ke Blitar.. Terpaksa harus cepet2 balik naik pesawat..Hiks..Angus deh buat ongkos pesawat 400 rebu. Aku minta supaya di drop saja di Malang..*sebenarnya bisa ke Pasuruan, lebih deket ke Surabaya dan terbang dari Airport Juanda, tapi..emang pengen ajah maen ke Malang...Pas dah sampe di terminal Arjosari – Malang, aku berniat hendak pergi ke taman wisata Pemandian di daerah Wendit.. Hiks..Udah naek angkot nih...denger kabar, kata sopir angkot, taman wisata itu sedang ditutup dan direnovasi.. Huwaaaahh.. Gak kesampean deh.. Ya udah deh..akhirnya lgnsng naek bus Patas AC jurusan Surabaya.. Even jadual pesawat jam 5 sore, terpaksa emang cukup sekian berada di Malang..Hiks.. . Naik bus deh ke Surabaya, bayar 15 rebu..nyampe dalam 2 jam-an ke terminal Bungurasih, Surabaya.. Selama di sana, cuacanya paanaaasssssss…. Weleh, tambah pusing dah kepala..Pengen jalan-jalan ke kota jadi males..mayan walo cuma beberapa jam sebelum ke Bandara.. Hiks…Hiks… Ya udah deh.. Akhirnya aku sudahi deh journey-ku hari itu dengan naik Damri ke bandara..Bayar 10 rebu nyampe dalam 25 menit.. Di Bandara..daripada bengong..coba cari2 dan curi2 wkt manfaatin hotspot di sekitar ruang tunggu bandara sebelum boarding ke pesawat...Ops..ternyata ada.. Dan mayan kencang signal-nya...browsing deh… Hehehehehe… Akhirnya tibalah aku sampe rumah jam tengah 9 malem Jumat ini, 18 Okt 2007… Thanks God!! You blessed me during my nice journey!! …end of journey…22.55 WIB [Non-text portions of this message have been removed]
