Mau menambahkan saja mudah2an bisa membantu.

Seingat saya jaket yang tidak tembus angin memang dibuat dengan bahan yang
sangat tipis dan ringan (saya pernah diberi merchandise dari salah satu
peserta lomba perahu Americas Cup), dan jaket tersebut dapat dilipat hingga
sebesar kepalan tangan manusia dewasa.  Tetapi jaket ini hanya nyaman
digunakan di daerah yang dingin dan berangin kecang, jika digunakan untuk
mengendarai sepeda motor khususnya di indonesia dengan iklim tropis yang
terjadi badan akan mengeluarkan keringat berlebihan (seperti sedang sauna)
dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Sebenarnya jaket yang cocok untuk mengendarai motor sudah ada dijual di
Indonesia biasanya berbahan kulit sebagai proteksi ringan bagi kulit jika
terjatuh dan bagian dalamnya digunakan kain khusus dengan design khusus yang
bisa memberi kenyamanan pemakainya dengan menjaga badan pada suhu normal
agar tidak mudah berkeringat. Selain itu dibeberapa bagian diberi padding
khusus seperti pada sikut dan bahu termasuk untuk tulang belakang.

Sayang jaket ini harganya dapat dikategorikan tidak murah lebih dikarenakan
jaket ini masih di import, tetapi mengingat kegunaannya yang dapat
melindungi pemakainya (dan pastinya tahan lama) saya rasa patut dimiliki.

Memang setahu saya produsen jaket lokal belum ada yang membuat jaket jenis
ini (CMIIW), yang ada mereka (para produsen lokal) baru bisa mencontek model
dan motifnya saja ... bahkan banyak produsen jaket lokal yang memalsukan
jaket tersebut, mungkin harus berhati-hati dalam membelinya.

Raswan

2009/9/16 Ambar Briastuti <[email protected]>

>
>
> On 15 Sep 2009, at 08:47, wendy  wrote:
>
> Dear mbak Ambar,
> Saya mau nanya nih, definisi jaket windproof itu gimana ya? Saya cari
> di wikipedia adanya tentang jaket waterproof/breatheable, kalau
> windproof saya nggak ketemu.
>
> Kalau jaket tahan angin untuk sehari-hari naik motor di dalam kota
> aja yg cocok apa ya? Saya pernah dengar kalau sering naik motor lama-
> lama bisa kena penyakit paru-paru basah, sedangkan pekerjaan saya
> mengharuskan banyak naik motor. Jadi saya ingin cari jaket yg
> setidaknya bisa menahan angin agar tetap sehat hehehe.. Oya kira-kira
> mulai berapa harga jaket seperti itu? Terima kasih.
>
> Regards,
> Wendy
> ==========
>
> Wendy,
>
> Nampaknya ada kesimpangsiuran istilah. Memang tidak ada jaket
> windproof, melainkan windbreaker. Ini juga hanya dikenal di Amerika
> Serikat dan Jepang, jadi kebanyakan produk darisana yang melabelkan
> windbreaker atau WindStopper (North Face). Sedangkan di wilayah UK
> atau Canada memakai istilah windcheater.
>
> Jaket itu tipis saja, dari bahan sintetis seperti nylon menyala
> (sebenere mirip bahan ponco), sengaja dibuat ringan. Biasanya ada
> kudung (hood). Jadi fungsinya sebagai lapis terakhir. Angin yang
> ingin dihindari adalah angin dingin, bukan badai angin. Angin dingin
> bisa saja sepoi2 tetapi  membuat suhu tubuh turun cepat, sedangkan
> badai angin lebih pada pergerakkan yang kuat dan cepat. Jadi desain
> windstopper/windbreaker emang bukan untuk sepeda motoran di negara
> tropis.
>
> Ada jaket windbreaker yang juga dibuat waterproof dengan dilapisi
> gore-tex. Saya ngga menyarankan dipakai di Indonesia yang panas.
> Walaupun menurut gore-tex sih katanya dibuat bisa bernafas, artinya
> mengalirkan keringat keluar tetapi tetep aja untuk standar saya masih
> terlalu panas dipake.
>
> Opini saya sih windStopper bisa aja dipakai, tetapi apakah efektif
> untuk sepeda motor saya meragukannya. Bukankah lebih perlu melindungi
> saluran pernafasan ketimbang bodi?
>
> ps: saya teruskan untuk rekan2 di milis indobackpacker
>
> Salam,
>
>
> Ambar Briastuti
> www.ceritaambar.com | Gtalk : ambar_briastuti | Gvoice +1 (408) 940-5013
> Adventures. Backpacking. Photography.
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke