On 31/08/2004 at 5:24 PM "Indomisi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Idm: Lebih Luar Biasa adalah komentar anda yang mengatakan "Saudara sendiri yang sok benar."

Yohannes:
Jika Saudara tidak merasa sok benar, Saudara tidak bakal protes tulisan tentang nama Allah di atas.

Tambahan: Topik diskusi tahun 2004 yang lalu adalah Nama Allah, sedangkan topik di atas sengaja diganti menjadi Diskusi dengan Pdt. Jimmy Hadeli 31/08/2004.

Selamat yah bapak Yohannes anda memang bijaksana deh. Oh ya yang mayoritas belum tentu benar, semua terserah iman masing-masing. Kan Tuhan saya Yesus Kristus berkata : Jalan menuju ke Neraka besar dan luas, tetapi yang menuju Sorga sempit.

Yohannes:
Dan yang mayoritas itu pun belum tentu tidak benar, mayoritas Alkitab terjemahan di dunia ini menerjemahkan YHVH dengan LORD, justru banyak orang yang bertobat dan mengenal Yesus Kristus.

Tanya, apakah Saudara merasa sudah berada di jalan yang sempit?

Idm: Saya lebih heran sampai ada seorang seperti anda yang bisa berkata Hamba Tuhan dengan disuruh baca "pendeta" entah hikmat darimana tuuhh ???

Yohannes:
Kalo 'nggak mau dibilang pendeta, ya sudah, karena ada hamba Tuhan menjabat penginjil, guru sekolah minggu, dan lain-lain.

Coba saja tanya sama orang Yahudi, jangan tanya yang hanya bisa ibrani, apakah YHWH atau boleh juga YHVH itu diterjemahkan dengan Adonay, Kurios, Tuhan atau Allah!

Yohannes:
He he he he, jurus andalan kelompok pengagung nama Yahweh adalah dikit-dikit suruh tanya sama orang Yahudi, emangnya mereka pernah melakukannya sendiri? Saya 'nggak perlu tanya sama orang Yahudi, lihat sendiri bagaimana kalangan Yahudi menerjemahkan ayat ini:

Kejadian 2:4, "Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit," - "'ÊLEH TÔLEDÔT HASYÂMAYIM VEHÂ'ÂRETS BEHIBÂR'ÂM BEYÔM 'ASÔT YEHOVÂH 'ELOHÎM 'ERETS VESYÂMÂYIM"
Jewish Publication Society Old Testament, "These are the generations of the heaven and of the earth when they were created, in the day that the LORD God made earth and heaven."
The Living Torah by Rabbi Aryeh Kaplan, "These are the chronicles of heaven and earth when they were created, on the day God completed earth and heaven."
Tanach Stone Edition, © Mesorah Publications, Ltd. "These are products of the heaven and the earth when they were created on the day that HASYEM God made earth and heaven."

Lihatlah bagaimana YHVH diterjemahkan menjadi LORD dan HASYEM (nama itu) sedangkan Rabbi Aryeh Kaplan malah menghilangkan terjemahan nama itu.

Maka saya bilang bila YHVH bisa diterjemahkan sebagai Tuhan atawa Allah tentunya boleh menterjemahkan semua kata Tuhan/Allah dengan YHVH atau Elohim bukan ? Kalau boleh pasti di sinagoge Yahudi semua kata YHVH hilang diganti dengan Adonay yah !!! Sayangnya di Jakarta mayoritas Islam bukan orang Yahudi yah. Jadi sulit untuk ketemu orang Yahudi disana. Jadi rumus formula anda "yang mayoritas" pasti dominan tuh.

Yohannes:
Makanya saya heran, Saudara yang jebolan Teologia itu engga tahu kalo kata TUHAN dan Tuhan itu bukan berasal dari satu kata.

YÂH, YHVH, 'ADONÂY dan KURIOS diterjemahkan dengan TUHAN dan Tuhan, apakah dapat dibalikkan begitu saja Tuhan adalah YAH, Tuhan adalah YHVH? Belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar dulu, baru kasih komentar.

Untuk diketahui, saya 'nggak punya formula seperti yang Saudara tulis. Formula itu asalnya dari terjemahan LAI yang sudah diakui oleh mayoritas gereja yang ada, kecuali kelompok pengagung nama Yahweh yang menjiplak Alkitab LAI. Mereka mengubah-ubah sesuai dengan selera mereka tanpa mengecek dari salinan naskah asli, namun pembaca dibohongin bahwa mereka menerjemahkan berdasarkan naskah asli.

Yohannes: [OLD]
Sidarta Gautama bukan orang Yahudi, kalo pun ia 'ngomong tentang Tuhan, paling-paling yang dimaksud adalah 'ADONAY atau KURIOS.

Idm: Loooo ... kok anda menjadi kontradiksi seh? Menurut anda kan YHVH diterjemahkan sebagai Tuhan dan itu TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN "YAHUDI".

Yohannes:
Di mana letak kontradiksi itu? YHVH diterjemahkan oleh LAI dengan TUHAN, YAH dengan TUHAN 'ADONAY dengan Tuhan, KURIOS pun dengan Tuhan. Apakah Saudara seenaknya mengambil satu biji kata itu lantas membalikkannya menjadi Tuhan adalah YHVH? Makanya, belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar dulu, baru kasih komentar.

Sidarta Gautama tidak tahu tentang YHVH, silakan pelajari riwayat hidupnya, yang dicari sepanjang hidupnya adalah hakekat kehidupan bukan YHVH, bukan pula Tuhan. Sidarta Gautama tidak pernah mengklaim dirinya sebagai Allah atau sebagai utusan Allah.

"The Buddha emphasized that he was not a god nor the messenger of a god and that Enlightenment was not the result of a supernatural process or agency, but rather the result of a close attention to the nature of the human mind which could be rediscovered by anyone for themselves." (sumber: Wikipedia)

Puji Tuhan jika Siddharta Gautama pernah mendengar YHVH apalagi beliau bisa menggunakan Adonay.. Dahsyat reekk.. Dan Adonay menurut anda kan YHVH ? Kok bisa nyosor ke Adonay dan Kurios seh ? Baca dong komentar anda diatas ?

Yohannes:
Barangkali Saudara perlu pake kacamata yang pas untuk membedakan kata TUHAN (huruf kapital semua) dengan Tuhan (huruf T saja yang kapital). Silakan kutip kembali tulisan saya yang menulis bahwa 'ADONAY adalah YHVH, sebelum Saudara dianggap mengada-ada.

Yohannes: [OLD]
Idem.

Idm : Idem maksudnya sama bingungnya kah ?

Yohannes:
Idem artinya 'nggak perlu ditanggapi, karena tanggapannya persis sama dengan tanggapan sebelumnya.

Yohannes: [OLD]
Idem.

Idm : Bingung lagikah ?

Yohannes:
He he he, makanya jangan betah terus-terusan di Australia, 'ntar jadi kangguru beneran, lupa sama monyet yang ada di pulau Kalimantan.

Yohannes: [OLD]
Idem dan tulisan Saudara tentang gereja di Jakarta yang menyembah uang itu harus dibuktikan agar Saudara -- ingat, Saudara adalah hamba Tuhan (baca: pendeta) lho -- 'nggak dibilang nulis sembarangan tanpa bukti.

Idm : Lagi-lagi bingung kan ? Apakah anda bukannya salah satu Hamba Tuhan (baca Hamba Tuhan) ? Memang apa hubungannya Hamba Tuhan dengan pendeta ? Apakah buruk perkataan pendetakah ?

Yohannes:
Saudara kayaknya berpura-pura tidak mengetahui istilah populer hamba Tuhan. Bagi kalangan jemaat biasa, mereka jarang mau disebut hamba Tuhan. Tanya saja sama mereka, terutama jemaat kalangan awam seperti pemulung, supir bajaj, supir mikrolet, siapa yang disebut hamba Tuhan maka mereka akan menunjuk yang berdiri di belakang mimbar saat khotbah di gereja. Saya pun termasuk jemaat awam.

Bukankah Saudara sering berdiri di belakang mimbar dan berkhotbah di hari Minggu? Bagi jemaat awam, Saudara disebut pendeta, setidak-tidaknya penginjil, entahlah kalo ada istilah baru lagi di kalangan Kelompok Pengagung Nama Yahweh yang tidak mau lagi menggunakan istilah pendeta dan penginjil.

Yang saya tulis adalah contoh kalimat agar anda bisa membaca sesuai dengan terjemahan yang anda yakini. Kenapa ? Tersinggungkah ? Apa saya menulis sembarangan ? Yangmana tuh ? Bingung kan ????

Yohannes:
He he he, saya 'nggak pernah tersinggung karena tulisan-tulisan ala Saudara udah menjadi santapan sehari-hari.

Ini menurut yang saya belajar, walaupun belajarnya belum selesai. YHVH atau ada yang tulis YHWH di Alkitab LAI bagian kamus ditulis YAHWEH adalah nama Tuhan yang disembah Abraham, Isak dan Yakub dan tentunya YHWH adalah Tuhan yang disembah bangsa Israel.

Yohannes:
Kamus Alkitab hanyalah pelengkap, kamus Alkitab yang ada di belakang Alkitab LAI itu banyak bobroknya ketimbang benarnya. Jika 'nggak percaya lihat saja entry bulan di situ.

Bulan Penanggalan Ibrani kuno mulai dihitung dari musim rontok. Ada 4 nama bulan disebut dalam Perjanjian Lama:
bulan ke-1 Etanim -- (1Raj 8:2)

Lihat ayat yang dimaksud, 1 Raja-raja- 8:2, "Maka pada hari raya di BULAN ETANIM, YAKNI BULAN KETUJUH, berkumpullah di hadapan raja Salomo semua orang Israel."

Saudara check saja sendiri kelanjutannya, bulan ke-2 Bul (1Raj 6:38), bulan ke-7 Abib (Kel 13:4; Ul. 16:1). Apakah kamus Alkitab LAI itu dapat diandalkan jika entry seperti itu saja udah bobrok?

Jika kata "Yahweh" menurut anda dewa Yupiter dsb tolong dong minta LAI dihapus dari Alkitab terbitan mereka, kok pusing seh ?

Yohannes:
Saya tidak berhak berbuat demikian. Bukankah kelompok pengagung Yahweh juga 'ngotot minta LAI mengganti kata TUHAN menjadi Yahweh tetapi 'nggak digubris?

Konon -- menurut suatu sumber -- ada umat Muslim yang menyurati LAI agar mengganti kata TUHAN menjadi Yahweh, he he he, saya duga, barangkali umat Muslim ini disusupi kelompok penganggung Yahweh.

Adonai artinya adalah Tuhan(bisa juga sebagai Tuan, Majikan, yang disembah), kata Adonai dipakai ditujukan hanya untuk YHVH didalam bangsa Israel.

Yohannes:
Tidak tepat, kata 'ADONAY pun ditujukan kepada manusia selain dari YHVH. Silakan baca Kejadian 18:3, Ezra 10:3, Yesaya 21:8.

Kurios artinya Tuhan. Tuhan artinya Yang disembah. Allah adalah nama Tuhan pemeluk agama Islam, mungkinpula Muhamad memodifikasi kata YHVH menjadi Allah. Tetapi Allah sudah ada sebagai sebuah nama dewa bulan yang disembah sebelum Muhamad lahir. Jadi saya tidak pusing anda mo menyembah Allah atau tidak mengakui YHVH sebagai Tuhan Yesus Kristus sendiri itu semua bukan urusan saya.

Yohannes:
Saya mengakui YHVH tetapi tidak mengakui yang namanya YAHWEH, dan saya menyembah Allah yang ada di surga, saya tidak menyembah dewa bulan yang ada di Arab.

Saya hanya memberitahu yang kesekian kali bahwa YHVH tidak bisa diterjemahkan sebagai Tuhan, sebab Tuhan = Elohim.

Yohannes:
He he he he, sekarang saya yang dibikin bingung. Di atas Saudara tulis "Adonai artinya adalah Tuhan (bisa juga sebagai Tuan, Majikan, yang disembah), kemudian Saudara tulis pula Tuhan = elohim. Bakal terjadi tabrakan antara 'adonay dan 'elohim karena sama-sama diartikan dengan Tuhan.

Jangankan saya, barangkali yang membaca tulisan Saudara pun bingung, tadi bilang Adonay = Tuhan, kemudian Tuhan = Elohim, entahlah kalo pada kesempatan lain bakal berubah lagi.

Kata YHVH sudah diterjemahkan ke dalam aneka ragam bahasa, silakan cek sendiri yang namanya LORD (Inggris), HERR (Jerman), DIO (Italia), IHOWA (Maori), SENOR (Spanyol), GIEA-HOA-VA (Vietnam), DEUS (Latin), dan .... TUHAN (Indonesia).

Dan elohim diterjemahkan sebagai Allah di Alkitab LAI. Di Bible juga banyak diterjemahkan menjadi GOD the LORD, jelas sekali nama Bapa memang seolah lenyap. Andapun dengan terjemahan Tuhan, Allah, God dan Lord tidak akan menemukan nama YHVH bukan ? Kok anda justru ngotot bahwa YHVH adalah Tuhan, darimana anda mendapatkan kata YHVH? Bingung kan ?

Yohannes:
Kata YHVH ada dalam Alkitab 'nggak hilang koq, siapa bilang lenyap? Kata itu masih ada dalam Tanakh Ibrani dan saya punya Tanakh Ibrani sebanyak empat versi. Apakah Saudara temukan kata YHVH dalam KJV dan NIV, dua Alkitab yang paling populer di dunia ini? Jika tidak ada, apakah Saudara akan menuduh para penerjemah KJV dan NIV menghilangkan nama YHVH? Wah, saya jadi 'ngebayangin para penerjemah duduk di kursi terdakwa dan Saudara sebagai hakim di sono.

Saya 'nggak 'ngotot bahwa YHVH adalah TUHAN, kata TUHAN itu hanyalah sekedar terjemahan belaka, justru yang 'ngotot adalah kelompok pengagung nama Yahweh yang berusaha mati-matian mengubah kata TUHAN menjadi YAHWEH, kata YHVH menjadi YAHWEH, bahkan YAH pun diganti menjadi YAHWEH. Kalangan Yahudi sendiri 'nggak 'ngotot.

Yohannes: [OLD]
Nenek-nenek belum tentu mengerti tentang YAH, nenek saya cuman tahu 'ngomong Tuan Alah sambil menunjuk jarinya ke atas.

Idm: Tidak ada masalah dengan nenek anda mengucapkan Tuhan Alah, saya percaya jika beliau mengasihi Yesus pasti masuk Sorga. Nenek-nenek di Israel banyak yang mengerti tuh bahwa YHVH bukanlah TUHAN atawa ALLAH. Semoga Om Yohannes tidak bingung lagi.

Yohannes:
Nenek saya jelas masuk surga karena ia percaya kepada Yesus Kristus, ia percaya kepada Tuan Alah. Nenek-nenek di Israel jelas 'nggak 'ngarti tentang TUHAN karena kata itu tidak ada dalam bahasa Ibrani.

Tanya, apakah kakek-nenek Saudara menyembah YAHWEH?

Tuhan YHVH, Putra Yesus Kristus Tuhan, Roh Kudus(Roh YHVH) memberkati anda.

Yohannes:
Amin, syukur Saudara nulis YHVH dan bukan Yahweh. Kalo Saudara nulis YAHWEH, ucapan itu saya kembalikan lagi.

2 Yohanes 1:10, "Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya."

to : [EMAIL PROTECTED]

Bagi Saudara yang berdomisili di Amerika, saudara dapat bergabung
dengan mailing list Keluarga Kristen USA (KK-USA) dengan mengirimkan
email kosong ke [EMAIL PROTECTED] dan ikuti instruksi
yang ada.