Dear All
Sekedar share pengalaman apply visa Schengen via Swiss Embassy. Saya apply Schengen Visitor Visa. Informasi detail mengenai apply Visa Schengen via kedutaan Swiss di Jakarta bisa di lihat di : http://www.eda.admin.ch/eda/en/home/reps/asia/vidn/ref_visinf/visidn.html Saya submit semua persyaratan yang tertera disitu http://www.eda.admin.ch/etc/medialib/downloads/edactr/idn.Par.0050.File.tmp/ Visit%20Visa.pdf yaitu: 1. Passport 2. Isi form aplikasi Schengen Visa 3. 2 lembar photo terbaru (ukurannya bisa refer ke http://www.eda.admin.ch/etc/medialib/downloads/edactr/idn.Par.0047.File.tmp/ Schengen_Photo%20requirements.pdf 4. Itinerary Flight confirmation (dapat promo Emirate JKT-ZURICH-JKT: US$800) 5. Invitation letter dari Host di Swiss plus photo copy passport Guarantor 6. Copy bank statement (copy tabungan: saya serahkan seadanya, karena saya punya beberapa account jadi copy tabungan yang saya serahkan kondisi saldonya kurang dari 10Jt) 7. Reference letter dari tempat kerja 8. Mengisi Declaration of Guarantee form (VERPFLICHTUNGSERKLARUNG) yang harus di submit oleh host kita di Swiss ke immigration authority disana 9. Travel insurance (saya pakai Travel Safe dari ACA bisa dibeli di Bayu Buana Travel atau bisa cek di websitenya mereka di: www.travelsafe-aca.com ) Akhir Juni saya serahkan applikasi visa beserta semua persyaratan ke kedutaan Swiss di Jl. Rasuna Said Kuningan. Sebelumnya saya telp jam berapa sebaiknya saya datang, si mba staff kedutaan bilang lebih baik datang pagi sekitar jam 7 trus ambil nomor antrian di satpam (sebenarnya pintu pelayanan visa baru dimulai jam 9 pagi). Ternyata benar saja, jam 7:30 saya sampai depan pintu gerbang kedutaan swiss sudah banyak orang ngantri, waktu itu saya dapat antrian no. 5. Begitu masuk ruang Visa section, Cuma ada satu orang staff yang melayani, namanya ibu Marcela. Saya serahkan aplikasi, dia cek, dia konfirmasikan tanggal saya berangkat dan tanggal saya kembali ke Indonesia. Kemudian karena saya apply Visiitor Visa dan selama tinggal disana secara financial di guarantee oleh host saya, maka dia beri saya lembar Declaration of Guarantee VERPFLICHTUNGSERKLARUNG (ini form guarantee yang harus saya kirim via postmail ke guarantor saya di Swiss, dan setelah diisi data-datanya Guarantor saya harus menyerahkan form ini ke kantor immigration dimana dia tinggal di Swiss menerangkan bahwa benar dia akan meng-guarantee saya. Setelah itu kantor imigrasi di Swiss akan kirim kembali form tersebut ke kedutaan Swiss di Jakarta menentukan bisa tidak nya Visa saya di issued. Proses ini makan waktu maximal 2 bulan. Setelah form ini sudah dikirim kembali ke kedutaan Swiss Jakarta, saya harus datang untuk serahkan passport asli saya. Dari hari saya serahkan passport, saya harus tunggu 10 hari lagi sampai proses visa selesai. Akhirnya 31 Agustus yang lalu visa saya selesai, dan siap berangkat November nanti. Note: Tidak ada proses interview atau ditanya macam - macam yang menyudutkan atau mencurigai. Staff di visa section juga sangat ramah. Untuk mengupdate status visa saya biasanya email ke bagian visa di Email : [email protected] Berikut alamat lengkap Kedutaan Swiss di Jakarta: Embassy of Switzerland Jl.H.R. Rasuna Said Blok X 3/2, Kuningan Jakarta-Selatan 12950 Indonesia Phone +62 21 525 60 61 +62 21 520 74 51 Fax +62 21 520 22 89 E-Mail <mailto:[email protected]> http://www.eda.admin.ch/img/body/tp.gif [email protected] Demikian semoga info ini bisa berguna buat teman2 yang lain yang ingin ke Eropa via Swiss. Cheers Apple [Non-text portions of this message have been removed]
