________________________________

From: keluarga-islam@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Ahmadi Agung

Loh kan ayat-ayat dlm ALQUR'AN bersifat MUHAKAMAT &
MUTASYABI'AT...ayat-ayat yg bersifat MUHAKAMAT itu adalah ayat-ayat yg
JELAS, siapapun orangnya yg baca mereka akan langsung tahu
maksudnya...tetapi ayat-ayat yg mutasyabi'at memang ini membutuhkan ilmu
yg lebih, tetapi ALLAH berfirman bahwa orang yg cenderung pada ayat-ayat
yg bersifat MUTASYABI'AT itu adalah tergolong orang yg sesat....

Ini dalil-nya...

(ALI Imron :7) Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur`an) kepada kamu.
Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat , itulah pokok-pokok
isi Al qur`an dan yang lain (ayat-ayat) mu-tasyaabihaat . Adapun
orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka
mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk
menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta`wilnya, padahal tidak ada yang
mengetahui ta`wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam
ilmunya berkata: `Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat,
semuanya itu dari sisi Tuhan kami.` Dan tidak dapat mengambil pelajaran
(daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.