On Wed, 27 Aug 2003 10:21:05 +0700
"iwans" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

/moderator note

Mohon tidak posting dalam format HTML
Belajar setting email client dengan benar, agar bisa posting dalam
format plain-text.
Saya akan temporary ubah status membership menjadi read only (hanya
terima mail tidak bisa posting, tidak bisa unsubscribe) jika tidak
diindah juga

/ end note

> masalah saya sejak jumat kemarin adalah sbb:
> 1. kenapa pada retry queue terjadi antrian panjang, jika saya klik
> proses retry queue  pada menu smtp akan jalan dan yg terjadi winsock
> error.

Masalah winsock error sdh dibicarakan kemarin, y.i. akibat time out
disisi penerima.
Dalam kondisi tidak normal seperti sekarang ini, dimana ISP-2x kita
seolah meletakkan semua server pelanggannya dibelakang firewall (dan
settingnya salah), serta dibelahan dunia lain melakukan ketololan yg
sama maka time out ini akan sering terjadi winsock error akibat time
out.

Di server-2x saya sekarang juga banyak retryqueue yg naik terus sejak
Jumat siang minggu lalu. Customer dari Inggris yg kebetulan hosting di
server saya tidak bisa akses mail secara ETRN (server connected akan
tetapi time out terus), rupanya ISP dia juga melakukan blocking icmp spt
halnya disini (sebenarnya sih disana sudah lama begitu, cuma krn
sekarang disini juga icmp di block maka jadilah connection time out
terus). Alhasil dia harus pindah (sementara) ke DomainPOP (kebetulan dia
pakai MDaemon juga).

Menurut saya, untuk saat ini sebaiknya Anda relay saja melalui smtp
servernya ISP, mestinya sih smtp server mereka tidak dilewatkan "icmp
firewall" shg mail traffic lancar, dan kalau merekapun demikian bodohnya
menempatkan mail servernya dibelakang firewall, pasti mereka juga
mengalami hal yg sama dg Anda, dan server-2x mereka akan down terus
(mana tahan punya retryqueue ribuan messages dg slow connection).

> 2. kenapa email dari hongkong enggak nyampe dan meltal kembali ke
> hongkong

Apa errornya.
Informasi seperti diatas tidak cukup untuk membuat analisis.

> 3. kenapa ada  email di kirim ke domain saya ada yg masuk tapi banyak
> juga yg gagal /antri di queue

Tahu dari mana ? Apa errornya ?

> sebelumnya terima kasih

Lagi saya ingatkan untuk tidak posting dalam format HTML, belajarlah
setting email client yg benar baru posting.

MDaemon-L Moderators, menggunakan MDaemon 6.8.5R beta RC9 under W3K

Versi Terakhir : MD 6.8.4, LD 2.1.0, WA 2.0.5, MDAV 2.2.1, MDGW 1.0.4

Kirim email ke