di MySQL:

koneksi ke 'localhost' menggunakan Unix socket
koneksi ke '127.0.0.1' menggunakan TCP/IP socket

memang keduanya merujuk ke loopback yang sama, tapi itu
cara MySQL untuk membedakan kapan harus menggunakan TCP/IP
dan kapan Unix socket untuk koneksi lokal. koneksi Unix
socket kemungkinan lebih cepat karena overhead lebih
kecil (meski katanya kalau di loopback, ada shortcut2
tertentu di linux sehingga lebih cepat daripada TCP/IP
normal).

coba periksa apakah:
1. direktori /var/lib/mysql/ ada.
2. waktu mysqld tidak berjalan, file mysql.sock tidak ada
    (hapus jika ada).
3. waktu mysqld berjalan, file mysql.sock ada (coba cek
    permission jika tidak ada (?))

--
sh