On Thu, Jul 31, 2003 at 03:44:31PM +0800, L. T. Bee wrote:

> file morercpthosts tidak ada yang ada file rcpthosts, apakah file rcpthosts sama dgn
> morercpthosts ?

tidak sama, kalau domain anda tidak (<50) anda bisa letakkan
domain anda tersebut pada file rcpthosts (man qmail-smtpd)

> kemudian lakukan /var/qmail/bin/qmail-newmrh
>
> maksudnya generate database baru disever yang mana ya ? yang primary atau secondary
> ? atau keduanya ?

disecondary, tentu saja kalau anda menaruh file tersebut
pada morercpthosts, kalau diletakkan pada rcpthosts
tidak perlu lagi, hanya dengan mengirimkan signal HUP
ke qmail-send

> File lain yang menarik
>
> setelah saya cari pakai find file queuelifetime tidak ada ?

ada pada manual qmail-send :-)

salam,
--
Asfihani - http://people.cakraweb.com/~asfik