Dear Syafril,

> Bagaimana dg user data ?
> Apakah semua data user hendak Anda Sync ?
Kalo memungkinkan, IYA

> Lalu berapa persen kejadian server down akibat h/w crash dlm 1 tahun ?
Selama ini (-+ 2Th) belum pernah sekali pun.

> Saya sih lbh suka dana utk 2 server dipakai utk beli 1 server yg
> reliable shg probability server crash akibat h/w failure diminimize.
> H/w khusus server umumnya punya keandalan yg tinggi, PS nya 2 atau
> lebih, RAM ECC, HDD RAID; sejauh pengalaman saya sih jarang sekali h/w
> rusak.
Saya juga awalnya berpendapat sama dengan Bapak, toh kita ada MX backup di ISP,
walaupun server crash yang menyebabkan harus mematikan server, kita masih bisa
tetap menerima email yang dikirimkan dalam waktu kejadian tersebut.

Tapi saya diperintahkan oleh boss jepang disini, kita tetap diharuskan punya
server backup. So jadilah kami disini punya 2 server IBM Type Xseries 266
(salah satunya jadi mubajirrrr).

--
Best regards,
Ganda

Mohon tidak posting dengan format HTML atau Rich Text,
pastikan selalu menggunakan Format Plain-text.