> AV local di PC/laptop lolos juga pak sukardy dan Slamet ? dan jika harus
> terhubung ke Inet apakah tidak tertangkap juga oleh Firewall gateway (IPS
& AV) ?

Disini saya menggunakan 2 AV yaitu ESET NOD32 dan SYMANTEC,
Untuk yang ESET NOD32 saat kita send/receive email di Ms. Outlook,
File yang mengandung virus tersebut langsung didelete oleh ESET dan
Email tersebut dipindah ke folder Infected Item (dibuat sendiri oleh ESET).
Sedangkan yang menggunakan SYMANTEC lolos saja dan akhirnya kena ke user.
Meski virusnya sudah dihilangkan, tapi Data/File tidak bisa diselamatkan
saat ini karena terenkripsi. Hiks.... Semoga ada yang baik hati share
key-nya.

Regards,

Sukardy