Saya hampir selalu mengakses detik.com untuk mendapat berita-berita terakhir.
Namun dengan akses dialup mengakses halaman detik bisa terasa lama sekali,
apa lagi buat rekan di luar daerah yang juga menggunakan dialup. Saya
kemudian menginstall Adzap di server sekolah yang akan membelokkan banner
iklan ke gambar tertentu yang kita tentukan, sehingga cukup banyak menghemat
waktu akses.

Belakangan saya mendapat sebuah script dalam php (open source, tentu saja)
yang "memangkas habis" grafik di detik.com, sehingga yang tersisa hanya
tulisan saja, yang membuat akses ke detik.com amat cepat. Di sisi saya ini
sangat menggembirakan sekali.

Di sisi lain saya menyadari sepenuhnya bahwa iklan yang membuat akses menjadi
lama itu adalah "nyawa" bagi detik.com. Ini bagai dilema buat saya. Bila
semua orang mengakses detik dengan cara di atas, sangat mungkin pengiklan
tidak mau lagi beriklan di sana.

Bagaimana .....?
salam,
hmi