Minggu, 29 maret 09
pkl.09.30 berangkat dari ampenan mataram menuju ke sembalun (lombok timur) 
merupakan desa rute favorit pendakian bagi pendaki lokal.perjalanan memakan 
waktu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.
kita akan memasuki kawaasan hutan lindung taman nasional rinjani (masih bisa 
dilalui alat transportasi).
pkl.12.25 sampai di sembalun.memulai pendakian dengan perjalanan kaki. track 
tanah baskan ...setelah kira2 berjalan hampir 2 jam, kita berpapasan dengan 
para pengendara motor croash. hah.....apa mungkin mereka bisa sampai 
puncak?pikirku saat itu. sampai di pos 1 dalam keadaan hujan.sayangnya waktunya 
tidak sempat terdokumentasi.pos ini tidak ada sumber air,karena sangat jarang 
sekali dibuat menginap.
pkl.16.25 sampe di pos 2 (keadaan masih tetap hujan).pos 2 berada di samping 
kiri jalur pendakian,kira2 50 meter.di tempat ini ada sumber air.untungnya kita 
ketemu dengan teman2 pendaki dari lombok timur, mereka 6 bulan sekali mendaki 
ke rinjani. jadi kami dikasih tahu sumber air yang agak tersembunyi dari pos, 
yang pasti kualitas air agak bersih daripada sumber air yang dekat dan bahkan 
ada plang sumber air di dekat pos 2. di tempat ini kita memutuskan untuk 
menginap, karena perjalanan ke pos 3 memakan waktu hampir 4 jam.jarang sekali 
di rinjani pendakian malam.
pkl 19.30 mendirikan tenda super aneh.karena framenya sudah rusak.dan kita 
harus menyambung setiap frame itu dengan solasi (dijamin hilang kalau ada badai 
lewat).malam kita habiskan mengobrol ria dengan rombongan dari lombok timur dan 
rombongan lombok barat. dan lebih hebatnya lagi, mereka membawa dua linting 
cimenk sebagai salam perkenalan. ahh.....alangkah indahnya bob marley ku 
ini.....
mereka juga memberi kita kulit ayam yang sudah digoreng lengkap dengan sambal 
khas lombok.....puuuugeeedeeeess.........hahhhhhh...........
KUKUKURUYUKKK...........(salah ding, disini tidak ada ayam)
senin, 30 maret 09
pagi yang indah, sekaligis pasti melelahkan..rombongan lain selalu menceritakan 
7 bukit penyesalan padaku. hah..apa katamu?bukit penyesalan...menurut mereka 
kebanyakan dari para pendaki akan mengeluh ketiika melewati daerah ini, mau 
terus masih jauh, pulang juga masih jauh......tapi aku tidak gentar. dengan 
semangat yang hampir sama ketika aku melakukan pdkt dengan cewek(yang ini 
sangat serius), pkl 07.45 saya dengan rombongan dari lombok barat (rom.lombok 
timur berangkat duluan, tujuan merka langsung ke danau segara anak) kita 
berangkat dari pos 2 menuju camp sembalun plawangan.(track padang ilalang)
pkl 10.08 sampe di pos 3. saya mendapatkan JAWABAN dari pertanyaan saya yang 
pertama.apa mungkin motor bisa sampe ke puncak?hahahahahaha...saya menjadi 
sangat superior."mereka tidak mungkin bisa melewati jalur ini. sebelum sampe di 
pos 3, kita akan melewati semacam jalur air yang kering, tebing berdinding batu 
yang terjal.
setelah sekitar setengah jam kita beristirahat, perjalanan pun diteruskan. 
mulai dari track 3,track mulai terasa sangat sulit, karena lebih terjal.dan 
yang pasti, cerita tentang bukit penyesalan pun sebentar lagi akan jadi 
nyata.....dan.............hufff.....hufff.....hah....setan!track ini panjang 
sekali. aku hanya kuat sekitar 20 langkah, berhenti dan membuthkan lebih banyak 
kekuatan. dal hufhhhh.....hanya kuat 15 langkah.jalur kelihatan jelas...(jelas 
kemiringannya dan jauhnya maksudnya). ternyata orang2 lombok itu orrang2 yang 
jujur....aku laparrrrrr.............................
to be continued dulu ya.......... 

Kirim email ke