> Pak ada email virus yang from dan to nya dari email saya i...@pttdp.com,
> cara lacak sumbernya gimana ya ?
> kalo dr email source tidak ketauan mungkin krn saya pakai domainpop ya ?
>       by mx-1-3.int.cbn.net.id with esmtp (Exim 4.80.1)
>       (envelope-from <i...@pttdp.com>)
>       id 1aihxs-0002ty-T0
>       for i...@pttdp.com; Wed, 23 Mar 2016 19:32:45 +0700

Pak Ivan memakai spooling Email CBN juga ya? kasus kita sama Pak.
Saya sudah sampaikan ke CBN mengenai ini. IP-IP pengirim email itu saya list
ada sekitar 300an IP saat ini.
Saya sudah kasih listnya ke CBN. Tidak tahu apakah mereka masukkan ke blacklist
atau tidak.
Tapi yang buat saya kesal itu jawabannya begini :

"Terima kasih atas kepercayaanya menggunakan jasa dan layanan CBN.
Kami sudah melakukan pengecekan atas kinerja sistem CBN,
hasilnya saat ini kami tidak menemukan kendala.
IP Address yang terdeteksi mengirimkan spam akan terblokir secara otomatis oleh
filter tersebut."

Hari ini ada ratusan email lagi yang mengandung virus yg masuk ke MDAEMON.
Apakah IP Address diatas itu blm terdeteksi mengirimkan SPAM oleh CBN?
Perlu dilist-in IP dan kasih ke mereka lagi kali ya?