Salam kenal buat rekan-rekan di jogja-linux. Saya mau tanya nih. Saya baru aja 
download Ubuntu 7.04 dan ingin menanyakan masalah instal Ubuntu terbaru ini.
 
 Perlu diketahui sebelumnya, bahwa saya menulis email ini sambil instal Ubuntu 
7.04. Pada saat menu booting Ubuntu, ada pilihan bahasa & vga. Saya pilih 
Bahasa Indonesia &  1024x768  16 bit. Tapi kenapa sesudah masuk ke Ubuntu-nya 
koq resolusi berubah menjadi 800x600. Akibatnya, pada saat menginstal Ubuntu 
tombol yang terletak di bagian bawah window gak keliatan. Dan saya lihat di 
settingan Resolusi Layar, cuma ada pilihan 640x480 dan 800x600 (monitor Samsung 
SyncMaster 591SG).Saya pindahin taskbar yang ada di bawah & di atas ke samping. 
Masih ga muat juga, karena windownya ga bs digeser secara maksimal ke atas. 
Akhirnya setelah utak-atik, bisa juga dengan mengklik Menu di sebelah kiri atas 
windownya dan pilih Resize.Oiy, kayanya komputer saya lambat banget buat 
nginstal Ubuntu 7.04 ini, padahal motherboardnya ECS C51G-M754, AMD Sempron 
2800 1,8 GHz, Geforce 6100 onboard(sharing 64 mb), DDR 256 MB. Padahal waktu 
nginstal Ubuntu 6.10 ga lelet2 amat. Waduh! Sekarang ada error
 message "Install not responding", mau Wait ato Quit? Saya pilih Wait. OK, 
normal lg. Sekarang waktunya partisi harddisk. Walaupun tampilannya beda, tapi 
prosesnya sama. Tapi setelah selesai partisi, koq swapnya ga dicentang untuk 
diformat, dan ga ada pilihan untuk memformat.Saya abaikan saja kenyataan ini, 
tetap maju terus pantang mundur, pingin tau apa yg terjadi selanjutnya. 
Ternyata tidak ada peringatan (klo ga salah di Ubuntu 6.10 ada peringatan 
supaya memformat partisi root & swap). Ternyata setelah muncul pernyataan siap 
diinstal, di baris paling bawah ada tulisan kira2 bunyinya "partisi swap dan 
root akan diformat". Akhirnya selesai sudah konfigurasi pre-install. Yg tadinya 
ada banyak pertanyaan, jd tersisa 2 pertanyaan: kenapa resolusinya koq jd 
800x600, padahal waktu booting dipilih 1024x768 16 bit? dan kenapa proses dr 
step ke step selanjutnya pd pre-install koq  lama betul, sampai2 saya kira 
hang. Dan pada saat tahapan instal sekarang ini, tampilannya benar2
 seperti hang. Kursor mouse ga kelihatan, window progressnya jg cuma kelihatan 
windownya aja, ga kelihatan progressnya udah seberapa jauh.Tanda-tanda 
kehidupan cuma ada di lampu dvd-rom yang kelap-kelip. Dan saya masih menunggu 
apa yang terjadi, apakah benar2 hang atau tidak......
  
---------------------------------
Looking for earth-friendly autos? 
 Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.  

[Non-text portions of this message have been removed]

Kirim email ke