Dibawah ini beberapa tanggapan dari Tempat Diskusi Tao - 
http://www.siutao.com/forums - mengenai Nabi Nuh yang dinyatakan sebagai asal 
usul bangsa China.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Thu Dec 26, 2002 12:22 pm    
Post subject: Nenek moyang....

Hallo Handoyo dan semuanya, 
Saya sih tadinya tidak mau ikut campur dengan topic yang kurang waras ini ya ! 
Tapi pikir2 kayaknya perlu sih diberi sedikit data biar tambah bingung ..... 
he... he... he. 
Manusia yang beradat sudah ada didataran Thingkok jauh sebelum air bah yang 
belum tentu juntrungannya itu. 
Kedua kalau memang benar air bah itu menenggelamkan dunia, kenapa sih koq 
Kangguru masih ada di Benua Australia ? (Kalau kena air bah kan sudah punah 
!) Apalagi Jamannya Nabi Nuh belum kenal yang namanya Australia dan benua 
Amerika ? 
Jadi mungkin benar ya edaran2 yang pernah sampai ditangan saya (Dari 
www.yesus.net/tanyajawab/index.htm), ternyata ada pihak2 atau oknum yang 
sukanya menghalalkan segala cara (Malah mengatas namakan ilmu pengetahuan 
dengan tujuan sesat ) untuk menjelek-jelek kan agama lain, dengan tujuan 
mencari / menarik umat baru supaya bisa menambah sumbangan materi........ 
Asal tau aja di Tiongkok itu TAO sudah ratusan tahun difitnah dan di jelek2 
kan oleh agama yang baru muncul dan masuk belakangan tapi tetap aja mengakar 
dihati orang Tinghoa, seperti agama ---censored--- dan ---censored--- yang 
ada di India dan Thailand, kalau dibilang upacara2 agamanya seperti upacara 
dari bangsa tertentu, bagi saya pribadi artinya ya bangsa tertentu itu yang 
menjiplak dari TAO bukan sebaliknya. 
Jadi bagi orang2 yang punya niat tertentu, saya anjurkan nggak usah usil lah 
(Jalankan aja agama kamu masing2 dengan baik), dalam hal ini jangan CIANG SIN 
PHI SIN, karena Umat TAO jelas nggak perlu berupaya menarik2 umat baru, sebab 
Agama TAO dari semula selalu menganjurkan WU (Kesadaran yang hakiki). 
Jadi jelas nenek moyang kita lain dengan ras lainnya, cuma sama2 sebagai 
manusia, ya yang penting bagaimana menjaga dan melestarikan dunia ini serta 
menjaga perdamaian abadi, setuju nggak ! 
Salam hangat TAO.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Thu Dec 26, 2002 2:50 pm    
Post subject: Nenek moyang....

Hallo semuanya, 
Perlu saya informasikan lebih lanjut ya, orang2 di Cina itu baru bisa menyebut 
Shang Tie karena pengaruh Ci Tuk Chiao dari barat itu yang masuk ke Cina pada 
jamannya Marcopollo, tapi sampai sekarang hanya orang2 Cina beragama tertentu 
yang menyebut Dewa sebagai Shang Tie, sedang lebih 90% lainnya menyebut Dewa 
sebagai SHEN SIEN dan DIEN KUNG, jadi ya sama sekali lain. 
Dan Sdr Romie Simanjuntak sejak awal menceritakan berdasarkan agamanya, ya 
suka2 dialah mau dibawa kemana cerita dia itu, kan dia yang ngarang cerita. 
Seperti halnya cerita SUN GO KONG itu lho. 
Yang jelas dalam kalangan ilmuwan data2 atau temuan ilmiah yang sudah lewat 
dari lima tahun biasanya sudah dianggap basi dan tidak digunakan lagi, 
apalagi akhir2 ini ditemukan dalam pemetaan genetik ternyata ada banyak 
kesamaan antara manusia dengan gen tikus, kalau ini lalu dianggap manusia dan 
tikus adalah dari satu nenek moyang ya terserah yang baca dan yang percaya 
aja kan!? Dan jangan heran juga para taoyu kalau nanti ada segelintir orang 
kurang kerjaan dan kurang waras lalu mengarang cerita berdasarkan wahamnya 
sendiri ! bagi kita yang siutao ya sudah maklum nggak heran lagi...... he... 
he... he. Kayak issue2 tentang kitab suci Wahyu dan Non Wahyu itu kan. 
Makanya nggak usah pusing2 debat yang nggak ada gunanya, tapi tunjukkanlah 
bahwa kita yang sekarang ini (Nggak perduli nenek moyangnya siapa, karena toh 
masing2 sudah tau.) harus bisa hidup damai barsamaan dalam dunia yang satu, 
serta tidak perlu mengusik keyakinan orang lain..... nanti malah bisa malu 
sendiri ! 
Salam hangat TAO.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Andy Tingta
Posted: Thu Dec 26, 2002 3:50 pm    

Hai...Romie, 

Sebetulnya inilah yg sering menjadi pangkal adanya perselisihan antar umat 
beragama yg masing-masing beranggapan agama merekalah yg paling benar.Dgn 
mencocokan pandangan agama mereka terhdp segala sesuatu walaupun tdk cocok 
dicocokin saja.Coba kita toleransi sedikit maka tentu dunia ini menjadi 
damai.Bukankah setiap agama menganjurkan utk berbuat baik jangan menyakiti 
saudaramu. 

Dan utk sdr.Romie,Di China ada sebuah fosil manusia yg ditemukan di Wushan 
didaerah Chingqing berusia lebih dari 3.000.000. thn yg dipercaya sbg 
peninggalan dari cikal bakal dari manusia pertama yg hidup di China. 

Saya ingin tanya pd sdr.Romie apakah sejarah ---censored--- umurnya bisa 
melebihi dari umur fosil yg ditemukan tsb.Sebab menurut yg saya ketahui 
sejarah agama ---censored--- umurnya cuma berkisar ribuan tahun saja.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Thu Dec 26, 2002 5:20 pm    
Post subject: Nenek moyang....

Hallo sdr Frans, 
Saya carikan data tentang Nenek Moyang bangsa China, Konon Bangsa China 
asalnya diciptakan oleh Dewi Nui Wa, kemudian dibina dan dididik serta 
dilindungi oleh Dewa Yen Tie dan Dewa Huang Tie. Karena itu sampai sekarang 
bangsa China selalu menyebut dirinya sebagai anak cucu dari YEN HUANG (YEN 
HUANG CE SUEN = istilah bahasa mandarinnya). 
Dan seperti bangsa2 lainnya pasti deh punya cerita asal usul nenek moyangnya 
sendiri yang memang sering sulit kalau mau dibuktikan secara nyata, karena 
itu biasanya selalu dalam bentuk cerita yang sangat puitis. Semua itu juga 
menunjukkan budaya dari bangsa itu sendiri. Makanya kalau mau tahu tentang 
nenek moyang suatu bangsa ya sebaiknya belajar dulu kebudayaan bangsa itu. 
Nggak boleh asal nulis aja. Apalagi sampai terkesan mengakui makhluk lain 
sebagai bapaknya sendiri, sementara dia punya bapak yang asli, ya malunya itu 
(Nggak tau kalau oleh makhluk yang diakui sebagai bapaknya itu cuma dianggap 
sebagai anak haram.... he... he... he. ). 
Disini yang ingin saya tekankan adalah bangsa China sudah lama mengenal Dien 
Tie, Yen Tie, Huang Tie dsb2 cuma nggak ada yang namanya Shang Tie pada zaman 
kuno dulu, Shang Tie baru dikenal belakangan aja (Dan sebatas cuma suatu 
istilah sebutan dari salah satu Dewa TAO). Dien Tie = Dien Kong = Tuhan; Yen 
Tie = Dewa matahari ; Huang Tie = Dewa Huang = Dewa pembasmi kejahatan; Nui 
Wa = Dewi Kesuburan/Kemakmuran. 
Sementara data diatas yang bisa saya sajikan sekarang ini, kalau sdr Frans mau 
tau lebih teliti ya silahkan baca buku2 tentang sejarah bangsa china, pasti 
ada catatannya. 
Salam hangat TAO.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Fri Dec 27, 2002 2:26 pm    
Post subject: Nenek moyang....

Hallo Andy T, 
Setuju banget deh sama tulisan kamu diatas, memang koq seperti kata kamu itu 
kalau toleransi sedikit aja kan lebih nyaman bagi siapa saja apapun 
keyakinannya toh. Tapi justru ada orang2 tertentu yang menggunakan agama 
sebagai kedok untuk mencari keuntungan pribadi, biasanya orang2 ini ya cuma 
bisa cari makan dari sana itu, lain dengan She Fu kita kan nggak mencari 
honor dari Ciang TAO, betul nggak!? 
Seperti selebaran yang saya kemukakan diatas, mosok ada agama tertentu yang 
sengaja membuat semacam opera sabun untuk melakonkan badut2 kerdil tentang 
pengakuan2 yang ternyata bohong semuanya itu, sekarang diungkap orang lain ya 
habislah reputasi agama tersebut, sedangkan kita umat TAO sebetulnya sih 
sudah tau jauh2 hari trik2 model gituan (Semacam trik orang jual obat 
dipinggir jalan itu lho), tapi selama ini kan hanya toleransinya yang kita 
tunjukan, terutama ya karena kita memikirkan orang lain yang sedang mencari 
sesuap nasi itu tadi. 
Tapi kalau sampai masuk diforum ini ya kita diskusikan aja secara terbuka 
(Soalnya kita yang dimintai pendapat koq, betul nggak!), 
Coba bayangkan kalau sampai Andy T punya 3 anak satunya mirip orang eropa, 
satunya mirip penduduk asli Australia dan satunya lagi pesek seperti orang 
asia,....... lantas apa kata orang lain kira2 ...... hi... hi... hi Itu anak 
tetangga atau...... apa. (Intinya ya saya heran aja koq ada orang yang 
tega2nya melecehkan nabinya sendiri. Mestinya kan bisa cari alasan lain 
supaya kelihatan lebih piawai gitu toh. ). 
Kita sih bisa juga mengatakan bahwa semua manusia didunia ini asalnya dari 
bangsa China gara2 ditemukan fosil yang berumur 3 juta tahun itu lho!, tapi 
apa gunanya? emangnya senang kalau dipanggil sebagai nenek moyang oleh orang 
sedunia...... he.... he.... he. iya nggak, makanya umat TAO nggak pernah usil 
kayak gituan. 
Kita siutao lebih penting memikirkan kong tek apa yang telah kita perbuat 
bukan ngurusi keturunan orang lain...... betul nggak. 
Salam hangat TAO, silahkan taoyu lainnya diskusi.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Sat Dec 28, 2002 11:41 pm    
Post subject: Nenek moyang....

Hallo semuanya, 
Saya baru baca di "noapathy.org", karena gelinya hampir2 muntah semua apa yang 
telah saya makan tadi, koq ada gitu seorang pastor (Pastor CH Kang) yang 
nggak mau pakai otak lebih teliti lagi, coba taoyu2 lihat aja apa yang 
dijelaskan si pastor itu, jelas sekali punya maksud untuk menipu orang2 yang 
dasar pengetahuan huruf Mandarinnya masih rendah !!!!...... Heran saya koq 
tega2nya orang china satu ini menyelewengkan makna bahasanya sendiri, itulah 
kalau orang sudah nggak waras lagi, ngganggap mahkluk lain sebagai bapaknya 
sendiri. 
Mari kita lihat sama2, misalnya dalam arti mencipta bahasa china adalah Juang 
(Mencipta ) bukan Cau yang sengaja diterjemahkan oleh pastor itu dalam bahasa 
Inggris (Create) seolah2 artinya mencipta, padahal Cau adalah membuat (Dalam 
arti seperti tukang membuat kursi dsb), Jadi menciptakan manusia seharusnya 
memakai kata Juang bukan Cau dalam bahasa mandarinnya. Jadi ya jelas si CH 
Kang ini cuma nggatok2 kan apa yang menurut dia betul untuk menipu orang 
lain. Apalagi dia menujuk bahwa garis (Pieh) diartikan nyawa padahal itu 
bukan pieh tapi jue dan nggak ada arti yang khusus ...... ini menunjukkan 
kebohongan / mungkin ---censored--- si CH Kang itu. (Heran saya orang kayak 
gitu koq bisa jadi pastor .... silahkan taoyu menilai sendiri deh .... benar 
nggak kata2 saya ini). 
Selanjutnya kita lihat kata Juan (Kapal), sebetulnya dari kata dasar Cou yang 
berarti kapal , jadi kata dasarnya disini adalah Cou bukan Juan! ini satu, 
yang lainnya kita lihat lagi si CH Kang mengatakan disamping huruf Cou itu 
ada huruf Pak(delapan) dan Gou (mulut), saya kira kalau ini, murid murid TK 
aja ngerti bahwa itu bukan Pak (delapan) tapi Cii (Berapa), tulisannya aja 
berbeda, tapi dasar sudah tendensius makanya seenaknya saja si CH Kang itu 
menafsirkan artinya menurut udel le dewek. Sebetulnya maksud huruf Cii dan 
Gou disamping huruf Cou itu dimaksudkan untuk menandakan adanya bangunan 
seperti rumah diatas Cou (kapal) itu, bukan delapan mulut seperti yang 
dikatakan si CH Kang itu. 
Begitu juga kata Moo, dalam bahasa Mandarin lebih populer menggunakan Kui (Kui 
Kuai) untuk sebutan buat arti Setan, sedangkan Moo untuk hal2 tertentu aja 
yang cenderung diartikan hal2 yang jelek. Mudah2 an tulisan ini bisa dibaca 
si CH Kang itu, biar bisa lebih mendalam bahasa Mandarinnya. ..... he... 
he... he. 
Semoga bermanfaat buat taoyu2 dan lainnya.

---------------------------------------------------------------------------------
By: ShunLi
Posted: Sun Dec 29, 2002 9:26 am    
Post subject: Hehehehe

Sebenarnya topic ini kalau ditanggapi panjang lebar akan menjadi seperti masuk 
ke dalam rumah siput, makin hari akan makin meruncing. 

Siapa coba yang benar2 tahu akan sejarah dan pembuktiannya? 
Biarkan waktu yang akan menjawab! 

Mungkin kita semua terganggu karena adanya sikap merendahkan yang lain untuk 
meninggikan diri sendiri, betul tidak? 

Menurutku, siapa nenek moyang bangsa China tidak akan menjadi masalah siapa, 
apakah dengan adanya garis keturunan bangsa lain akan menjadi apa coba? 
Kok kayak jualan obat aja, agama dijual kayak obat, itu memang sikap 
orang-orang yang menjual agamanya dengan maksud tertentu, benar tidak? 

Kalau sudah sampai membahas kayak begini, kayaknya saya pribadi akan angkat 
tangan dan berjalan pergi, it's not my problem, Tao sudah dijelekkan sejak 
dulu , namun waktu juga yang bicara. 

That's all.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Andy Tingta
Posted: Sun Dec 29, 2002 10:12 am    

Hai...ShunLi...Salam Tao, 

Memang kita sbg org Tao tdk akan mempersoalkan masalah spt begini yg akan 
menghambat perkembangan spiritual kita kearah ke'aku'an. 
Cuma kita hanya ingin membantu sdr.Frans agar mempunyai satu argumen yg dpt 
digunakan utk menjawab pertanyaan dr sdr.Romie spy sdr.Frans tdk menjadi 
bimbang akan apa yg telah diyakininya. 

Utk Shsiung ShanMao saya setuju ulasan anda mengenai guratan tulisan mandarin 
tsb.sptnya dgn membabi buta mencocokan sesuatu utk menaikan pamor suatu agama 
bhw semuanya sesuai atau bersumber dari agamanya saya pikir akan merugikan 
bagi org yg melakukanya krn jika dibawa keforum yg lebih resmi dan besar 
malah akan menurunkan pamor dari agama yg coba dinaikan dan merusak reputasi 
dari pelakunya. 

Krn benar waktu yg akan membuktikan melalui proses-prosesnya ajaran mana yg 
sesuai dgn perkembangan jaman dan tdk lapuk dimakan waktu sampai kapanpun 
kita ambil contoh: Tao tek cing yg merupakan satu karya filsafat dan 
spiritual yg mencakup semua aspek kehidupan dan 
alam semesta.Siapa yg sanggup utk membuat karya spt itu kalau bukan org yg sdh 
mencapai tahap mengetahui semua rahasia kehidupan dan alam semesta. 

So utk apa berbuat sesuatu yg akan merugikan diri sendiri maka sebelum 
bertindak pikirkanlah masak-masak.

---------------------------------------------------------------------------------
By: Shan Mao
Posted: Sun Dec 29, 2002 2:56 pm    
Post subject: Nenek moyang ....

Hallo Shunli sudah bangun ya? 
Kalau diluaran ada debat dengan topik seperti ini sih mamang betul anggap aja 
orgil dan ditinggal pergi ! Tadinya saya juga begitu, tapi setelah dipikir2 
kan ini masuk ke forum kita dan disini kan banyak taoyu2 yang baru dan orang 
awam lainnya, kalau tidak dijelaskan nanti terjadi penyelewengan fakta kan 
gimana gitu ! Jadi merupakan tugas kita juga sih kalau bisa menjernihkan hal2 
yang demikian dalam lingkungan umat TAO. Makanya kamu juga harus beri tau ya 
diskusi ini kepada taoyu2 ditempat kamu berdomisili OK! 
Saya lanjutkan lagi ya (Sudah kepalang tanggung!), seperti yang saya tulis 
sebelumnya (Memang sengaja saya tulis sepotong2 supaya gampang ingatnya), 
bangsa China sudah mengenal bahwa nenek moyangnya diciptakan oleh Dewi Nui Wa 
dari tanah liat yang dibentuk menyerupai diri-Nya, namun beberapa ribu tahun 
kemudian muncul agama lain yang juga punya cerita yang mirip (Tapi dari debu 
menurut si CH Kang itu), apakah ini suatu kebetulan?! Saya kira sih memang 
kebetulan aja, soalnya memang ilmu pengetahuan orang kuno dulu ya hanya 
sampai disitu.(Makanya bisa membuat cerita legenda seperti diatas sudah hebat 
...... he... he... he. ) 
Kenapa saya katakan ini suatu kebetulan ( Kalau bukan kebetulan ya berarti 
yang baru menjiplak yang duluan ada! tapi jiplaknya salah lagi mosok pakai 
debu mana bisa dibentuk jadi boneka ???...... ), karena kita masing2 kan 
punya massa kecil ya dan umumnya sih pernah bermain tanah liat atau 
malamm/lilin liat ataupun pasir dipantai untuk membentuk sesuatu (Tapi ada 
nggak yang main debu ??? ). Jadi ya wajar kalau banyak yang bisa mengarang 
cerita membuat boneka dari tanah liat misalnya ........ makanya saya katakan 
sebagai suatu kebetulan aja .... he... he... he. 
Terus coba taoyu2 baca itu "noapathy.org", ujung2nya ada kalimat "Kalau masuk 
disini selamat" apa artinya itu? Ya maksudnya kalau mau dibohongi oleh si CH 
Kang pasti selamat ........ he... he... he (Alias selamatlah si CH Kang dari 
bahaya kelaparan karena memperoleh penyandang dana baru.... hi... hi... hi. 
), Sedangkan kita sama2 tau kan, kalau mau selamat itu nggak gampang harus 
ada usaha yang terus menerus yang tak kenal lelah dan terus siutao ditambah 
lien kong baru ada kemungkinan selamat ! Kesimpulannya yang tercantum di 
noapathy.org cuma slogan bohong besar untuk menipu anak kecil yang ..... 
ingusan lagi. 
Begitu Shunli...... jangan mudah lepas tangannya ..... hi... hi... hi. 
Salam hangat TAO.

---------------------------------------------------------------------------------
By: butongpay
Posted: Mon Dec 30, 2002 9:15 am    
Post subject: Pendapat saya

Menurut saya, 

Mereka pintar mengarang yah ? Masalah kapal Nuh aja masih dipermasalahkan 
kebenarannya ( saya lupa bukunya ).Kita tahu bahwa orang china sangat 
menghormati nenek moyangnya...ada beberapa suku dari bangsa china mencatat 
silsilah keturunannya...Kalau memang kita keturunan Nabi Nuh..kok tidak ada 
disilsilah yah ? ( Catatan: wah..ntar pasti dibikin 
silsilahnya..hii.hii..biar tambah seru ).



---------------------------------------------------------------------
Milis Kelenteng - Quan Shui
URL: http://lists.quanshui.org
Posting, email: [EMAIL PROTECTED]
Subscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke