hei Uka,  aku kemaren ke Kota Kinabalu ....dan bener2 amazing very2 
beautiful...kalo di Kotanya sih biasa aja ga ada apa2 kecuali seafood enak dan 
murah tapi objek2 wisata sekitarnya luar biasa....kalo 4 hari di KK mbak bisa 
coba ekskursi ke sini :

1. Loh Kawi Wild Park = Kebun Binatang
2. Tunku Abdurahman Park = diving
3. Monsopiad Village = melihat kebudayaan lokal suku KADAZAN

kalo mbak ada facebook bisa add saya : [email protected]; disana ada foto2 
Kota Kinabalu -Sabah dan Brunei

untuk objek wisata juga bisa diliat disini untuk Sabah : 
http://www.sabahtravelguide.com/home.asp?page=mapguide

bisa diklik tempat2 yang dikunjungi...tapi jika hanya 4 hari prioritaskan di 
tempat2 yang dekat Kota Kinabalu

Untuk Sabah, bebas visa sama seperti Malaysia, Brunei juga bebas visa dan dapet 
ijin tinggal slama 14 hari

Untuk hostel ada banyak di KK dan BSB , untuk KK rata2 untuk single room 
backpacker hotel = 50 RM ; untuk BSB , backpacker hostel termurah yang bukan 
dorm hanya satu disana setau saya yaitu KHSoon Backpacker hotel (30 BND per 
room non attached bathroom), kalau mau yang lebih murah ada dorm Belia hostel 
10 BND per bed tapi tidur di barak ala militer dan cukup jauh dari pusat kota


Untuk transportasi :

1. Mount Kinabalu Park : 
pergi = ambil minivan dari jalan Padang yang menuju Ranau; 15 RM  ,berangkat 
bila sudah penuh ,sebaiknya berangkat pukul 7-8 pagi
pulang = stop di depan gerbang Kinabalu, bus ato minivan menuju KK/Inanan = 15 
RM juga

2. Monsopiad Village :
pergi = ambil bus 13 dari jalan Padang menuju ke arah penampang , turun di 
Donggongon = 2 RM kemudian dari sana ambil lagi minivan ke arah kampung 
Monsopiad = 1.5 RM

pulang = sama stop minivan ke arah Donggongon dari depan kampung kemudian ambil 
bus 13 dari terminal Donggongon

3. Loh Kawi Wild Park
pergi =It is advisable to get the phone number of the taxi driver or arrange
pickup from the park at a set time to go back to Lok Kawi as there are
no taxis or buses at the park. Alternatively pay some RM80-100 to have
a taxi take you there from Kota Kinabalu and back.
( based on wikitravel, saya sendiri ga kesini )

4. Tunku Abdurahman Park
pergi = Travel to the TAR Marine Park is easy as hourly speedboat rides can be 
caught at the Jesselton Point Ferry Terminal in the northern end of Kota 
Kinabalu,
along Jalan Fuad Stephens. Once inside the terminal, pick from one of
the tour boat companies who will all call out for your attention.
Prices are fixed: It costs RM17 per person for each island visited
(return to Jesselton Point included). A compulsory Tariff Fee of RM6 pp
must also be paid at the Jesselton Point Terminal before departing. A
RM10 pp Environmental Conservation Fee is payable upon arrival to the first
island of the day visited (some unscrupulous vendors collect the RM10
fee prior to departure, pocketing the money). Each additional island
you want to visit will cost an extra RM17 pp. Boats depart every hour
to the island of your choice, with earliest departure at 7:30am and
last departure at 4:30pm. You can choose to spend as little as an hour
on one island, or all day, or hop in between islands depending on how
many trips you purchase at the terminal. The trip takes 15-20 minutes
depending on the island.


Untuk Brunei

menuju kesana ;cara tercepat dan terefisien

-  book ferry dari jeselton ferry terminal ke arah Muara , Brunei Darussalam; 
total cost 53 RM ; mbak akan dapat 2 tiket :
1. KK - Pulau Labuan
2. P.Labuan - Muara, Brunei

Jangan beli terpisah; kalau terpisah , ntar mbak akan bayar tiket 1 = 34 RM, 
tiket 2 = 35 RM ; jatuhnya lebih mahal

ntar di Labuan .mbak bayar lagi tax fee = 5 RM

Sampai di Muara, mbak ambil bus di depan ferry terminal ke arah BSB , jangan 
naik taksi mahal, bus = 2 BND ( ket 1 BND = 1 SGD = 7000)

di BSB , objek2 wisata rata2 bisa dikunjungi dengan bus ato berjalan kaki

1. Mesjid Omar Ali = jalan kaki dari pusat kota , dekat
2. Kampong Ayer = hire boat = 15 BND untuk 1-2 jam ; bagus kalo ada turis lain 
ajak share aja...saya share dengan 2 turis lain dari Phillipines
3. Brunei Muzeum = ambil bus no 39 dari terminal bus BSB , 1 BND ; baliknya sama
4. Royal Regalia Muzeum = jalan dari pusat kota dekat
5. Temburong district = ambil ferry kecil dari BSB jetty = 6 BND one way ; 
reccomended bisa merasakan lewat sungai yang berkelak kelok ala labirin

disana kalo ada dana tambahan bisa ambil tour ke Ulu Temburong park = +- 115 
BND ( saya ga ambil karena mahal dan ga ada pilihan lain kesana selain book 
tour )


nb : kalau kurang silahkan japri, mumpung masih lekat di ingatan nih...baru 2 
minggu yang lalu Borneo circuit dari Sabah-Brunei-Sarawak-Kalimantan
                           

--- On Mon, 6/15/09, Uka <[email protected]> wrote:

From: Uka <[email protected]>
Subject: RE: [indobackpacker] Info tentang Brunei Darussalam
To: "'Rio Indrawan'" <[email protected]>
Date: Monday, June 15, 2009, 1:40 AM




Hi Rio,
 
Namaku UKa, salam kenal ya.
Selama ikutan IBP, sepertinya agak jarang ya yg posting
pertanyaan/pengalaman ttg Kinabalu/Brunei. Beberapa hari ini aku
tertarik dgn Kota Kinabalu & wisatanya apa aja di sana, tp sepertinya
yg utama hanya naik ke Gunung Kinabalu ya? Kebetulan lagi search & ternyata
ada yg menyebut kota ini di IBP (meskipun awal nanyanya ttg Brunei
sih.... :-D).
 
Kalo kira2 aku ada waktu 4 hari (udh termasuk PP), cukupkah ngiderin
wisata Kinabalu (ga termasuk naik gunungnya) + Brunei? Untuk biaya hidupnya
sendiri aku blm ada referensi (brp ongkos mkn/angkutan lokal -adanya info ongkos
taksi ke wisata Gunung Kinabalunya), jadi baru dari imel ini dpt informasinya.
Kalo hostel, ada beberapa nama dr beberapa website, tp kebetulan blm sempet liat
review/testimonialnya sih, hehehe....
 
So, boleh tau pengalaman ke Kinabalu-Brunei kmrn gmn? Visa on arrival aja
kan yah?
 
Thanks in advance.
Salam,
UKa


Kirim email ke