On Tue, Oct 14, 2003 at 11:34:21PM +0700, H. D. Lee wrote:
> mestinya Anda juga lebih jeli, tidak kemakan oleh tipuan MA. Hanya
> dengan mencantumkan hal tersebut, tidak membuatnya netral.

kenapa sih anda reseh mau mengurusi yang beginian? :-)))
saya tidak memihak qmail/postfix. tetapi lebih tertarik
pada issue yang disampaikan.

> bedakan juga antara kritik yang logis dengan tidak menerima perbedaan
> pendapat dan solusi.

saran mengupdate dokumentasi itu bagus juga. saya melihat tidak
ada ruginya kalau dilakukan.

> validasi mutlak? bisa diterangkan? saya tidak bisa melihat relevansi
> antara "ancaman" Anda dengan validasi recipient. Misalnya Anda
> benar-benar mengarahkannya, qmail akan complain:
>
>  553 sorry, that domain isn't in my list of allowed rcpthosts (#5.7.1)

hi..hi.. enak aja! ya harus mau menerima domain astaga.com dong :-)

> saya percaya Anda. deskripsikan bagaimana Anda melakukan benchmark yang
> dimaksud. Pembaca akan menilai apakah Anda fair atau tidak.

sederhana, dengan postal, qmail-smtpd saya pasang di localhost
port 26, postfix di port 25. buat alias 'junk' baik di qmail
dan di postfix. kalau di postfix dibuang ke /dev/null, kalau
qmail tinggal buat ~alias/.qmail-junk yang isinya cuman '#'
doang.

[EMAIL PROTECTED] postal]$ /usr/sbin/postal -p5 localhost postfix-junk -
time,messages,data(K),errors,connections
07:46,2199,12089,0,2203,0
07:47,2202,11824,0,2203,0

[EMAIL PROTECTED] postal]$ /usr/sbin/postal -p5 [localhost]26 qmail-junk -
time,messages,data(K),errors,connections
07:51,1578,8332,0,1582,0
07:52,1527,8345,0,1527,0

[EMAIL PROTECTED] postal]$ cat postfix-junk
#
[EMAIL PROTECTED]
[EMAIL PROTECTED] postal]$ cat qmail-junk
#
[EMAIL PROTECTED]

seharusnya, dengan dot-qmail berisi '#' tidak ada lagi overhead
menulis ke char device seperti pada postfix. jadi mestinya
qmail lebih cepat. kenyataannya tidak bukan? :-))

note: saya tidak mengamati drainase queue. walaupun praktis
      begitu postal dihentikan, maillong berhenti juga.

> Mungkin yang lain tidak tertarik, but not me. But, but, sebuah MTA yang
> tidak punya catatan security vulnerabilities selama 5 tahun (as of 2003)
> cukup membuat saya stay with qmail, untuk sekarang ini.

benar. tergantung pada problem yang mau dipecahkan. tapi,
seandainya suatu saat nanti anda tiap hari harus menghapus
ribuan junk dari queue qmail tiap hari, ingatlah saya :-))

benchmark yang dilakukan matthias bisa dilihat di sini:

http://www-dt.e-technik.uni-dortmund.de/~ma/postfix/vsqmail.html

Salam,

P.Y. Adi Prasaja