From: "MundhiSabda Lesminingtyas" <[EMAIL PROTECTED]>

Miskin Tidak Harus Mengemis
Bagian 9
(Oleh : Lesminingtyas)

Walaupun sudah mengakui dosa karena telah membohongi saya, Pak Aloy tetap saja
tidak mau membuka kebohongan tersebut kepada saya. Esok paginya Pak Edy yang
menjabat sebagai pimpro mengajak saya berbicara empat mata "Bu, Pak Aloy sudah
mengakui dosanya. Sekarang apakah Ibu mau mengampuni kesalahan kami ?" tanya
Pak Edy.
"Dalam hal apa ? Kalau masalah Pak Aloy yang ngerjain saya kemarin, sudah saya
lupakan" jawab saya bersahabat.

"Lalu soal data kami yang tidak benar ?" tanya Pak Edy sambil memohon saya
untuk maklum.
"Ya, saya tetap akan mengampuni setelah teman-teman di sini bertobat" jawab
saya datar.
"Maksudnya bertobat apa, Bu ?" tanya pimpro
"Buat koreksinya sekarang juga  dan jangan sekali-sekali membuat data yang
tidak benar lagi!" jawab saya tak bisa ditawar
"Jadi, untuk kasus Matius dan Magda bagaimana, Bu ?" tanya pimpro masih saja
ingin mendapatkan kebijaksanaan.
"Sesuai kebijakan, kedua nomor tersebut harus dinonaktifkan dan diganti dengan
anak-anak lain yang lebih membutuhkan. Terserah dari mana proyek akan
mendapatkan dana, yang jelas hak Sumini dan teman-temannya harus dikembalikan.
Mengalihkan bantuan tanpa persetujuan yang bersangkutan untuk diberikan orang
lain yang tidak berhak, sama saja dengan mencuri" jawab saya tegas.

"Wah, kalau seperti itu, Ibu tidak bijaksana" kata pimpro agak tegang

"Sekarang terserah kalian ! Kalau mau jujur, patuh pada kebijakan dan aturan
main seperti dalam perjanjian kerja sama, kalian bisa dengan suka rela
menonaktifkan anak-anak yang tidak berhak. Kalau keputusan itu diambil, saya
akan membuat laporan sebijaksana mungkin. Tetapi kalau kalian tetap
mempertahankan kebohongan-kebohongan yang selama ini dilakukan, maka saya tidak
punya pilihan lain. Saya akan membuat laporan apa adanya dan terserah direktur
saya yang akan memutuskan apakah proyek ini dilanjutkan atau tidak" saya
memberikan opsi

"Apakah tidak ada pilihan lain, Bu ?" Pak Edy berusaha menawar

"Tidak ada lagi. Memang cuma ada 2 pilihan. Kalau teman-teman di sini jujur dan
kooperatif, percayalah bahwa saya akan memperjuangkan keberlangsungan kerja
sama proyek ini. Tetapi kalau teman-teman masih saja hidup dalam kebohongan,
apalagi mengambil hak orang lain, asal tahu saja ya, sayalah orang pertama yang
akan mengusulkan proyek ini ditutup sesegera mungkin"

"Kami mengerti Bu ! Tapi kami tidak berani mengosongkan nomor anak-anak dari
keluarga pengurus yayasan. Mereka itu khan atasan kami. Mereka sangat
menentukan nasib kami, Bu" kata pimpro memohon pengertian saya.

"Tapi akuntabilitas proyek juga sangat menentukan nasib kalian di sini lho !
Kalau  masalahnya hanya karena kalian nggak berani ngomong, itu sih gampang !
Yang penting kalian sepakat bahwa tindakan proyek itu merupakan pelanggaran dan
mulai sekarang tidak boleh terjadi lagi. Masalah dengan Pak Anton, saya akan
mencoba menyelesaikannya" saya berjanji.

Sebelum mengakhiri tugas audit, biasanya kami melalukan exit conference dengan
pengurus yayasan, staf pelaksana proyek dan badan perwakilan penerima bantuan
yang idealnya berfungsi mirip dengan DPR. Dalam pertemuan tersebut biasanya
saya akan menyampikan temuan-temuan audit dan bersama-sama dengan mereka
mencari solusi pemecahan untuk diusulkan kepada direktur saya di Jakarta. Namun
untuk tidak mempermalukan pengurus yayasan di depan para penerima bantuan,
terlebih dahulu saya mengajak Pak Anton untuk berbicara empat mata.

"Pak Anton, saya senang sekali bisa bersahabat dengan Pak Anton sekeluarga.
Saya berharap sebagai anak-anak Tuhan, kita terus bersaudara dan saling
mendukung" saya memulai pembicaraan. "Karena umur saya jauh lebih muda dari Pak
Anton, saya berharap Pak Anton bisa menjadi saudara tua saya. Kalau sekiranya
Pak Anton tahu saya punya kesalahan, saya ingin Pak Anton memberikan koreksi
dan masukan demi kebaikan saya. Sebaliknya kalau ada sesuatu yang sekiranya
kurang pas dengan Pak Anton, saya berharap Pak Anton mau menerima koreksi dari
saya; saudara seiman Pak Anton" lanjut saya.

"Tentu saja ! Saya senang kalau Bu Ning mau menjadi saudara kami" kata Pak
Anton "Saya akan senang kalau Bu Ning mau memberikan koreksi demi kebaikan dan
keberlanjutan kerja sama proyek kita" lanjutnya.

"Sebenarnya operasional proyek dan dampak pelayanan di sini sudah cukup bagus.
Dan saya akan melaporkan kepada direktur saya tentang hal-hal positif yang saya
temukan di sini. Tetapi supaya saya tidak berbohong dan membuat laporan palsu,
saya mohon bantuan Pak Anton untuk melakukan koreksi-koreksi sebelum pertemuan
dengan para penerima bantuan dilakukan. Yang pertama :  sebagaimana kita tahu
bahwa falsafah saluran air, dimana ketika menyalurkan air menjadi basah tidak
berlaku dalam kerja sama lembaga kita. Beberapa pasal dalam perjanjian kerja
sama menyebutkan bahwa keluarga pengurus dan staf pelaksana proyek tidak
diperbolehkan menerima bantuan. Oleh sebab itu, demi nama baik Pak Anton secara
pribadi dan juga nama yayasan, kalau Pak Anton tidak keberatan saya mengusulkan
nomor 234 dan 240 dikosongkan supaya bisa diisi oleh anak-anak lain yang lebih
membutuhkan. Menurut Pak Anton, bagaimana ?" saya berusaha mengambil keputusan
secara partisipatif.
"Kalau sekiranya itu akan membawa kebaikan dan kelanjutan kerja sama kita, saya
tidak keberatan" kata Pak Anton penuh kerelaan

"Yang kedua : soal bantuan atas nama Sumini dan beberapa anak lain yang ada
dalam daftar ini, sebaiknya segera dikembalikan sesuai haknya. Sebagai anak
Tuhan, kita tidak boleh menahan hak orang lain, apa lagi hak orang miskin" kata
saya pelan sambil menyodorkan selembar kertas berisi daftar anak-anak asuh yang
tidak menerima bantuan dengan semestinya.
"Tapi dana itu sudah terpakai, Bu" kata Pak Anton.

"Pak Anton masih punya kesempatan sampai besok untuk menyelesaikannya. Saya
berharap sebelum pertemuan dengan para penerima bantuan, dana pengganti itu
sudah ada. Saya tidak ingin membahas masalah penyimpangan proyek ini di depan
para penerima bantuan supaya kepercayaan mereka terhadap yayasan tidak hilang.
Saya juga tidak ingin melaporkan penyelewengan itu kepada direktur saya, kalau
saja Pak Anton bisa menyelesaikan masalah tersebut sebelum pertemuan besok"
kata saya

"Apakah Ibu tidak bisa lebih bijaksana sedikit dengan tidak mempermasalahkan
kejadian yang sudah berlalu dan kami berjanji tidak akan mengulangi kesalahan
yang sama" Pak Anton meminta kelonggaran.

"Saya hanya bisa bersikap bijaksana sebatas tidak mempermasalahkannya di depan
para penerima bantuan maupun melaporkannya kepada direktur saya. Tetapi hak
orang tetap harus kita kembalikan. Sekali lagi saya mohon pengertian Pak Anton.
Bayangkan saja seandainya Sumini dan teman-temannya itu adalah anak-anak
kandung kita" saya terus mendesak.
"Bagaimana kalau kami tidak bisa menyelesakannya ?" Pak Anton masih
mengharapkan kelonggaran dari saya.

"Mau tidak mau kita akan membahas masalah ini bersama perwakilan penerima
bantuan dan melaporkan apa adanya kepada direktur saya. Terus terang saya tidak
tega kalau Pak Anton harus membuat pernyataan di atas kertas segel kapan Pak
Anton akan menyelesaikan masalah itu. Oleh sebab itu saya mohon kerja sama Pak
Anton" kata saya tanpa emosi.

Setelah berbicara cukup lama, akhirnya Pak Anton menyanggupi "OK, saya akan
menyelesaikannya, asalkan Bu Ning bisa membuat laporan secara bijaksana" Pak
Anton berbanji.
"Saya akan berusaha Pak !" saya berjanji.
Saya sedikit lega karena permasalahan dengan Pak Anton sudah selesai, tinggal
bagaimana saya menyusun laporan supaya tidak menjatuhkan yayasan tetapi juga
tidak berbohong.

Saat exit conference digelar, saya berusaha berbicara dengan hati-hati. Pertama
kali saya menyampaikan hal-hal positif yang saya temukan. Kemudian saya
mengatakan bahwa ada beberapa anak yang tidak bisa saya temui karena pindah
tempat atau karena alasan lain sehingga terpaksa nomornya dikosongkan supaya
bisa diisi oleh anak-anak lain yang membutuhkan. Sebaliknya ada anak-anak yang
beberapa waktu lalu tertunda bantuannya, akan segera menerima haknya. Sayapun
segera membagikan daftar anak lengkap dengan angka-angka bantuan yang akan
segera dikembalikan oleh Pak Anton.

Selanjutnya saya memberikan catatan supaya para pengurus badan perwakilan
penerima bantuan semakin meningkatkan peran dan fungsinya.  Saya tegaskan bahwa
berfungsi tidaknya badan perwakilan tersebut dalam menyampaikan aspirasi
penerima bantuan serta partisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan,
monitoring dan evaluasi kegiatan serta dalam mengontrol pengelolaan keuangan
proyek sangat menentukan keberlanjutan proyek.  Tanpa harus membeberkan
penyimpangan yang telah terjadi, saya berharap dengan semakin berfungsinya
badan perwakilan penerima bantuan, bisa mengurangi kemungkinan penyalahgunaan
dana di proyek.

Setelah saya kembali ke Jakarta, saya hanya melaporan hal-hal positif yang saya
temukan termasuk usaha pengurus yayasan dalam penyelesaian masalah proyek.
Beberapa nomor anak saya usulkan untuk dikosongkan karena anak-anak tersebut
tidak ada lagi di desa dampingan yang telah disepakati. Selain membuat laporan
resmi kepada direktur, saya membuat catatan singkat untuk konsumsi program
officer yang akan bertugas melakukan supervise, evaluasi dan internal audit
selanjutnya. Kepada program officer di department saya, saya menyerahkan daftar
anak-anak yang perlu mendapat prioritas dikunjungi, yaitu anak-anak yang
bantuannya tertahan dan sejumlah dana yang seharusnya diterimanya untuk
verifikasi selanjutnya.