> Ada 2 cara :
> 1. Menggunakan AutoResponder
>    Ini  yg  paling  umum dan tergampang, karena sudah ada menunya
> (lihat
>    account | autoresponder).
>
>    Misalkan   saja   utk   list   ini   saya   buat   account   namanya
>    [EMAIL PROTECTED],  lalu  di autorespondernya di setting
> agar
>    sender akan di automatically subscribe ke List
> [EMAIL PROTECTED]
>
> 2. Menggunakan Content Filter
>    Contoh  saja,  saya  buat  filter,  jika  ada  mail  yg  ditujukan
> [...]

Begini mas saya mau nanya lagi nich :-)

Saya sudah coba cara pertama karena paling mudah, tetapi muncul
masalah baru yaitu setiap kita subscribe mdaemon merespon dengan
autoresponder tetapi tanpa "subject" gimana caranya supaya pada subject
bisa muncul tulisan "Subscribe berhasil".

Mengenai cara kedua, bisa lebih jelas mengenai scripts-nya ...???
Kurang jelas nich mas...:-)

Terima kasih
Berny