Minggu, 29 maret 09 pkl.09.30 berangkat dari ampenan mataram menuju ke sembalun (lombok timur) merupakan desa rute favorit pendakian bagi pendaki lokal.perjalanan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. kita akan memasuki kawaasan hutan lindung taman nasional rinjani (masih bisa dilalui alat transportasi). pkl.12.25 sampai di sembalun.memulai pendakian dengan perjalanan kaki. track tanah baskan ...setelah kira2 berjalan hampir 2 jam, kita berpapasan dengan para pengendara motor croash. hah.....apa mungkin mereka bisa sampai puncak?pikirku saat itu. sampai di pos 1 dalam keadaan hujan.sayangnya waktunya tidak sempat terdokumentasi.pos ini tidak ada sumber air,karena sangat jarang sekali dibuat menginap. pkl.16.25 sampe di pos 2 (keadaan masih tetap hujan).pos 2 berada di samping kiri jalur pendakian,kira2 50 meter.di tempat ini ada sumber air.untungnya kita ketemu dengan teman2 pendaki dari lombok timur, mereka 6 bulan sekali mendaki ke rinjani. jadi kami dikasih tahu sumber air yang agak tersembunyi dari pos, yang pasti kualitas air agak bersih daripada sumber air yang dekat dan bahkan ada plang sumber air di dekat pos 2. di tempat ini kita memutuskan untuk menginap, karena perjalanan ke pos 3 memakan waktu hampir 4 jam.jarang sekali di rinjani pendakian malam. pkl 19.30 mendirikan tenda super aneh.karena framenya sudah rusak.dan kita harus menyambung setiap frame itu dengan solasi (dijamin hilang kalau ada badai lewat).malam kita habiskan mengobrol ria dengan rombongan dari lombok timur dan rombongan lombok barat. dan lebih hebatnya lagi, mereka membawa dua linting cimenk sebagai salam perkenalan. ahh.....alangkah indahnya bob marley ku ini..... mereka juga memberi kita kulit ayam yang sudah digoreng lengkap dengan sambal khas lombok.....puuuugeeedeeeess.........hahhhhhh........... KUKUKURUYUKKK...........(salah ding, disini tidak ada ayam) senin, 30 maret 09 pagi yang indah, sekaligis pasti melelahkan..rombongan lain selalu menceritakan 7 bukit penyesalan padaku. hah..apa katamu?bukit penyesalan...menurut mereka kebanyakan dari para pendaki akan mengeluh ketiika melewati daerah ini, mau terus masih jauh, pulang juga masih jauh......tapi aku tidak gentar. dengan semangat yang hampir sama ketika aku melakukan pdkt dengan cewek(yang ini sangat serius), pkl 07.45 saya dengan rombongan dari lombok barat (rom.lombok timur berangkat duluan, tujuan merka langsung ke danau segara anak) kita berangkat dari pos 2 menuju camp sembalun plawangan.(track padang ilalang) pkl 10.08 sampe di pos 3. saya mendapatkan JAWABAN dari pertanyaan saya yang pertama.apa mungkin motor bisa sampe ke puncak?hahahahahaha...saya menjadi sangat superior."mereka tidak mungkin bisa melewati jalur ini. sebelum sampe di pos 3, kita akan melewati semacam jalur air yang kering, tebing berdinding batu yang terjal. setelah sekitar setengah jam kita beristirahat, perjalanan pun diteruskan. mulai dari track 3,track mulai terasa sangat sulit, karena lebih terjal.dan yang pasti, cerita tentang bukit penyesalan pun sebentar lagi akan jadi nyata.....dan.............hufff.....hufff.....hah....setan!track ini panjang sekali. aku hanya kuat sekitar 20 langkah, berhenti dan membuthkan lebih banyak kekuatan. dal hufhhhh.....hanya kuat 15 langkah.jalur kelihatan jelas...(jelas kemiringannya dan jauhnya maksudnya). ternyata orang2 lombok itu orrang2 yang jujur....aku laparrrrrr............................. to be continued dulu ya..........
