Java memang menggiurkan, tapi hardware requirement-nya besar. :(
Kalo pake hardware yg pas-pasan program kita pasti lamban banget, apalagi untuk
aplikasi GUI.

Penilaian objektif kylix vs java adalah:
-Kemudahan dan kecepatan programming GUI: seimbang.
-Object Oriented Programming: seimbang.
-Free component availability: seimbang.
-Database connection component: andalan Java adalah JDBC yg multi-tier, sedangkan
untuk kylix tersedia komponen2 yg native shg lebih cepat.
-Hasil kompilasi: Kylix menghasilkan machine opcode, sedangkan java menghasilkan
virtual opcode (sewaktu running harus ditranslate dulu ke machine opcode oleh JVM)

Bukannya promosi, tapi saya sangat setuju dengan semboyannya borland yg kira2 bunyinya
begini:
The fastest development tool for fastest applications.

regards,
JJ