Rasa panas itu dipercaya sebagi mekanis tubuh untuk "self destroy" guna mengakhiri penderitaan. Makanya kebanyakan org yg hilang di gunung, pas diketemukan biasanya dalam keadaan telanjang. Gw pernah melihat beberapa foto korban hilang dari tim SAR, ada yg gak pake baju, ada yg koloran doank.
Yang membantu banyak itu pelukan teman2, bukan selimutnya, you should thank them :) Orang yg kena hypotermia tubuhnya sudah tidak mengeluarkan panas, biar pake selimut satu kontainer juga bakal percuma, karena tidak ada panas yg disimpan oleh selimut. Yg bener emang ada orang sehat yg ikutan selimutan bareng korban, kalo bisa buka baju, kalo korbannya wanita mungkin gak sulit nyari volunteer :) Panas tubuh si orang sehat akan terperangkap selimut atau sleeping bag dan menghangatkan korban. Mudah2an gak ada korban seperti ini lagi. don >Nambah dikit.... >Waktu gw naik pangranggo di puncak mandala wangi, gw pernah ngalamin Hypotermia, setau gw sih dulu awalnya gw kedinginan pol, trus kemudian badan rasanya hangat bahkan sampe kepanasan hingga bawaannya pengen buka jaket plus main air, kesadaran gw juga hilang karena gw terus2an dipaksa temen2 untuk gak tertidur.Dalam kondisi realnya badan gw pas di sentuh temen2 udah dingin pol. saat itu gw dipaksa tetep menggunakan jaket 2 lapis, selimut tebel. plus pelukan erat temen.setelah berjam2 di peluk dengan jaket and selimut kondisi gw membaik and kesadaran gw muncul kembali. jadi gw pikir pertolongan dengan selimut tebel juga ngaruh kok dalam kondisi hypotermia, yang paling utama sih jangan sampe ybs tidur karena mulihin kondisi drop akan makin sulit saat ybs tertidur. >Itu aja info tambahan gw. moga bermanfaat.:) [Non-text portions of this message have been removed]
