Dikutip dari sumber:
http://panduandasar.com/members/go.php?r=195&i=l4&page=ttg-cosa
---
Profil / Review
Tentang Cosa Aranda

Saya, Cosa Aranda, mulai mengenal dunia internet sejak tahun 1996. Warnet
Wasantara Net yang ada di kantor pos Jemursari menjadi tempat persinggahan
rutin kala itu. Meskipun kalau dipikir-pikir, gak jelas juga saat itu browsing
di internet buat apa, hehehe. Di tahun itu juga saya diterima sebagai mahasiswa
S1 Tehnik Komputer di ITS Surabaya melalui jalur UMPTN. Namun karir sebagai
mahasiswa di sana hanya bertahan 2 tahun karena pada akhir semester 4 saya
di-DO karena jarang masuk kuliah

Sempat bekerja sebagai sales dan teknisi komputer serabutan, akhirnya saya
diterima sebagai pekerja kantoran di tahun 1999. Profesi saat itu adalah
sebagai copywriter merangkap game tester (ya, salah satu jobs description
mewajibkan saya untuk ngegame!) merangkap webmaster dan web programmer sebuah
portal game yang cukup populer. Dari pekerjaan sebagai webmaster itu akhirnya
saya banyak bersentuhan lagi dengan dunia internet, termasuk berkenalan dengan
bisnis internet di tahun 2000 ketika saya membuka situs jualan saya yang
pertama.

Kualitasnya? Jangan tanya, hanya berupa satu halaman depan berisi pengenalan
dan info pemesanan, serta tautan untuk mengunduh katalog produk

'Niche' dagangan saya yang lumayan laris waktu itu (saya sempat memilii dua
'anak perusahaan' dan bekerjasama dengan sebuah majalah) rupanya menarik banyak
peminat, termasuk seorang investor yang menawarkan kontrak kerjasama dengan
menyediakan modal untuk membuka toko di sebuah mall ternama di Surabaya. Yah,
namanya anak muda sok tahu, prinsipnya adalah biar susah yang penting jadi bos,
hehehe. Tawaran tersebut saya tolak.

Beberapa bulan kemudian akhirnya usaha toko online tersebut bangkrut, kalah
bersaing dengan pemain-pemain baru yang punya modal segepok. Meskipun gagal,
saya mendapat pelajaran berharga waktu itu, bahwa bisnis di internet memiliki
potensi yang sangat besar. Saya ingat, saya mulai membuka toko online dengan
modal tabungan saya di bank sejumlah 1.5 juta rupiah. Selama kurun waktu 6
bulan pertama, omzet yang masuk mencapai 60 juta. Lumayan loh untuk ukuran
tahun 2000 itu

Perjalanan hidup berlanjut dengan masuk ke STIKOM Surabaya jurusan Sistem
Informatika (sekarang Sistem Informasi, dan sampai sekarang saya juga belum
lulus). Untuk menambah-nambah uang saku, saya mencoba 'mengkaryakan' sumber
daya sisa toko online sebelumnya dalam beberapa usaha offline yang
buntut-buntutnya gagal juga karena besar pasak daripada tiang, hahaha.

Dengan kondisi keuangan yang tidak bisa dibanggakan, saya bersinggungan lagi
dengan dunia bisnis internet. Tepatnya di tahun 2002. Sebuah bisnis yang
kelihatannya tidak masuk akal waktu itu, bisnis PTC (Paid To Click). Bagaimana
bisa dinalar, jika hanya dengan mengklik iklan (dan membangun jaringan) saja
kita bisa mendapat dolar? Namun ternyata fakta berbicara. Bisnis PTC booming
dan penghasilan bulanan saya dari PTC sudah cukup untuk membayar biaya kuliah,
biaya transport, biaya makan-makan, dan biaya pacaran, hehehe.

Tapi inilah kejamnya dunia internet. Sesuatu yang easy come, bisa juga easy go.
Berkat bantuan para scammer yang merajalela, bisnis PTC mengalami kejatuhan
total di tahun 2003. Tidak sedikit investasi saya yang hangus percuma, namun
syukurlah, persediaan tabungan masih mencukupi hingga tahun 2005, dimana saya
berkenalan dengan blog dan Google AdSense.

Bulan Februari membuat blog, bulan April mendaftarkan diri dan pertama kali
memasang Google AdSense, dan bulan September pertama kali penghasilan saya di
sana menembus angka $1,000 per bulan.  Dan mungkin yang membuat akhirnya banyak
orang mengenal saya adalah ketika angka tersebut berubah menjadi $4,000 per
bulan di bulan Desember 2005.

Harus diakui bahwa Google AdSense memang telah mengubah hidup saya. Dari yang
blognya sepi hingga rame pengunjung. Dari yang dulunya cuman bisa makan steak
tiap setahun sekali (pas ultah) hingga bisa tiap hari (kalau mau). Dari yang
dulunya tidak dikenal orang di jalan hingga sekarang. tetep aja gak dikenal
orang di jalan, hihihi.

Jika dihitung semenjak tahun 2001, sekarang sudah melewati tahun ke-8 saya
menjadi pebisnis internet. Dari memonetisasi blog, menjadi affiliasi, membuat
situs berbasis keanggotaan, membuat layanan monetisasi, hingga berjualan produk
digital buatan sendiri. Dari CosaAranda.Biz, Reviewmu.Com, hingga sekarang
PanduanDasar.Com. Dari diwawancarai koran, majalah, radio, hingga diliput di
televisi. Dari bangkrut, gagal, hingga sukses. Semua sudah saya jalani.

Saya mencintai bisnis internet, saya bangga menjadi salah satu pebisnis
internet di Indonesia, dan saya ingin agar lebih banyak lagi pebisnis internet
Indonesia  yang sukses! Situs ini, PanduanDasar.Com, adalah salah satu usaha
saya untuk mewujudkannya, dengan menyediakan artikel dan produk berkualitas
seputar bisnis internet, dengan satu tujuan, membantu mereka-mereka yang mau
berusaha untuk berada di jalur sukses yang benar.

Mari bersama kita meniti jalur kesukesan.

[Cosa Aranda]
cosaaranda

Sumber: http://panduandasar.com/members/go.php?r=195&i=l4&page=ttg-cosa

Kirim email ke