On Sun, Dec 31, 2000 at 09:14:44AM +0700, Fauzi Djauhari wrote:
>        ketika dijalankan ada
>        srwxrwxrwx    1 mysql    mysql           0 Dec 27 05:52 mysql.sock
>        kalau dilihat permisionnya semuanya bisa tulis, baca dan
>        execute,  kalau saya baca isi file tsb.
>        Isinya Error Reading File

Kalau bacanya pakai joe ya jelas :-)

> berikut ini adalah /var/log/mysqld.log
>
> /usr/libexec/mysqld, Version: 3.23.22-beta-log, started with:
> Tcp port: 3306  Unix socket: /var/lib/mysql/mysql.sock
> Time                 Id Command    Argument

Dari pertanyaan anda terdahulu, error code yang diterima php adalah
111, artinya: connection refused. Dalam kasus ini, bisa dipastikan
tidak ada daemon yang listen di unix domain socket:
/var/lib/mysql/mysql.sock

Coba anda pastikan lagi, anda tidak mempunyai lebih dari satu
installasi mysql di tempat anda (tidak ada lebih dari satu
mysql.sock).

Bisa anda buat file /etc/my.cnf isinya:

[mysqld]
socket = /var/lib/mysql/mysql.sock

(parameter lain, silakan baca manual mysql, ingat parameter yang
ditentukan oleh file ini, bisa dilibas dengan parameter yang
diberikan via command line).

Dan, seperti yang sudah dijelaskan oleh Bung Steven, pastikan file
tersebut tidak ada _sebelum_ start mysqld.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

PS. periksa juga error-log.