Abah Agus wrote:
> ... Solusinya reboot dalam kondisi Recovery (sebelumgrup loading tekan
> ESC, lalu pilih opsi kernel yang ada tulisaneRecovery Mode, ntar dia
> *semogabisa* masuk sebagai root), lalu silahkanedit pake nano atau vim ...
>
>
> Mas Alvon, saya masih belum ngerti nih dengan solusinya (maklum lah
> ,newbi).
>
> Kasih tau dong sekalian perintahnya bagaimana cara pake nano atau vim.
>
Hemm ... jadi begini, kalau anda melakukan instalasi ubuntu-nya nggak di
dual-boot dengan windows, maka biasanya pas reboot ada bagian yang
tulisannya "blahblahblah ... Press ESC for menu (kalo gak salah)*. Nah
pas bagian itu muncul langsung tekan ESC, nanti anda akan dibawa ke
daftar kernel yang ada. Pilih yang ada tulisannya Recovery Mode lalu
tekan ENTER, kalau proses boot selesai, maka anda akan dihadapkan ke
Shell root (bukan login screen grafis), biasanya tulisannya seperti ini :
root:~#[kursor di sini]
Sebelum mengedit xorg.conf ada baiknya kalo dibackup dulu --> cp
/etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.bak
Nah setelah itu ketik saja vim /etc/X11/xorg.conf ... maka file
xorg.conf akan muncul di hadapan anda. Setelah itu cari bagian yang ada
kata DEVICE, lalu perhatikan bagian yang tulisannya DRIVER, kalau punya
saya seperti ini (mirip2 lah, cuman saya pake VGA i915) Pake panah bisa
turun aja ke bawah, ingat sebelum edit tekan dulu "i" atau INSERT kalau
nggak nanti kacau hehehe ...
Section "Device"
Identifier "Intel Corporation Intel Default Card"
Driver "i810"
BusID "PCI:0:2:0"
Option "VBERestore" "true"
Option "Clone" "true"
Option "MonitorLayout" "CRT,LFP"
Option "DevicePresence" "yes"
EndSection
PS: Bagian yang aneh-aneh OPTION cuekin aja hehehe ..
Ganti bagian DRIVER dengan "vesa", sehingga jadinya seperti ini:
Driver "vesa"
Setelah itu tekan ESC lalu ketikkan ":wq" (tanpa tanda petik, perintah
ini bisa diterjemahkan menjadi w = write, q = quit, jadi tulis dan
keluar dari ViM), restart komputer pake perintah reboot atau
Ctrl+Alt+Del ...
Semoga berhasil ... :D
PS: Kalo pake nano lebih gampang sepertinya, perhatikan saja bagian
bawah itu ada menu-menu bantuan, yang perlu diingat bahwa tanda ^
mengartikan tombol Ctrl(ex: ^X, maka anda menekan Ctrl+X)
Yak ... satu sks selesai :))
--
=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
Alvonsius Albert N
Programmer/Web Developer
PT Gamatechno Indonesia
"Do whatever you like, but remember to take care all the responsibilities"
Currently Blog at http://alvonsius.blogsome.com
"This is my way being a linuxer..."
http://jogja.linux.or.id
http://jogja.linux.or.id/wiki/
Untuk berhenti langganan silahkan kirim email kosong ke:
[EMAIL PROTECTED]
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/jogja-linux/
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
[EMAIL PROTECTED]
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/