Hello dewi and all MDaemon-L ListMember,

On  Wed,  24  Jan 2001 at 11:49:11 GMT +0700 (which was 24/01/2001 11:49
where you think I live) you told to the list:

d> apa yaa... bedanya antara fasilitas ATRN, DomainPOP dan ETRN ?
d> dan kelebihan mereka masing apa yaa?

DomainPOP
---------
Semua  mail  yg  ditujukan  ke  domain  Anda akan di letakkan (spool) di
POPMailbox, kemudian MDaemon akan mengambil mail tsb sesuai schedule.
Jadi message disimpan di POP3 server.

Keuntungan  :  POPmailbox  bisa  menggunakan  POPServer  ISP  mana saja,
               asalkan  yg  terdekat  koneksinya dg Server kita (dhi ISP
               tempat  kita  Dial),  jadi  murah  meriah  krn  tdk perlu
               static/public IP utk retrieval mail.
Kekurangan  :  POP  Protocol  hanya mengenal single session, maksudnya
               hanya  bisa  satu  user  saja  yg  terhubung/menggunakan
               account  itu pada suatu saat. Jika message disitu banyak,
               maka   retreive   message   menjadi   lama,   dan umumnya
               message  di  download  sesuai  urutan  kedatangan. (lebih
               rumit settingnya).

ETRN (Extended/Enhance TURN ?)
----
Semua  mail  yg  ditujukan ke domain Anda akan disimpan di MailBankQueue
SMTPServer.  Jika nantinya Server Anda on-line, maka SMTPServer ini akan
flush (Dequeue) semua message tsb langsung ke SMTPServer Anda.

Keuntungan    : Mudah  settingnya,  krn  asalkan  user tdk terdaftar ya
                langsung  bounce  (tidak  ada  parsing  address  setting
                segala).

Kerugian      : (Umumnya) butuh static/registered IP (model langganan ke
                ISP  setidaknya  LAN  Dial  atau  Lease Line) atau (jika
                terpaksa  menggunakan  Personal  Dial/Dynamic  IP) perlu
                mensetting  "Keep  Alive"  yg  cukup  menunggu  MailBank
                Server  meresponse  Dequeue  Command  yg  di  issue oleh
                MDaemon   Anda   (kondisi   ini   bisa  merepotkan, mis.
                saat MailBank flush mail ke Server Anda ternyata koneksi
                Anda  ke Internet terputus, maka messagenya bisa hilang,
                kecuali di MailBank bisa dibuat mekanisme message-2x tsb
                kembali ke Queue-Folder <G>).

ATRN/ODMR (Authenticate TURN / On Demand Mail Relay)
--------
Prinsipnya  mirip dg ETRN diatas, akan tetapi saat kirim command Dequeue
(minta  agar MailBank flush message utk domain kita) MailBank akan minta
Authentication  (password)  untuk  membuktikan bahwa MDaemon Anda adalah
memang Server yg punya *hak* utk itu.

Perbedaaan lain dg mekanisme ETRN, di ETRN setelah kirim Dequeue Command
maka  MDaemon  harus  menunggu response dari MailBank (jadi MDaemon Anda
idle  saat  itu),  sementara  pada  ATRN  koneksi tidak terputus, segera
setelah Authentication disepakati, MailBank akan langusung kirim message
(flush) ke MDaemon Anda.

Keuntungan    :  Mensupport  Multi  Domain  dalam  satu  Queue,  plus
                 keuntungan-2x  dari ETRN (mudah setting) dan DomainPOP
                 (boleh menggunakan Personal Dial/Dynamic IP).

Kerugian      :  Services   ini  relatif baru, (mungkin) belum banyak
                 ISP  yg mensupport services ini, disamping belum banyak
                 juga Mail Server yg memiliki feature ini (MDaemon tentu
                 saja  termasuk salah satu yg *sudah* mensupport feature
                 ini <BG>).

> dan ada nggak layanannya di Indonesia ?

Tanyakan langsung ke ISP Anda.
Ini a.l. :

DomainPOP : RADnet, CBNnet, IDOLA, INDOnet, Biznet dll
ETRN      : RADnet, IDOLA, INDOnet

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Rabu 24 Januari 2001, 12:37:58 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 4.0.0 beta E  di NT4 SP6a