On 09-Apr-2002, Andry Susanto wrote:
> 2.Apakah .NET jalan di mesin yang tidak ada MS-nya?

Kalo maksudnya di luar Windows, utk saat ini belum. Ada Mono cuma saya
belum tau apa sudah selesai semua implementasi base componentnya,
lagipula Mono itu cuma mengimplementasikan frameworknya aja.

> 3.Apakah tujuan .NET menyaingi J2EE-nya Sun akan tercapai?

Mirip seperti bertanya "Apakah dulu Linus tau kalo Linux bakalan jadi
gede seperti sekarang?"

> 4.Apa aja sih keunggulan .NET dan kekurangannya?
> 5.Apa pula kekurangan dan kelebihan J2EE?

Pada dasarnya feature2 utama yg ditawarkan kurang lebih sama, hanya
approachnya mungkin yg agak beda. Perbedaan yg paling mendasar dan
paling penting, utk saat ini, mungkin bahwa .NET itu banyak language
tapi satu platform, kalo J2EE itu "banyak platform" tapi satu language
(Java).

Apakah dg memperluas cakupan banyak bahasa itu membantu atau malah
menambah complexity, nah ini bisa diperdebatkan.

J2EE sudah lebih mature 2 tahun drpd .NET. Konsekwensinya ya user
basenya lebih besar jadi community support mungkin lebih
gampang/banyak.

Learning curve kayaknya kurang lebih sama aja (assuming belum tau
dua2nya). Kalo J2EE mesti belajar OO dan Java, di .NET juga belajar OO
dan C#. Saya pribadi nggak menganjurkan pake bhs selaen C# utk .NET
karena bhs2 laen itu nggak dibuat dg OO in mind.

Dr segi harga juga hampir sama aja. Frameworknya dua2nya sama2
"gratis" (JDK dan .NET framework). Development toolsnya (kayak IDE)
kayaknya Java lebih banyak tapi mungkin belum ada yg seintegrated
Visual Studio .NET (tapi mahal boo!).

Utk development sih dua2nya available skrg, tp utk deployment kayaknya
utk saat ini baru J2EE yg bisa.

Ada bbrp artikel2 J2EE vs. .NET, antara lain yg udah saya baca:

        http://java.oreilly.com/news/farley_0800.html

        http://www.theserverside.com/resources/article.jsp?l=J2EE-vs-DOTNET
        (ini kayaknya disponsori Sun?)

> 6.Selain java, bahasa pemograman apa yang jalan di
> mesin-nya Sun?

Ini sebetulnya dua pertanyaan: OS apa aja yg jalan di mesin2nya Sun?
Trus compiler/interpreter bahasa apa aja yg jalan di gabungan OS +
platform tsb?

Ronny