Dari pertanyaan ini mungkin kita bisa menganalisa terhadap zakat kita dan
kewajiban yang harus dilunasi dahulu............  Apa Wajib Zakat Jika Hampir
Seluruh Penghasilan untuk Bayar Hutang  Selasa, 2 Okt 07 08:57 WIB

  Assalamualaikum wr wb
  Saat ini saya memiliki hutang yang harus saya bayar dengan hampir seluruh
gaji saya tiap bulannya. Apa saya masih diwajibkan untuk membayar zakat
penghasilan? Kalau dihitung-hitung memang penghasilan say sudah sampai senisab.
  Mohon penjelasannya ustadz.
  Jazakallah khairan katsiro
  Linwat
  Jawaban  Assaalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Di antara syarat harta yang wajib dizakati adalahbila harta itu terbebas dari
kewajiban untuk membayar hutang kepada orang lain. Atau disebut juga as-salamah
'anid-dain.
  Sebab hutang itu merupakan kewajiban yang harus ditunaikan. Bahkan seorang
yang mati syahid pun tidak bisa langsung masuk surga, kalau masih punya hutang.
  Dan boleh dibilang bahwa orang yang punya harta namun sekaligus punya hutang
yang harus dilunasi senilai dengan harta yang dimilikinya, sama saja dengan
orang yang tidak punya harta. Dan orang yang tidak punya harta, hukumnya tidak
wajib membayar zakat.
  Seorang yang sudah jatuh tempo untuk membayar hutang hukumnya wajib untuk
membayar hutang. Bahkan kewajiban zakat pun akan menjadi gugur. Karena pada
prinsipnya, kewajiban zakat itu hanya terbebani di pundak orang yang punya
harta secara sempurna. Adapun orang yang masih terbebani dengan pelunasan
hutang yang harus segera dibayarkan, meski dia punya uang, tapi pada hakikatnya
dia tidak punya harta.
  Syarat ini juga terkait dengan sifat harta yang wajib dizakati, yaitu harta
itu dimiliki secara sempurna. Bukan harta yang dimiliki secara semu. Dan
termasuk harta yang semu adalah harta yang kita miliki namun kita pada saat
yang sama, kita punya hutang senilai dengan harta itu.
  Wallahu a'lam bishshawab, wassaalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
  Ahmad Sarwat, Lc

Yahoo! oneSearch: Finally,  mobile search that gives answers, not web links.

Kirim email ke