Gue baru ajah instal postfix di rh9. Saya juga belum pernah sama sekali
instal mail server. Dan kira2 butuh sebulan sih krn nyuri2 waktu sembari
kerja :) Tapi ternyata kalo anda pake RH 9 itu dah tersedia postfix buat MTA
dan imap buat pop3nya. Di file etc/postfix/main.cf anda bisa atur
konfigurasinya dan penjelasannya ada semua disitu. untuk pemula paling cuma
nama domain, host aja yg diubah. Trus tinggal cari ke/etc/xinetd.d kalau gak
salah. Disana ada file konfigurasi ipop3 (gue nyoba pake pop3). Kalau mau
idupin cara gnome, elo pergi ke services (hmm.. jadi inget2 M$ hehehe) trus
cari deh ipop3 dan dicentang. Trus pergi ke /etc/rc.d/initd.d atau
semacamnyalah hehehe lupa pokoke kalau di ls ada postfixnya. trus ketik
./postfix start (gue lagi lupa gimana caranya bikin ini start otomatis waktu
boot up tapi sih kayaknya deket2 situ). asumsi lancar (gue sih pertama kali
coba kagak jalan), coba telnet host 25 (host ini nama servernya dan 25 port
smtp bener gak?) si postfix akan jawab. Nah tinggal konfigurasi email client

jo