YEREMIA
PASAL 45:

http://bloghakekatku.blogspot.com/2013/07/yeremia-pasal-45.html

Download:
https://www.dropbox.com/s/l1pmi3skmnq8ra8/YEREMIA%20PASAL%2045.doc

Download lengkap:
https://www.dropbox.com/s/z8qt5docbjqn5lu/YEREMIA%2045.rar

45:1        Firman yang disampaikan oleh nabi
Yeremia kepada Barukh bin Neria, waktu Barukh dalam
               tahun keempat pemerintahan
Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, menuliskan segala firman
               tersebut dalam sebuah kitab
langsung dari mulut Yeremia:
45:2        "Beginilah firman TUHAN, Allah
Israel, tentang engkau, hai Barukh!
45:3        Oleh karena engkau telah berkata:
Celakalah aku, sebab TUHAN telah menambahkan kedukaan
                kepada penderitaanku! Aku lesu karena
keluh kesahku dan aku tidak mendapat ketenangan,
45:4        maka beginilah firman TUHAN:
Sesungguhnya, apa yang Kubangun akan Kuruntuhkan, dan apa
               yang Kutanam akan Kucabut,
bahkan sekalipun seluruh negeri!
45:5        Masakan engkau mencari hal-hal yang
besar bagimu sendiri? Janganlah mencarinya! Sebab,
               sesungguhnya, Aku mendatangkan
malapetaka atas segala makhluk, demikianlah firman
               TUHAN, tetapi kepadamu akan
Kuberikan nyawamu sebagai jarahan di segala tempat ke mana
               engkau pergi."

TUHAN
menegur dan menghukum Barukh karena hanya memikirkan dirinya sendiri, ketika
TUHAN berencana menghukum seluruh Israel. Sebab kalau hati Barukh kudus,
harusnya dia memprihatinkan bangsanya yang semakin terpuruk dalam dosa dan
kejahatan.  Tapi Barukh hanya memikirkan
kemalangan dirinya sendiri oleh sebab hukuman yang hendak TUHAN lakukan
terhadap seluruh Israel.

Apakah
anda mempunyai masalah atau kesulitan atau penderitaan? Anda perlu merenungkan
pikiran TUHAN yang dinyatakan kepada Barukh ini, bahwa mengutuk diri sendiri
atau merasa diri sendiri yang menerima persoalan dalam hidup ini, tanpa mau
melihat pada orang lain yang lebih susah, itu adalah kejahatan di mata TUHAN.
Jadi, anda harus melihat bahwa ada
orang-orang lain yang lebih menderita daripada anda. Dan jika orang yang lebih
menderita dari anda itu masih sanggup mengucap syukur di antara kesusahannya,
maka anda adalah orang yang kwalitasnya lebih buruk dari orang itu, sehingga
ALLAH akan meng-afkir anda.

Manakah
yang rumah, jika yang sebuah didirikan di atas pasir sedangkan yang sebuah
didirikan di atas pondasi yang kuat? Lalu ketika datang angin ribut, rumah yang
didirikan di atas pasir itu roboh? Jelas rumah yang mempunyai pondasi yang kuat
itulah yang pantas disebut rumah. Demikian halnya dengan kebahagiaan.
Kebahagiaan yang sejati bukanlah yang ditopang oleh uang dan segala kesenangan,
tapi yang ketika menderitapun masih bisa melihat: „Betapa baiknya TUHAN.“

Hanya orang
Kristen sejati yang sanggup melihat ALLAH itu baik dari penderitaan yang
menutupi dirinya. Orang-orang lain tak mungkin sanggup melihat kesusahan itu
baik.

Ada
seorang perempuan Palestina yang datang kepada YESUS mengharapkan kesembuhan
anaknya yang kerasukan setan. Sekalipun ibu itu berseru-seru kepada YESUS,
YESUS tidak menghiraukannya. Hal itu membikin gusar murid-murid-NYA, sehingga
mereka berniat mengusir ibu itu.  Lalu
YESUS memberikan alasan kenapa IA tidak menolongnya;

Matius  15:24               Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba
yang hilang dari umat
                                            Israel."

Tentu
sebuah jawaban yang sangat mengecewakan sekali, bukan?! Jauh-jauh dia datang
menjumpai
YESUS.
Tapi setelah berhasil ketemu, YESUS menolaknya, hanya oleh sebab dia bukan
orang Yahudi. Ibu
yang
menderita oleh penderitaan anaknya, kini harus menanggung  kekecewaan pula.
Tidakkah ibu ini semakin
berlipat penderitaannya? Logika kita pasti masih bisa menghitung penderitaan
ibu ini, bukan?!

Matius  15:25               Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia
sambil
berkata: "Tuhan,
                                            tolonglah
aku."
                    15:26Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut
mengambil roti yang disediakan bagi anak-
                                            anak dan melemparkannya kepada
anjing."

Aduh, hati saya sakit sekali. Tega sekali YESUS menghina
perempuan yang menderita itu sebagai anjing? Wouh, saya pasti pingin menggampar
YESUS. Saya pikir YESUS benar-benar keterlaluan sekali itu. YESUS telah
menganiaya orang. Saya sedih jika mendengar ada orang yang dirundung kemalangan
yang bertubi-tubi. Saya berpikir: “Tega sekali ALLAH membiarkan orang itu
menanggung penderitaan seperti ini?”

Tapi, bagaimana reaksi perempuan itu?

Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang
                                            jatuh
dari meja tuannya."

Saudara-saudara, saya malu sekali mendengar jawaban ibu
ini. Ibu yang menderita ini masih sanggup tidak marah atas penderitaannya, tapi
kenapa saya yang tidak ikut menderita, yang hanya melihat saja sudah bisa
dibuat gusar?

Apakah anda pernah melihat peristiwa FPI di Kota Kendal
yang menabrak hingga tewas pengendara motor? Orang yang ditabrak belum tentu
marah, tapi masyarakat yang hanya melihat saja, sudah gusar dan sampai membakar
mobil FPI itu. Masyarakat itu kurang sabar. Seharusnya yang paling marah adalah
yang menjadi korban, bukan?!

Ayat di atas menyatakan bahwa ALLAH marah dengan
orang-orang yang egois, yang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri
saja.  Baiklah kita lihat komentar YESUS
atas perempuan Palestina itu;

kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka
                                            jadilah
kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya
                                            sembuh.

“Hai ibu, besar imanmu…..” Ibu itu dinyatakan lulus
dengan ujiannya dan TUHAN memberikan hadiah sebagaimana yang diharapkannya.

Jadi, apakah anda sakit dan ingin sembuh? Jika obat
dokter sudah tak sanggup menyembuhkannya, maka kesabaran andalah yang akan
menyembuhkannya secara ajaib.  Jangan
mengeluh dengan kesusahan anda.

Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

TERIMAKASIH PAK ELISA
SAGALA
Kemarin sore saya
menghadiri undangan buka puasa di kantornya pak Elisa Sagala. Di sana saya
bertemu dengan pak Elisa Sagala, pendeta Manuntun Hutasoit, Edi Slamet Limbong
dan Novenly. Kami tertawa gembira bersama, bersukacita bersama dan bahagia
sekali jiwa saya, karena kami semua bersaudara. Saya menaruh simpati yang
mendalam atas kesaksian pak Manuntun Hutasoit dan akan mendukungnya dengan
syafaat saya untuk rencana perjuangannya ke depan. Saya berdiskusi sebentar
dengan beliau dan dengan pak Elisa. Mudah-mudahan ada kesempatan yang lebih
tepat untuk melanjutkannya. Saya bahagia sekali mendengar saudara saya Edi
Slamet Limbong tak lama lagi harus dipanggil: "bapak" oleh warga
Indonesia yang imut-imut. Semoga yang imut-imut itu kelak menjadi jawaban bagi
pengharapan masyarakat seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia, yakni menjadi
damai sejahtera umat manusia.

Lalu saya marahi bung
Novenly: "Kejam nian kamu tinggalkan adik-adik saya di Balikpapan?"
Ngakak dia. Alasannya, karena adik-adik saya itu nakal-nakal.Lalu saya dipaksa
tidur di rumahnya. Puji TUHAN saya bisa memberkati sanak-keluarganya.

Nah, pagi tadi saya
bergereja di gereja Pondok Gede. Bikin semua orang kaget, sebab mereka mengenal
saya sebagai pengacau. - Hua..ha..ha..... Puji TUHAN di acara diskusi sekolah
Sabat, saya bisa ikut berpartisipasi. Baru setelah itu saya pamit untuk
mengisap dinamit. Tapi karena kangen dengan warnet, maka tanpa pamit lagi saya
langsung ngeloyor pergi ke warnet ini.

Bahagia sekali saya hari ini. Saya harus ucapkan terimakasih kepada pak Elisa
Sagala.
  .�Dp<���
��

                                   hakekatku...@yahoo.co.id,