Rasa panas itu dipercaya sebagi mekanis tubuh untuk "self destroy" guna 
mengakhiri penderitaan.
Makanya kebanyakan org yg hilang di gunung, pas diketemukan biasanya dalam 
keadaan telanjang.
Gw pernah melihat beberapa foto korban hilang dari tim SAR, ada yg gak pake 
baju, ada yg koloran doank.

Yang membantu banyak itu pelukan teman2, bukan selimutnya, you should thank 
them :)
Orang yg kena hypotermia tubuhnya sudah tidak mengeluarkan panas, biar pake 
selimut satu kontainer juga bakal percuma, karena tidak ada panas yg disimpan 
oleh selimut.
Yg bener emang ada orang sehat yg ikutan selimutan bareng korban, kalo bisa 
buka baju, kalo korbannya wanita mungkin gak sulit nyari volunteer :)
Panas tubuh si orang sehat akan terperangkap selimut atau sleeping bag dan 
menghangatkan korban.
Mudah2an gak ada korban seperti ini lagi.

don



>Nambah dikit....

>Waktu gw naik pangranggo di puncak mandala wangi, gw pernah
ngalamin  Hypotermia, setau gw sih dulu awalnya gw kedinginan pol,
trus kemudian badan rasanya hangat bahkan sampe kepanasan hingga bawaannya
pengen buka jaket plus main air, kesadaran gw juga hilang karena gw
terus2an dipaksa temen2 untuk gak tertidur.Dalam kondisi realnya badan gw
pas di sentuh temen2 udah dingin pol. saat itu gw dipaksa tetep
menggunakan jaket 2 lapis, selimut tebel. plus pelukan erat temen.setelah
berjam2 di peluk dengan jaket and selimut kondisi gw membaik and kesadaran
gw muncul kembali. jadi gw pikir pertolongan dengan selimut tebel juga
ngaruh kok dalam kondisi hypotermia, yang paling utama sih jangan sampe
ybs tidur karena mulihin kondisi drop akan makin sulit saat ybs
tertidur.

>Itu aja info tambahan gw. moga bermanfaat.:)


[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke