Salam kenal buat rekan-rekan di jogja-linux. Saya mau tanya nih. Saya baru aja download Ubuntu 7.04 dan ingin menanyakan masalah instal Ubuntu terbaru ini. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa saya menulis email ini sambil instal Ubuntu 7.04. Pada saat menu booting Ubuntu, ada pilihan bahasa & vga. Saya pilih Bahasa Indonesia & 1024x768 16 bit. Tapi kenapa sesudah masuk ke Ubuntu-nya koq resolusi berubah menjadi 800x600. Akibatnya, pada saat menginstal Ubuntu tombol yang terletak di bagian bawah window gak keliatan. Dan saya lihat di settingan Resolusi Layar, cuma ada pilihan 640x480 dan 800x600 (monitor Samsung SyncMaster 591SG).Saya pindahin taskbar yang ada di bawah & di atas ke samping. Masih ga muat juga, karena windownya ga bs digeser secara maksimal ke atas. Akhirnya setelah utak-atik, bisa juga dengan mengklik Menu di sebelah kiri atas windownya dan pilih Resize.Oiy, kayanya komputer saya lambat banget buat nginstal Ubuntu 7.04 ini, padahal motherboardnya ECS C51G-M754, AMD Sempron 2800 1,8 GHz, Geforce 6100 onboard(sharing 64 mb), DDR 256 MB. Padahal waktu nginstal Ubuntu 6.10 ga lelet2 amat. Waduh! Sekarang ada error message "Install not responding", mau Wait ato Quit? Saya pilih Wait. OK, normal lg. Sekarang waktunya partisi harddisk. Walaupun tampilannya beda, tapi prosesnya sama. Tapi setelah selesai partisi, koq swapnya ga dicentang untuk diformat, dan ga ada pilihan untuk memformat.Saya abaikan saja kenyataan ini, tetap maju terus pantang mundur, pingin tau apa yg terjadi selanjutnya. Ternyata tidak ada peringatan (klo ga salah di Ubuntu 6.10 ada peringatan supaya memformat partisi root & swap). Ternyata setelah muncul pernyataan siap diinstal, di baris paling bawah ada tulisan kira2 bunyinya "partisi swap dan root akan diformat". Akhirnya selesai sudah konfigurasi pre-install. Yg tadinya ada banyak pertanyaan, jd tersisa 2 pertanyaan: kenapa resolusinya koq jd 800x600, padahal waktu booting dipilih 1024x768 16 bit? dan kenapa proses dr step ke step selanjutnya pd pre-install koq lama betul, sampai2 saya kira hang. Dan pada saat tahapan instal sekarang ini, tampilannya benar2 seperti hang. Kursor mouse ga kelihatan, window progressnya jg cuma kelihatan windownya aja, ga kelihatan progressnya udah seberapa jauh.Tanda-tanda kehidupan cuma ada di lampu dvd-rom yang kelap-kelip. Dan saya masih menunggu apa yang terjadi, apakah benar2 hang atau tidak...... --------------------------------- Looking for earth-friendly autos? Browse Top Cars by "Green Rating" at Yahoo! Autos' Green Center.
[Non-text portions of this message have been removed]
