Terima Kasih mas Nove Zain, semoga pak abdul menjadi sadar dan mau berguru
kepada yang lain,,,,,,cobalah merenung,,,,,,

--- On Wed, 8/4/10, Nove Zain <novez...@yahoo.co.id> wrote:

From: Nove Zain <novez...@yahoo.co.id>
Subject: Trs: [kmnu2000] Definisi2; Hadits sahih, hadits2 budaya arab dan
hadits2 palsu.
To: "bahstul masail" <kmnu2000@yahoogroups.com>
Date: Wednesday, August 4, 2010, 9:34 AM

      Pak Abdul

Terima kasih atas bahasannya yang membuat saya lebih banyak belajar.

Sayang sekali saya tidak menemukan hal-hal ilmiah dalam pembahasan Pak Abdul,
perbandingan-perbandingan yang disajikan oleh Pak Abdul tidak dibahas
bedasarkan satu metode yang jelas, hanya berdasarkan prasangka pak abdul
terhadap terjemahan Hadits dan Ayat AL-qur'an, padahal untuk dapat menafsirkan
Hadits & ayat Al-qur'an seseorang harus memiliki pengetahuan mengenai
karakteristik bahasa arab, bukan hanya melalui terjemahan (mohon maaf).

Kalaupun misalnya ditemukan pertentangan antara dua ayat, dalam Ilmu Ushul
Fiqih, ulama-ulama telah memberikan metode yang sistematis untuk
menyelesaikannya (tentu saja mungkin Pak Abdul tidak mau menerima metode
ulama-ulama tersebut, tapi juga tidak saya paksa untuk menerimanya)

Pak Abdul, kebetulan saya aktif berdiskusi juga di Jaringan Islam Liberal,
setahu saya teman-teman di JIL juga masih menggunakan metode yang Ilmiah dalam
membahas suatu Bab, masih juga mengkaji pendapat-pendapat/kitab-kitab ulama
klasik (walaupun saya juga tidak sepenuhnya setuju dengan pendapat-pendapat
teman-teman JIL). Saya pernah mengikuti kuliah umum dari Prof. Aminah Wadud,
juga masih memakai metode yang jelas dalam membahas sesuatu hal. Jadi Pak Abdul
ini Liberal yang merk apa ni?

Saya sependapat dengan Pak Abdul bahwa dalam Islam tidak perlu ada kekerasan
dalam melakukan da'wah, termasuk tidak perlu ada kekerasan terhadap Ahmadiyah,
tapi menurut saya adalah terlalu gegabah jika menafikan Hadits-hadits, dan
dengan mudah menganggap suatu Hadits itu palsu, padahal tanpa penyelidikan yang
sistematis dan bermetode mengenai Sanad/Matannya. Sedangkan dalam kumpulan
Hadits sahih Bukhari/Muslim tentu saja telah diteliti dahulu oleh ulama
sekaliber Imam Bukhari/Muslim sebelum dibukukan, dan saya (mohon maaf) lebih
percaya terhadap Imam Bukhari/Muslim yang sudah diakui di dunia Islam.

Saya mengkritik beberapa istilah yang dipakai oleh Pak Abdul, misalnya

FPI Cs = Konservative Taliban. Rasa-rasanya tidak pas pemakaian istilah-istilah
itu.

Ada kata-kata bijak yang berasal dari Pesantren Gontor, yakni seseorang harus
Berpengetahuan luas dahulu sebelum boleh berpikiran bebas, saya sarankan Pak
Abdul meresapi kalimat tersebut.

Terima kasih, untuk teman-teman milist, jika ada pendapat saya yang kurang
benar, mohon dikoreksi.

Terima kasih

Nove ZAin