Dear All

 

Sekedar share pengalaman apply visa Schengen via Swiss Embassy.  Saya apply
Schengen Visitor Visa. Informasi detail mengenai apply Visa Schengen via
kedutaan Swiss di Jakarta bisa di lihat di :
http://www.eda.admin.ch/eda/en/home/reps/asia/vidn/ref_visinf/visidn.html

 

Saya submit semua persyaratan yang tertera disitu
http://www.eda.admin.ch/etc/medialib/downloads/edactr/idn.Par.0050.File.tmp/
Visit%20Visa.pdf  yaitu:

1.     Passport 

2.     Isi form aplikasi Schengen Visa

3.     2 lembar photo terbaru (ukurannya bisa refer ke
http://www.eda.admin.ch/etc/medialib/downloads/edactr/idn.Par.0047.File.tmp/
Schengen_Photo%20requirements.pdf 

4.     Itinerary Flight confirmation (dapat promo Emirate JKT-ZURICH-JKT:
US$800)

5.     Invitation letter dari Host di Swiss plus photo copy passport
Guarantor

6.     Copy bank statement (copy tabungan: saya serahkan seadanya, karena
saya punya beberapa account jadi copy tabungan yang saya serahkan kondisi
saldonya kurang dari 10Jt)

7.     Reference letter dari tempat kerja

8.     Mengisi Declaration of Guarantee form  (VERPFLICHTUNGSERKLARUNG) yang
harus di submit oleh host kita di Swiss ke immigration authority disana

9.     Travel insurance (saya pakai Travel Safe dari ACA bisa dibeli di Bayu
Buana Travel atau bisa cek di websitenya mereka di: www.travelsafe-aca.com
)

 

Akhir Juni saya serahkan applikasi visa beserta semua persyaratan ke
kedutaan Swiss di Jl. Rasuna Said Kuningan. Sebelumnya saya telp jam berapa
sebaiknya saya datang, si mba staff kedutaan bilang lebih baik datang pagi
sekitar jam 7 trus ambil nomor antrian di satpam (sebenarnya pintu pelayanan
visa baru dimulai jam 9 pagi). Ternyata benar saja, jam 7:30 saya sampai
depan pintu gerbang kedutaan swiss sudah banyak orang ngantri, waktu itu
saya dapat antrian no. 5.

 

Begitu masuk ruang Visa section, Cuma ada satu orang staff yang melayani,
namanya ibu Marcela. Saya serahkan aplikasi, dia cek, dia konfirmasikan
tanggal saya berangkat dan tanggal saya kembali ke Indonesia. Kemudian
karena saya apply Visiitor Visa dan selama tinggal disana secara financial
di guarantee oleh host saya, maka dia beri saya lembar Declaration of
Guarantee VERPFLICHTUNGSERKLARUNG (ini form guarantee yang harus saya kirim
via postmail ke guarantor saya di Swiss,  dan setelah diisi data-datanya
Guarantor saya harus menyerahkan form ini ke kantor immigration dimana dia
tinggal di Swiss menerangkan bahwa benar dia akan meng-guarantee saya.
Setelah itu kantor imigrasi di Swiss akan kirim kembali form tersebut ke
kedutaan Swiss di Jakarta menentukan bisa tidak nya Visa saya di  issued.
Proses ini makan waktu maximal 2 bulan. 

 

Setelah form ini sudah dikirim kembali ke kedutaan Swiss Jakarta, saya harus
datang untuk serahkan passport asli saya. Dari hari saya serahkan passport,
saya harus tunggu 10 hari lagi sampai proses visa selesai. Akhirnya 31
Agustus yang lalu visa saya selesai, dan siap berangkat November nanti.

 

Note: Tidak ada proses interview atau ditanya macam - macam yang menyudutkan
atau mencurigai. Staff di visa section juga sangat ramah. Untuk mengupdate
status visa saya biasanya email ke bagian visa di Email :
[email protected]  Berikut alamat lengkap Kedutaan Swiss di
Jakarta:

 

Embassy of Switzerland 
Jl.H.R. Rasuna Said 
Blok X 3/2, Kuningan 
Jakarta-Selatan 12950 
Indonesia 
Phone +62 21 525 60 61 
             +62 21 520 74 51 
Fax       +62 21 520 22 89 
E-Mail  <mailto:[email protected]>
http://www.eda.admin.ch/img/body/tp.gif [email protected]

 

Demikian semoga info ini bisa berguna buat teman2 yang lain yang ingin ke
Eropa via Swiss.

 

Cheers

Apple

 

 



[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke