Assalamu'alaikum
salam kenal
saya IBNU, mahasiswa salah satu PT di jogja,jurusan matematika.langsung aja,
saya masih belajar untuk migrasi ke linux, jadi di komputer saya ada 2 sistem
operasi, Windows (bajakan) & Linux. cuma pengen tau aja, gimana sih linux itu.
trus saya baca majalah info linux yang udah lama punya temen, pas itu saya baca
ada KPLI di jogja, saya catet aja alamat situsnya, mungkin suatu saat butuh
kalo ada masalah ttg linux. alhamdulillah sekarang beneran butuh :)
distro pertama yang saya pake Mandrake 10 Community, pinjem di rental.Kata
temen saya sih yang paling mudah instalasinya Mandrake, trus saya dipinjemin
sama temen saya majalah Linux Langsung Bisa ttg instalasi mandrake 9.1, yang
kata temen saya nggak beda jauh sama instalasi Mandrake 10. setelah diinstall,
alhamdulillah bisa dengan bantuan temen saya itu. tapi langsung ada masalah pas
waktu pengen nonton VCD (pake Totem),kebetulan saya nyimpen file DAT sebuah
film. pas disetel, nggak bisa :( , jujur aja langsung bete waktu itu.
akhirnya karena bingung,saya & temen nyoba nginstall video player yang lain
(klo nggak lupa, Xine).hasilnya sama aja..
saya nanya sm temen saya, dia bilang dia nggak tau gimana lagi.mungkin temen
saya itu juga br tau soal linux, tp dia lebih dulu tau beberapa bulan ketimbang
saya.
akhirnya mandrake-nya nggak saya apa-apain lagi, mending pake windows..
setelah 1 bln,nggak tau kenapa, pengen nyoba linux lagi. mungkin aja setelah
liat2 buku komputer di Toga Mas. akhirnya nyoba Fedora Core 3 (hbs liat buku
tip & trik Fedora Core 3). langsung minjem CD di rental, trus nyoba nginstall
sendiri setelah diajarin temen saya yg lain.alhamdulillah bisa..tp kok??
langsung kaget aja pas nggak ada suara yang keluar sama sekali.padahal
sebelumnya,Mandrake 10 keluar.akhirnya bete maning-bete maning...dah gitu,
drive-drive Windows nggak ada.
lalu nanya sama temen yg ngajarin nginstall fedora, gimana solusinya.kt temen
saya,klo soal suara yang nggak keluar,dia nggak tau gimana.klo soal drive-drive
Windows, katanya sih hrs di-mount, tp tetep aja saya nggak ngerti..akhirnya
sama kayak mandrake, fedora-nya saya cuekin..
minggu lalu, saya ke rental mo minjem VCD, iseng aja saya sekalian nanya Linux
yg baru apa? ternyata ada Suse Linux 9.3
saya bingung, mo nyoba linux lagi apa nggak.lalu saya mutusin nyoba lagi, pake
Suse 9.3.
berbekal pengalaman nginstall 2 distro sebelumnya, saya nyoba nginstall
sendiri. alhamdulillah bisa..
suara keluar.. lalu cek drive Windows, ada..cek nyetel musik??nggak bisa muter
mp3. tp saya pernah denger mp3 dipatenkan (klo nggak salah denger), jadi nggak
bisa diputer sembarangan (klo nggak salah denger juga, he..he..he..).trus skali
lagi klo nggak salah denger, format ogg bisa diputer, nggak ada masalah sama
paten.akhirnya saya kluar dari suse ke windows buat convert file-file mp3 saya
jadi ogg.
sesudah selesai convert,balik lg ke suse. cek nyetel musik,pake
ogg,alhamdulillah bisa :)
terakhir, cek nyetel VCD (pake Kaffein), pake file DAT yg saya simpen di
Windows,alhamdulillah bisa..tp herannya kok suaranya nggak keluar, cuma
gambarnya aja.tp ya udah lah,disyukurin dulu,masih mendingan ketimbang 2 distro
sebelumnya.
sekarang saya dah coba migrasi ke Linux (pake Suse 9.3) dikit-dikit, dah nyoba
Juk buat denger musik, nyoba OpenOffice Writer buat ngetik tugas, nyoba
OpenOffice Draw buat bikin logo, nyoba Gimp buat ngedit gambar, sama
game-game-nya..
tp tetep aja ada ganjelan klo belum bisa nonton VCD.akhirnya saya mutusin buat
gabung di milist KPLI jogja..sapa tau ada yg bs bantu (smoga........amin....!!)
jadi saya mohon bantuannya, untuk siapa aja.gmn sih supaya pas nonton VCD, bisa
kluar gambar plus suaranya
smoga Allah membalas dengan yang lebih baik, Amin...
skali lagi salam kenal
wassalam
---------------------------------
Start your day with Yahoo! - make it your home page
[Non-text portions of this message have been removed]
------------------------ Yahoo! Groups Sponsor --------------------~-->
<font face=arial size=-1><a
href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12h2um733/M=362329.6886308.7839368.1510227/D=groups/S=1705006580:TM/Y=YAHOO/EXP=1124877070/A=2894321/R=0/SIG=11dvsfulr/*http://youthnoise.com/page.php?page_id=1992
">Fair play? Video games influencing politics. Click and talk back!</a>.</font>
--------------------------------------------------------------------~->
"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/
Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
[EMAIL PROTECTED]
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/