Kecenderungan penggunaan program database tampaknya sudah bergeser kepada
MySql. Sedangkan untuk antarmukanya PHP menjadi pilihan utama. Untuk bisa
berlatih kita tentu tidak perlu harus mempunyai jaringan; sebuah komputer
pun sudah bisa dipakai. Program yang harus ada di pc kita adalah : MySql,
PHP, dan untuk webservernya pilihan tentu tertuju pada Apache. Ketiganya
dapat diperoleh dengan gratis di Internet.

Apakah OS-nya harus Linux ....?

Biasanya cukup banyak di antara kita (termasuk saya, tentu saja!) yang
langsung alergi bila harus berurusan dengan Linux. Kesannya sulit! Dan
karena itu pula banyak orang yang  merasa tertantang untuk bisa, meski
konsekwensinya dia harus banyak begadang karena lupa waktu.

Namun bila hanya karena Linux anda patah hati tidak mau mencoba Mysql-Php,
cobalah cari program PHPTriad. Program ini under Windows, dan seketika anda
meng-install-nya pada pc anda Apache, MySql, PHP, dan PhpMyAdmin pun siap
dipakai.

Yuk .. Latihan bareng! Saya juga baru install kok .... ;-)
salam,
hmi -- http://hmi.annida.net