Abah Agus wrote:
>   ... Solusinya reboot dalam kondisi Recovery (sebelumgrup loading tekan
> ESC, lalu pilih opsi kernel yang ada tulisaneRecovery Mode, ntar dia
> *semogabisa* masuk sebagai root), lalu silahkanedit pake nano atau vim ...
>
>
> Mas Alvon, saya masih belum  ngerti nih dengan  solusinya  (maklum lah
> ,newbi).
>
> Kasih tau dong sekalian perintahnya bagaimana cara pake nano atau vim.
>   
Hemm ... jadi begini, kalau anda melakukan instalasi ubuntu-nya nggak di 
dual-boot dengan windows, maka biasanya pas reboot ada bagian yang 
tulisannya "blahblahblah ... Press ESC for menu (kalo gak salah)*. Nah 
pas bagian itu muncul langsung tekan ESC, nanti anda akan dibawa ke 
daftar kernel yang ada. Pilih yang ada tulisannya Recovery Mode lalu 
tekan ENTER, kalau proses boot selesai, maka anda akan dihadapkan ke 
Shell root (bukan login screen grafis), biasanya tulisannya seperti ini :

root:~#[kursor di sini]

Sebelum mengedit xorg.conf ada baiknya kalo dibackup dulu --> cp 
/etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.bak

Nah setelah itu ketik saja vim /etc/X11/xorg.conf ... maka file 
xorg.conf akan muncul di hadapan anda. Setelah itu cari bagian yang ada 
kata DEVICE, lalu perhatikan bagian yang tulisannya DRIVER, kalau punya 
saya seperti ini (mirip2 lah, cuman saya pake VGA i915) Pake panah bisa 
turun aja ke bawah, ingat sebelum edit tekan dulu "i" atau INSERT kalau 
nggak nanti kacau hehehe ...

Section "Device"
        Identifier      "Intel Corporation Intel Default Card"
        Driver          "i810"
        BusID           "PCI:0:2:0"
        Option          "VBERestore"    "true"
        Option  "Clone" "true"
        Option  "MonitorLayout" "CRT,LFP"
        Option  "DevicePresence" "yes"
EndSection

PS: Bagian yang aneh-aneh OPTION cuekin aja hehehe ..

Ganti bagian DRIVER dengan "vesa", sehingga jadinya seperti ini:
        Driver          "vesa"

Setelah itu tekan ESC lalu ketikkan ":wq" (tanpa tanda petik, perintah 
ini bisa diterjemahkan menjadi w = write, q = quit, jadi tulis dan 
keluar dari ViM), restart komputer pake perintah reboot atau 
Ctrl+Alt+Del ...

Semoga berhasil ... :D

PS: Kalo pake nano lebih gampang sepertinya, perhatikan saja bagian 
bawah itu ada menu-menu bantuan, yang perlu diingat bahwa tanda ^ 
mengartikan tombol Ctrl(ex: ^X, maka anda menekan Ctrl+X)

Yak ... satu sks selesai :))

-- 
=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
Alvonsius Albert N
Programmer/Web Developer
PT Gamatechno Indonesia

"Do whatever you like, but remember to take care all the responsibilities" 

Currently Blog at http://alvonsius.blogsome.com



"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/

Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
 
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [EMAIL PROTECTED]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/
 


Kirim email ke