salam kenal juga.. :D

just info,, jika menilik trend di tahun2 sebelumnya, bromo tanggal 16
agustus malem hampir bisa dipastikan akan sangat ramai sekali..
karena biasanya tanggal 17 pagi ada upacara bendera, dan banyak bendera2
ditancapkan di area padang pasir dan kaki gunung bromo.. serta biasanya
harga vila/penginapan, sewa hardtop, kuda, dll. melangit juga.. hehehe..

kalau niatnya mencari view bromo, mending menginap-nya tanggal 17 agustus
malam.. sepiiiiii sekali, dan biasanya harga2 vila, hardtop, dan kuda bisa
dibanting-banting sampe murahh :D.. *pengalaman pribadi, hehehe..*

klo jalur ke bromo, paling enak memang lewat
probolinggo-tosari-cemorolawang, dengan menumpang bison seperti yang telah
diinfo rekan2.. alternatif kedua yang nyaman bisa via tongas yang arahnya
langsung ke penanjakan tanpa nyebrang lautan pasir..

untuk penginapan, yang paling memadai memang di cemorolawang.. selain ada
hotel2 seperti yang telah disebutkan rekan2 yang lain, banyak rumah penduduk
yang disewakan untuk dijadikan penginapan (pengalaman 2 tahun yang lalu,
sewa 1 rumah penginapan di tgl. 17 agustus malem dg kapasitas hingga 7/8
orang harganya Rp. 75.000,-.. padahal sehari sebelumnya harganya 200ribu :D)

Klo rombongannya banyak (>5) dan tidak berfikir mencari fasilitas wah di
penginapan, saya recommend menginap di rumah penduduk.. murah, relatif
bersih, dan bisa ditawar abisss...

beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan,,

- kalau mau makan, sebaiknya ditanyakan dulu harganya kalau tidak mau
di-"palak" :D

- saya belum pernah ke bromo naik bison sih, tp mungkin bisa menambah
kewaspadaan : pemberhentian terakhir jalur bromo via cemorolawang adalah
parkiran paling atas (dekat hotel cemoro indah klo tidak salah), tetapi di
tengah2 perjalanan kadang dihadang para pengendara hardtop dan memberitahu
bahwa ini pemberhentian terakhir.. sebaiknya minta terus saja, karena klo
naik hardtop dari tengah2 perjalanan mbayarnya bisa 2-3x lipat..

- selain kawah bromo, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara
lain.. ada ranupane, airterjun madakaripura, dan segara wedi anakan..

- klo ingin stay agak lama di bromo, mending cari penginapan-nya ya 15
malem.. klo hanya ingin semalam di bromo, lebih enak 17 malem.. hari2
sebelumnya bisa buat muter2 di malang, madakaripura, batu-malang, dll.. klo
16 malem terlalu crowded kayaknya..

kok jadi panjang ya? :D


gt dulu lah.. have a nice trip..



2008/8/6 uchi prikamurti <[EMAIL PROTECTED]>

>   First,
>
> Salam Kenal untuk semua teman-teman Baru saya di IndoBackpacker :)
> Telat banget nih, baru gabung di millist ini. Tapi ga ada kata terlambat
> kan yah ^_^
>
> Sekalian nih, ku mau cari2 n butuh info.
> Rencana tgl 15-18 Agustus besok mau ke Bromo.
>
> 
>


[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke